-->

Cara Mengganti Touchscreen HP Android Yang Rusak

- 4/22/2019
Cara Mengganti Touchscreen HP Android Yang Rusak - Layar sentuh atau touchscreen adalah bagian penting dari sebuah gadget denga teknologi layar sentuh. Jika layar sentuh rusak, maka akan mengalami kesulitan dalam mengoperasikan gadget tersebut. Kerusakan touchscreen juga beraneka macam, misal ditekan tidak merespon, atau merespon tapi menu yang keluar bukan yang di sentuh (ngacak), atau rusak secara fisik (pecah) karena terjatuh atau kejadian lainnya.

Karena pentingnya touchscreen dalam sebuah gadget, maka sangat penting bagi anda untuk selalu merawat touchscreen agar awet. Kerusakan touchscreen terkadang terjadi karena keteldoran pengguna itu sendiri. Misal memasukkan HP dalam saku celana bagian belakang, kemudian duduk sehingga HP terduduki, atau masuk saku celana yang ketat sehingga gadget tertekan dan menyebabkan kerusakan pada touchscreen.

Baca Juga : Cara Lock Sinyal 4G LTE HP Xiaomi

Cara mengganti touchscreen sendiri memang bukan perkara yang mudah, terutama bagi anda yang tidak terbiasa dengan bongkar-bongkar barang elektronik. Terlebih lagi, untuk membongkar sebuah ponsel memerlukan peralatan khusus. Tapi meskipun demikian, bukan berarti anda tidak bisa memperbaiki HP android anda sendiri. Dengan peralatan seadanya, anda juga bisa memperbaiki HP android, misal mengganti touchscreen HP android sendiri.

Untuk membantu anda mengganti touchscreen HP android anda yang rusak, berikut saya share tutorial singkat cara mengganti touchscreen yang sangat mudah dan simpel. Tidak memerlukan peralatan khusus dengan harga yang mahal, dengan alat sedadanya di rumah, anda suda bisa melakukannya sendiri.

Panduan Cara Menggati Touchscreen HP Android

  1. Matikan HP andan cabut baterainya
  2. Lepaskan semua skrup (jika ada) yang merekatkan body HP dengan touchscreen
  3. Lepaskan konektor touchscreen dari PCB HP
  4. Selanjutnya silakan hangatkan layar sentuh dengan menggunakan hair dryer atau setrika, agar layar sentuh mudah dilepaskan dari perekatnya yang merekatkan antara layar sentuh dengan body smartphone
  5. Kemudian lepaskan secara perlahan layar sentuh dari body smartphone dengan bantuan alat seperti cutter, bilah seng atau tembaga yang tipis bahkan bisa menggunakan SIM card HP
  6. Nah, layar sentuh sudah terlepas, selanjutnya adalah memasang layar sentuh pengganti
  7. Pasangkan dulu konektor layar sentuh ke panel PCB dan laukan uji coba (jangan direkatkan tulu, tapi cukup tempelkan ke LCD dan lakukan uji coba)
  8. Jika sudah yakin berfungsi dengan baik silakan rekatkan dengan menggunakan perekat khusus
  9. Pasang kembali semua skrup yang tadi lepas seperti semula
Baca Juga : 4 Langkah Cara Mengatasi HP Mati Total
Nah itulah cara mengganti touchscreen HP android yang rusak secara mandiri. Sebenarnya, hanya membutuhkan sendikit keberanian, kesabaran dan bantuan sedikit alat anda sudah bisa mengganti touchscreen sendiri. Jadi, ketika HP android anda menglami keruskan pada touchcsreen tidak perlu mebawanya ke tukang servis. Untuk mendaptkan touchscreen pengganti juga sangat mudah, tinggal cari di marketplacet touchscreen yang cocok dengan HP android anda, maka anda sudah bisa membelinya dengan harga yang kompetitif.

 

Start typing and press Enter to search