-->

4 Langkah Cara Mengatasi HP Mati Total

- 4/26/2019
5 Langkah Cara Mengatasi HP Mati Total | HP mati total, HP tidak bisa dihidupkan, HP ditekan tombol power tidak merespon, inilah masalah terbesar yang dialami oleh para pengguna HP. Ya, kalau HP sekedar error tapi masih bisa dihidupkan, tentu cara mengatasinya masih bisa melalui tips dan trik perangkat lunak. Tapi kalau sudah mati total, maka ini berkaitan erat dengan perangkat keras (hardware) HP tersebut.

HP mati total bisa disebabkan oleh beberapa hal. Yang paling sering terjadi adalah karena daya dari baterai habis, baterasi sudah tidak bisa dicas, konektor power rusak dan sampai yang terparah adalah perangkat HP rusak / mati secara menyeluruh. Lalu bisakah kita memperbaiki HP mati total sendiri atau mengatasi HP mati total sendiri.

Baca Juga : Aplikasi Perekam Layar Terbaik Screen Recorder

Tentu saja bisa. Siapa saja bisa berusaha untuk mengatasi HP mati total miliknya sendiri. Dan ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Namun tentu saja, dari beberapa upaya ini ada yang berhasil dan tidak. Itu semua tergantung tingkat kerusakan HP, tapi tidak ada salahnya anda untuk mencobanya.

Cara mengatasi HP mati total ini saya bagi ke dalam langkah-langkah mudah yang kesemuanya meruapakan alternatif-alternatif dari setiap cara perbaikan yang bisa dilakukan secara mandiri di rumah. Artinya, sebelum anda membawa HP anda yang mati total ini ke tukang servis, anda bisa mencobanya sendiri di rumah.

4 langkah cara mengatasi HP mati total


1. Cas Handphone Anda Seperti Biasa
Sebagai langkah awal, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencas HP seperti biasa. Pada tahap ini kita menggunakan asas praduga tiduga tidak bersalah.. Hehe...

Kita beranggapan bahwa HP mati total karena daya dalam baterai sudah habis total. Maka langkah pertama yang harus dilukan adalah mencas HP anda seperti biasa. Silakan amati, pakah ketika dicas ada indikasi daya masuk atau tidak. Kalau tidak ada indikasi daya masuk, silakan untuk mencoba menggunakan charger lainnya, kalau masih tidak ada respon juga silakan lanjut ke langkah berikutnya.

Baca Juga : Cara Mengatasi Gagal Kirim SMS (Pesan Gagal Terkirim)

2. Cas Baterai HP Anda Dengan Menggunakan Charger Flash
Inilah langkah yang bisa anda lakukan jika dicas dengan cara biasa, HP anda tidak merespon. Anda harus melepaskan baterai HP anda dan mencasnya menggunakan charger flash. Saya sarankan agar anda menggunana charger flash digital, karena anda bisa melihat apakah baterai terisi atau tidak. Jika anda menggunakan charger flas biasa, akan sulit untuk melihat apakah baterai masih bisa diisi daya atau tidak. Kalau baterai sudah tidak bisa dicas, tentu anda sudah dapat menyimpulkan bahwa HP mati total karena baterai sudah tidak memiliki daya dan dayanya tidak bisa disi ulang.

3. Gunakan Baterai Baru
Langkah selanjutnya, silakan anda untuk mengusahakan mencari baterai baru yang sesuai dengan HP anda. Saya yakin ada banyak di konter-konter HP terdekat yang menyediakan asesoris HP. Silakan beli baterai baru dan pasang kemudian coba untuk menghidupkan kembali HP anda. Jika, dengan mengganti baterai baru bisa hidup, itu artinya HP anda tidak mengalami masalah kecuali masalah baterai saja. Namun jika, masih tetap tidak hidup juga anda perlu mencurigai ada masalah dengan tombol power dari HP anda. Mungkin ada konektor yang putus. Untuk mengatasi ini anda perlu membongkar HP anda dan melakukan serangkaian test elektrik.

4. Flash Ulang HP Yang Mati Total
Jika anda tidak menguasai teknik elektronika secara cukup, saya sarankan agar anda membawa HP mati total anda ke tukang servis aja. Selain akan melakukan pengetesan pada tombol power, biasanya tukang servis juga akan melaukan flash ulang terhadap HP anda. Karena bisa saja, HP mati total disebabkan karena perangkat lunak sistem HP sudah mengalami kerusakan total. Maka solusinya, sistem harus dibangung dari awal menggunakan cara flash ulang. Hal ini umum dilakukan oleh para tukang servis sebagai cara mengatasi HP mati total.

Baca Juga : Fungsi IMEI Yang Jarang Diketahui Pengguna HP


Nah itulah 4 langkah cara mengatasi HP mati total yang bisa anda lakukan sendiri di rumah. Tingkat keberhasilan dari langkah-langkah ini tentu kembali pada tingkat kerusakan HP anda. Jika memang keruakan HP sudah sangat parah, dengan cara apapun tidak akan bisa dupayakan. Tidak jarang tukang servis juga akan menyerah untuk memperbaiki HP mati total karena memang sudah tidak bisa diupayakan lagi. Kalaupun bisa, untuk membeli hardwarenya sama saja dengan membeli HP baru. hadeuh.....

 

Start typing and press Enter to search