-->

Penting, Inilah Fungsi Nomor IMEI HP Yang Tidak Diketahui Banyak Orang

- 2/04/2019
Penting, Inilah Fungsi Nomor IMEI HP Yang Tidak Diketahui Banyak Orang | IMEI atau International Mobile Equipment Identity adalah nomor unik yang digunakan secara internasional untuk memberikan identitas pada setiap alat seluler. Nomor IMEI ini dimiliki oleh stiap HP baik android maupun non android, HP murah ataupun mahal. Sudah pasti, karena ini adalah nomor identitas seluler, maka setpa alat seluler memiliki nomor yang unik atau berbeda antara yang satu dengan yang lainnya.

Nomor IMEI biasanya terdiri dari 15 atau 16 digit. Nomor IMEI ini biasanya tersimpan di menu pengaturan, tentang ponsel, informai IMEI. Atau anda bisa juga melihat IMEI anda dengan menejak sejumlah kode.

Kode Nomor IMEI di Android


Untuk mengetahui nomor IMEI sebuah HP android, anda bisa masuk ke menu Pengaturan> Tentang Ponsel> Status >Informasi IMEI. Anda juga bisa menggunakan kombinasi kode *#06# dan lakukan dial atau telepon dengan kode tersebut, maka HP android anda akan langsung memberikan informasi IMEI nya.

Tidak hanya itu, sekarang pada setiap produk seluler biasanya sudah tetera identitas produk seluler yang ada dibawah baterai ditempel menggunakan stiker khusus. Pada stiker tersebut sudah tertera nomor IMEI, Seriap Number, DJPT dan merk HP.

Cara Melihat Nomor IMEI di iPhone


Sama seperti di Android, untuk mengetahui nomor IMEI di iPhone bisa dengan mengetik *#06#, atau bisa juga dilihat di bodi bagian belakangnya, stiker kotak kemasan, dan di iTunes. Sepertinya, kode untuk melihat IMEI ini dibuat seragam di semua produk seluler. Termasuk di HP murahan yang hanya bisa telepon dan SMS saja, juga mengunakan kode yang sama.

Tahukah Anda Fungsi Nomor IMEI?


Secara umum orang tidak tahu dan tidak mau tahu apa fungsi nomor IMEI ini. Bahkan mungkin, sebagian dari kita melihat deretan nomor yang tertera pada stiker body HP hanya menganggap sebagai sebuah asesoris saja. Dengan adanya deretan nomor dan dilengkapi dengan deretan barcode, HP jadi kelihatan lebih keren.

Eit, bukan seperti itu lho fungsinya. Bukan untuk keren-kerenan atau kelihatan canggih. Tapi, nomor ini benar-benar canggih lho.

Sudah kita bahas di atas, bahwa nomor IMEI adalah identitas dari HP itu sendiri. Kalau diibaratkan manusia, maka nomor IMEI ini seperti nama pada sebuah HP. Maka kita bisa memanggil HP tersebut dengan menggunakan nomor IME.

Wow... bisa menelpon HP dengan menggunakan nomor IMEI? Bukan.... bukan itu maksudnya, nomor IMEI ini bisa kita panggila menggunakan bantuan alat resmi dari google ketika HP kita hilang atau dicuri orang.

Jika anda kehilangan HP android misalnya, maka anda bisa langsung mendatangi gerai operator seluler dan memberikan nomor IMEI HP anda dan meminta operator seluler untuk melacak nomor HP tersebut dan memblokir atau mengunci HP anda yang hilang tersebut.
Selain itu anda juga bisa melacak HP android anda dengan menggunakan IMEI menggunakan teknologi Google. Dengan catatan, HP android anda pernah terhubung dan memiliki akun google GPS kita aktif, dan smartphone tersebut dalam keadaan aktif. Untuk mencoba melacak HP berdasarkan nomor IMEI, silakan klik di sini.

 

Start typing and press Enter to search