-->

Cara Mengatasi LINE Error Tidak Bisa Dibuka dan Tidak Bisa Login

- 12/12/2017
Cara Mengatasi LINE Error Tidak Bisa Dibuka dan Tidak Bisa Login - Aplikasi LINE merupakan salah satu plikasi chating yang tidak kalah populernya dengan WhatsApp dan aplikasi chating lainnya. Selain itu, aplikasi LINE juga memiliki fitur-fitur yang tidak dimiliki oleh aplikasi lainnya, salah satunya adalah Event Lucky yang memberikan kesempatan para pengguna untuk mendapatkan hadiah-hadiah menarik.

Hadiah-hadiah menarikd ari line tentu saja sangat diharapkan oleh para pengguna line, namun bagaimana jadinya jika pada saat mengharapkan datangnya hadiah justru line error tidak bisa dibuka atau tidak bisa login. Hmmm.... tentu sangat menjengkelkan.

Stop, jangan uring-uringan. Kesal, jengkel, marah dan uring-uringan tidak akan mengembalikan line anda menjadi normal kembali. Daripada marah gak karuan, yuk baca artikel ini sampai tuntas untuk mengembalikan aplikasi line anda.

Baca Juga : Cara Memperbaiki WhatsApp Error atau Rusak

Ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk memperbaiki line error tidak bisa dibuka, silakan anda coba satu persatu metode di bawah ini. Perlu diingat, metode atau cara memperbaiki line error ini bukan langkah-langkah yang harus dilakukan dari tahap 1 sampai akhir. Artinya, anda bisa mecoba dari beberapa motede yang ada. Jika dengan metode satu saja line sudah bisa diperbaiki, maka cukup, jangan dilanjtukan dengan metode berikutnya.

Nah, penasaran kan bagaimana cara mengatasi line error tidak bisa dibuka, silakan baca : 

3 metode cara mengatasi line error 

Cara 1 : Hapus File Cache LINE

Salah satu yang membuat android menjadi lemot dan sering macet juga adalah data cache. Nah data cache juga bisa membuat aplikasi error, untuk itu sangat penting untuk menghapus data cache ketika aplikasi mengalami error. Tidak hanya pada Aplikasi LINE saja, terapkan cara ini pada aplikasi lain seperi Google Play Store, Instagram, LINE, WeChat, WhatsApp, Facebook, Google Chrome, dan lainnya. Untuk menghapus file cache, silahkan ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.
Hapus Cache LINE
  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “LINE” » Kemudian tap“Hapus Cache”.
CATATAN : Pada versi android beda juga bahasa dan tata letak menu. Silakan anda cari saja yang sama dengan yang saya contoh di atas.

Cara 2 : Paksa Berhnti dan Hapus Data LINE

Apa bedanya menghapus data cache dengan menghapus data line? Kalau anda menghapus data cache anda akan tetap bisa login tanpa harus memasukkan kembali usernama dan pasword, namun jika anda menghapus data line maka anda harus memulai lagi dari awal. Bisa dikatakan dengan menghapus data line maka anda seperti menginstal ulang aplikasi line anda. Dengan cara ini maka kemungkinan besar aplikasi bisa kembali normal karena semua data dikembalikan ke keadaan default . Untuk melakukannya, ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.
Hapus Data LINE
  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “LINE” » Kemudian tap“Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.
CATATAN : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.
Untuk masuk pada Aplikasi LINE, anda tinggal masukkan ID dan Password yang telah anda buat sebelumnya disaat LINE belum terjadi masalah.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Android Error Sering Macet dan Restart Sendiri

Cara 3 : Install Ulang Aplikasi LINE

Jika 2 cara mengatasi LINE error di atas tidak bisa mengatasi masalah, silakan anda ambil alternatif ketiga ini, yaitu menginstal ulang aplikasi LINE anda. Cara ini cukup simpel dan dijamin keberhasilannya jika dibandingkan dengan menghapus data cache dan data aplikasi. Namun tentu saja, saya menyarankan agar anda tetap menggunakan cara 1 dan cara 2 terlebih dahulu.

Mengenai cara install ulang apliaksi di android mungkin tidak perlu dibahas lagi ya. Oke deh singkat saja untuk mengingatkan atau kasih tahu yang belum tahu, untuk menghapus aplikasi silakan anda Buka menu Pengaturan »  Manajemen Aplikasi » Cari “LINE” » Kemudian tap“Hapus Instalasi/ Copot Pemasangan”. Mengenai nama-nama menu tentu saja pada setiap versi android ada perbedaan. Contoh pada android 5.1, cukup buka menu pengaturan, kemudian pilih menu Hapus Aplikasi, pilih aplikasi lain dan hapus aplikasi.
Setelah selesai menghapus atau uninstal aplikasi, silakan anda instal ulang aplikasi langsugn dari google play. Ya, saya sarankan agar anda meginstal aplikasi langsung dari google play, jangan dari sumber yang tidak terpercaya.
Demikian alternatif-alternatif cara Mengatasi LINE Android Error, yang mana setiap alternatif memiliki resiko dan tingkat keberhaslan tersendiri. Silakan anda pilih cara yang menurut anda terbaik dan teraman.
 

Start typing and press Enter to search