-->

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Mengirim SMS/ Pesan Keluar

- 12/16/2017
Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Mengirim SMS/ Pesan Keluar - Bagaimana rasanya ketika HP anda tidak bisa mengirim SMS atau pesan keluar kemudian ada tanda seru warna merah yang menandakan pesan tidak terkirim. Wah, tentunya sangat menjengkelkan apalagi kalau pesan tersebut harus segera sampai pada orang yang dituju. Kemudian anda bertanya-tanya kenapa HP android anda tidak bisa mengirim SMS.

HP tidak bisa mengirim SMS atau pesan kelaur bisa disebabkan oleh beberapa hal yang mungkin tidak anda ketahui. Kalau pesan tidak terkirim karena anda kehabisan pulsa, saya yakin semua orang tahu kalau gak punya pulsa ya gak bisa SMS dan gak bisa telepon, kecuali bagi anda yang mendapatkan bonus gratisan dari layanan seluler anda.

Nah, karena semua orang sudah tahu kalau tidak ada pulsa tidak bisa mengirim SMS, maka saya tidak akan membahas cara mengatasi HP tidak bsia mengirim SMS yang disebabkan tidak ada pulsa. Sekarang saya akan fokus pada masalah-masalah teknis yang mungkin terjadi masalah pada HP android anda.

Baca Juga : Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Melakukan Panggilan Keluar

Sebelum kita bahas masalah dan cara mengatasi SMS tidak terkirim, berikut saya kasih screen shoot contoh SMS tidak terkirim.

Contoh HP Tidak Bisa Mengirim SMS

Nah jika setelah anda mengetik pesan dan mengirim muncul tanda seru berwarna merah seperti di atas, itu artinya SMS gagal dikirim atau tidak terkirim.

Penyebab dan Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Mengirim SMS

1. Adanya malware atau virus pada HP android
Pesan tidak terkirim bisa terjadi karena HP android sudah terinfeksi malware. Selain ada malware yang bekerja mengirim pesan secara otomatis dan massal, ada juga malware yang menyebabkan tidak berfungsinya dari beberapa aplikasi yang ada pada android. Salah satunya menghambat apliaksi SMS untuk mengirim pesan.
Solusi : 
Silakan anda instal aplikasi anti virus terbaik pada HP android anda. Untuk mendapatkan aplikasi anti virus gratis, silakan anda klik di sini. Namun jika anti virus tidak bisa menyelesaikan masalah ini saya sarankan agar anda mereset pengaturan HP android anda ke pengaturan pabrik.

2. Salah Nomor Tujuan
Nah, ini juga sering terjadi. Sudah bolak-balik kirim pesan tapi selalu gagal, dan ternyata penyebabnya adalah salah nomor tujuan.

Solusi :
Tentu saja, anda harus cek ulang nomor tujuan anda. Pastikan anda menginputkan nomor yang valid, karena salah satu digit saja tentu pesan tidak akan bisa terkirim.

3. Salah Nomor Pusat Layanan
Kasus ini jarang terjadi, karena pusat layanan SMS sudah diatur secara default ketika anda memasukkan SIM Card ke HP anda. Tapi terkadang hal ini juga bisa terjadi karena anda mengotak-atik pengaturan aplikasi SMS. Mungkin anda secara tidak sengaja mengubah pengaturan pada nomor pusat layanan SMS. Perlu diketahui bahwa setiap layanan seluler memiliki pusat layanan yang berbeda-beda, jika memasukkan salah nomor pusat layanan maka akan mengakibatkan SMS tidak terkirim.
Solusi :
Silakan anda atur ulang nomor pusat layanan SMS pada aplikasi SMS anda. Caranya, silakan buka aplikasi SMS kemudian pilih menu Setting / Pengaturan. Kemudian silakan anda cari Layanan Pusat SMS, seperti conoh pada screen shoot berikut ini. 

Screen shoot di atas menggunakan layanan XL. Berikut daftar lengkap nomor pusat layanan SMS dari semua operator seluler.
  • SIMPATI dan AS +6281100000
  • XL +62818445009
  • MENTARI +62816124
  • IM3 +62855000000
  • 3 (Three) +6289644000001
  • AXIS +628315000032

Nah itulah cara mengatasi HP tidak bisa mengirim SMS/ pesan keluar yang sangat sederhana, tapi meskipun sangat sederhana banyak juga yang tidak memahami ini. Dengan membaca artikel ini saya berharap tidak akan anda lagi pengguna HP yang ribut berangkat ke tempat servis HP gara-gara SMS tidak terkirim. Hehehe.....
 

Start typing and press Enter to search