-->

Cara Mengatasi Gagal Kirim SMS (Pesan Gagal Terkirim)

- 1/03/2019
Cara Mengatasi Gagal Kirim SMS (Pesan Gagal Terkirim) - Jengkel rasanya ketika dalam keadaan penting bahkan darurat, tapi pas mengirim SMD atau pesa malah  SMS gagal terkirim. Kalau tidak terkirim karena tidak memiliki pulsa sih, mungkin tidak begitu menjengkelkan karena itu sudah wajar. Tapi bagaimana jika sinyal penuh, pulsa ada tapi pesan masih juga gagal terkirim.

HP gagal mengirim SMS atau pesan tidak hanya disebabkan karena tidak adanya pusa saja, tapi juga bisa disebabkan oleh sebab-sebab lain yang diluar dugaan pengguna HP. Kalau pesan tidak terkirim karena tidak ada pulsa sudah jelas, solusinya isi ulang pulsa. Hehe...

Saya tidak akan membahas cara mengatasi gagal kirim SMS yang disebabkan tidak ada pulsa. Mending yuk kita fokus pada masalah yang mungkin sama sekali tidak adan pikirkan.

Baca Juga : Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Melakukan Panggilan Keluar

Penyebab dan Cara Mengatasi Gagal Kirim SMS

Salah Nomor Pusat Layanan
Nah ini masalah yang tidak pernah anda pikirkan sebelumnya. Mungkin anda juga tidak tahu bagaimana sistem SMS bisa terkirim. Ternyata, setiap operator memiliki nomor center atau pusat layanan pengiriman SMS. Nomor SMS center ini otomatis terpasang pada saat anda memasukkan sim card ke HP milik anda.

Tapi, karena sesuatu hal yang tidak anda sadari, pengaturan tersebut bisa berubah. Mungkin anda atau anak anda secara tidak sengaja mengubah pengaturan nomor pusat SMS ini. Akibatnya, jelas anda tidak akan bisa mengirim SMS meskipun sinyal ada, dan pulsa juga banyak.

Ada baiknya anda tahu nomor SMS center dari setiap opeartor sekolah. Dengan mengetahui nomor-nomor ini, maka ketika HP anda mengalami kesalahan pengaturan nomor SMS center, anda bisa menyeting ulang sendiri.

Berikut daftar lengkap nomor pusat layanan SMS dari semua operator seluler.
  • SIMPATI dan AS +6281100000
  • XL +62818445009
  • MENTARI +62816124
  • IM3 +62855000000
  • 3 (Three) +6289644000001
  • AXIS +628315000032
Cara Setting Nomor SMS Center
Jika anda ingin mengatur nomor SMS center pada HP anda, silakan buka aplikasi SMS kemudian pilih menu Setting / Pengaturan. Selanjutnya silakan anda cari Layanan Pusat SMS, seperti conoh pada screen shoot berikut ini. 

Screen shoot di atas menggunakan layanan XL. Pada HP anda tentu akan berbeda karena masing-masing layanan seluler berbeda-beda. Untu itu silakan anda cek lagi nomor SMS center di atas dan pilih yang sesuai dengan simcard milik anda.

Nah itulah cara mengatasi gagal kirim SMS (pesan gagal terkirim) semoga bisa bermanfaat memecahkan masalah anda. Jadi, kalau anda mengalami masalah HP gagal mengirim SMS tidak perlu pergi ke tukang servis ya, silakan anda setting sendiri.

 

Start typing and press Enter to search