-->

Cara Lock Sinyal (Kunci Jaringan) 4G LTE Only HP Android Xiaomi

- 4/25/2019
Cara Lock Sinyal (Kunci Jaringan) 4G LTE Only HP Android Xiaomi | Kecepatan koneksi internet mutlak dibutuhkan. Apalagi di jaman digital seperti sekarang ini, dimana semua sudah menggunakan huruf "E" di depannya. Seperti e-government, e-comerce, e-banking, e-study, e-payment dan huruf-huruf E yang lainnya. Jelas, untuk mendukung semua itu dibutuhkan koneksi jaringan internet yang handal, cepat dan stabil.

Kecematan koneksi internet untuk saat ini bergantung pada teknologi 4G LTE. Dengan menggunakan teknologi 4G LTE kecepatan internet bisa mencapai 1 gbps untuk download dan 250 Mbps untuk upload. Melihat pentingnya teknologi 4G LTE pada sebuah ponsel, maka hampir semua merek HP dari berbagai level pengguna sudah mengadopsi teknologi 4G LTE.

Baca Juga : Cara Mengatasi HP Mati Total

cara lock sinyal 4G LTE HP android xiaomi


Namun kecepatan internet juga dipengaruhi banyak faktor. Tidak serta merta ketika sudah menggunakan HP dengan teknologi 4G LTE kemudian kecepatannya sama dengan yang ditawarkan. Infrastruktur penyedia layanan (provider) juga memberikan pengaruh yang sangat signifikan pada kecepatan internet. Coba anda bandingkan, antara layanan seluler yang satu dengan yang lain kecepatannya pasti berbeda meskipun sama-sama menggunakan teknologi 4G LTE.

Tidak hanya itu, sinyal 4G yang belum stabil di semua wilayah juga sangat berpengaruh. Tentunya anda sering mengalami, kalau sinyal 4G LTE anda tiba-tiba hilang dan beralih ke sinyal H+ atau bahkan anjlok ke sinyal EDGE. Kalau sudah seperti ini tentu koneksi internet menjadi sangat lambat dan tidak dapat diandalkan lagi untuk mendukung kecepatan pekerjaan online anda.

Anda tentu mengiginkan kalau sinyal 4G LTE anda tidak hilang dan muncul (lup lep) seperti kepala kura-kura yang keluar masuk dari tempuruhnya. Sebenarnya, anda bisa mengunci HP anda agar tetap berada di sinyal 4G LTE. Pada setiap HP android ada menu khusus untuk mengatur HP tersebut untuk tetap berada pada sinyal jenis apa. Nah kalau anda igin berada dalam mode sinyal 4G LTE, anda bisa lock sinyal 4G LTE HP android anda.

Cara lock sinyal 4G LTE HP android xiaomi, oke sekarang saya fokus ke pengguna HP android xiaomi. Tapi, untuk pengguna HP android merk lainnya, juga tidak berbeda jauh kok settingan menunya. Jadi, untuk pengguna HP android lainnya, anda juga tetap bisa mengikuti panduan ini. Hanya sesuaikan saja letak dan nama menunya.

Syarat Lock Sinyal 4G LTE HP Xiaomi


  1. HP xiaomi anda harus suport jaringan 4G LTE, jika belum dengan cara apapun tidak akan bisa. Jika ini yang terjadi, satu-satunya cara adalah mengupgrade HP xiaomi anda ke versi terbaru, hehehe....
  2. SIM card yang anda gunakan juga harus mendukung jaringan 4G LTE. Kabar baiknya, untuk saat ini hampir semua sim card sudah mendukung jaringan 4G LTE. Jadi, kalau untuk sim card saya yakin tidak ada masalah.
  3. Lokasi anda merupakan lokasi yang terjangkua sinyal 4G LTE. Masalahnya belum semua layanan seluler sinyal 4G nya bisa dinikmati di semua lokasi. Untuk jaringan 4G LTE dengan sebaran terluas saat ini menuru saya adalah telkomsel. Sampai ke wilayah pedesaanpun sinyal 4G LTE tetap bisa dinikmati.
Baca Juga : Aplikasi Perekam Layar Terbaik Screen Rcorder

Ketiga syarat di atas sudah terpenuhi, nah sekarang lanjut ke cara lock sinyal 4G LTE HP xiaomi. Tujuan dari mengunci sinyal 4G LTE adalah agar HP tetap berada pada sinyal 4G LTE sehingga koneksi internet tetap dalam keadaan stabil. Untuk mengunci HP agar tetap berada pada jaringan 4G LTE tidaklah sulit. Hal ini bisa dilakukan tanpa bantuan aplikasi apapun dan tanpa harus melakukan rooting.

Setidaknya, ada 2 cara mengunci sinyal 4G, yaitu melalu akses menu setting/ pengaturan dan kode rahasia HP android. Menggunakan cara setting dari menu pengaturan mupun dengan kode rahasia sama saja. Sebenarnya, kode rahasia tersebut hanya jalan pintas untuk mengakses pengaturan jaringan.

Cara Lock Sinyal 4G Melalui Menu Pengaturan


  • Buka menu "Settings / Pengaturan / Setelan".
  • Pilih "Jaringan Seluler / Mobile Networks", kemudian pilih "Mode Jaringan".
  • Ketika anda mengeklik Mode Jaringan, akan muncul beberapa pilihan. Silahkan pilih "4G Only / LTE Only".
  • Selesai.

Cara Lock Sinyal 4G LTE Dengan Kode Rahasia


  •  Buka menu "Dial Telepon / Ponsel".
  •  Ketik kode *#*#4636#*#* atau *#*#3646633#*#* pada dial pad pada ponsel anda.
  •  Secara otomatis, anda akan diarahkan ke menu "Pengujian".
  •  Selanjutnya pilih SIM yang akan anda lock koneksi LTE-nya. Misalnya Informasi Telepon 1 untuk SIM 1 dan Informasi Telepon 2 untuk SIM 2.
  •  Scroll ke bawah dan temukan "Set preferred network type (Setel jenis jaringan yang disukai)" kemudian pilih "LTE only"
  •  Tunggu beberapa saat hingga pengalihan dari jenis jaringan lain dialihkan ke jaringan 4G.
  •  Selesai.


Solusi Jika Menu Pengujian Tidak Muncul

  • Buka menu "Settings / Pengaturan / Setelan".
  • Cari menu Tentang Ponsel / About Phone.
  • Tap sebanyak 7 kali pada "Memori Internal".
  • Selanjutnya pilih kartu SIM yang akan digunakan untuk mengunci koneksi LTE Only. Contoh Informasi Telepon 1 untuk SIM 1 dan Informasi Telepon 2 untuk SIM 2.
  • Gulir ke bawah dan temukan "Set preferred network type (Setel jenis jaringan yang disukai)" kemudian pilih "4G Only / LTE only"
  • Tunggu beberapa saat hingga pengalihan dari jenis jaringan lain dialihkan ke Koneksi LTE.
  • Selesai.

Nah demikian cara lock sinyal 4G LTE HP xiaomi yang sebenarnya cara ini bisa diterapkan pada semua HP android. Cuma memang ada perbedaan letak dan mungkin nama menu. Tapi, yang saya ketahui sih tidak jauh berbeda.

 

Start typing and press Enter to search