Artikel wikiHow ini akan mengajarkan kepada Anda cara menggunakan fitur Google Backup and Sync untuk menyinkronkan folder dari akun Google Drive ke PC windows. Anda juga bisa mengetahui cara menyinkronkan folder dari komputer ke akun Google Drive agar Anda bisa mengakses berkas-berkas di mana pun Anda dapat mengakses internet.
Metode1
Pada Windows
- 1Kunjungi https://www.google.com/drive/download melalui peramban web. Alamat tersebut akan mengarahkan Anda ke halaman unduh Google Backup and Sync.
- 2Klik Download di bawah tajuk "Personal". Jendela yang memuat ketentuan layanan akan ditampilkan.[1]
- 3Klik Agree and Download. Berkas bernama installbackupandsync.exe akan diunduh ke PC setelahnya.[2]
- Anda mungkin perlu menentukan folder penyimpanan unduhan dan mengeklik “Save” atau “Download” untuk mengunduh berkas.
- 4Jalankan berkas pemasangan. Anda bisa menjalankan berkas dengan mengeklik dua kali berkas “installbackupandsync.exe” pada folder “Downloads”. Google Backup and Sync akan dipasang setelahnya.
- Jika diminta mengizinkan program membuat perubahan pada komputer, klik “Yes”.
- 5Klik Close satu kali setelah program terpasang. Setelah Google Backup & Sync terpasang, ikon awan akan ditampilkan di baki sistem (area yang memuat jam, indikator baterai, dan volume pada bilah tugas).
- 6Buka Google Backup & Sync. Klik ikon awan pada baki sistem di dekat jam. Jika Anda tidak melihat ikon tersebut, klik ikon panah atas di sisi kiri baris ikon yang terlihat untuk menampilkan lebih banyak ikon. Anda bisa mengeklik ikon awan tersebut setelahnya.
- 7Klik GET STARTED pada halaman pembuka.
- 8Masuk ke akun Google. Ikuti petunjuk yang ditampilkan di layar untuk masuk menggunakan nama pengguna dan kata sandi akun Google/Gmail.
- 9Klik GOT IT setelah Anda masuk ke akun. Daftar folder akan ditampilkan setelahnya.
- 10Pilih folder untuk disinkronkan dari komputer ke akun Google Drive. Folder-folder yang ditampilkan di bagian atas jendela sudah diatur untuk dicadangkan secara otomatis. Semua subfolder di dalam setiap folder terpilih juga akan disinkronkan.
- Agar folder tertentu tidak disinkronkan ke akun Google Drive, hapus centangnya.
- Untuk menambahkan folder, klik “CHOOSE FOLDER” di bawah daftar folder, pilih folder, dan klik “Select Folder”.
- 11Klik Change untuk menentukan berkas-berkas yang Anda ingin cadangkan. Tombol ini berada di pojok kanan bawah daftar folder. Ikuti langkah-langkah berikut pada jendela baru yang ditampilkan:
- Untuk menyinkronkan semua jenis berkas dari folder apa pun yang Anda ingin cadangkan, biarkan opsi “Back up all files and folders” tetap terpilih.
- Untuk mencadangkan foto dan video saja, pilih “Back up photos and videos”. Anda juga bisa menentukan apakah Anda ingin mencadangkan cuplikan layar dan/atau berkas RAW.
- Jika Anda tidak ingin mencadangkan berkas-berkas dengan ekstensi tertentu (mis. berkas berekstensi .exe), klik “Advanced Settings”, tikkan ekstensi berkas yang perlu dikecualikan, dan klik “ADD”.
- Klik “OK” setelah selesai.
- 12Pilih preferensi sinkronisasi foto. Jika Anda ingin mencadangkan foto, pilih opsi ukuran berkas di bawah tajuk "Photo and video upload size".
- Jika Anda memilih “High quality”, Anda bisa menikmati cadangan foto dan video tak terbatas yang tidak memakan ruang penyimpanan Google Drive. Berkas-berkas yang disinkronkan memiliki kualitas tinggi, tetapi dengan persentase yang sedikit lebih rendah. Opsi ini cocok untuk sebagian besar pengguna.
- Jika Anda ingin menyinkronkan foto dan video dengan resolusi sangat tinggi tanpa kehilangan kualitasnya (mis. jika Anda adalah seorang videografer atau fotografer), pilih “Original quality”. Namun, perlu diingat bahwa Anda mungkin perlu membeli ruang penyimpanan tambahan.
- Jika Anda ingin foto-foto yang dicadangkan ditampilkan di akun Google Photos, centang kotak di samping "Upload photos and videos to Google Photos".
- 13Klik NEXT. Tombol ini berada di pojok kanan bawah jendela.
- 14Klik GOT IT. Setelah menentukan folder yang akan disinkronkan ke akun Google Drive, Anda perlu memilih folder dari akun Google Drive yang akan disinkronkan ke komputer.
- 15Tentukan apakah Anda perlu menyinkronkan folder-folder dari akun Google Drive ke PC. Jika Anda ingin dapat mengakses berkas-berkas yang tersimpan di akun Google Drive saat menggunakan komputer Windows, centang kotak di samping "Sync My Drive to this computer", di bagian atas jendela.
- Jika Anda ingin menyinkronkan berkas dari akun Google Drive, folder baru bernama "Google Drive" akan ditambahkan ke folder pengguna utama. Anda bisa mengakses folder tersebut dari File Explorer dengan mengeklik opsi “Google Drive” di bawah segmen "Quick access".
- 16Pilih folder yang perlu disinkronkan ke PC. Semua folder pada akun Google Drive akan terpilih secara otomatis. Namun, untuk menentukan folder tertentu, pilih “Sync only these folders ”, kemudian buat pilihan.
- 17Klik Start. Berkas dan folder terpilih akan disinkronkan antara akun Google Drive dan PC. Ikon awan pada baki sistem akan menampilkan dua panah yang menunjukkan bahwa proses sinkronisasi sedang berlangsung.
- Sinkronisasi dilakukan secara otomatis. Anda tidak perlu mengeklik apa pun untuk menyinkronkan ulang berkas.
- Untuk memeriksa kemajuan sinkronisasi, klik ikon awan pada baki sistem.
- Untuk menghentikan proses sinkronisasi sementara, klik ikon awan Google Backup and Sync dan pilih “Pause ”. Lanjutkan kembali sinkronisasi saat siap dengan mengeklik tombol “Resume ” dari menu yang sama.
- 18Tinjau berkas-berkas yang sudah disinkronkan ke komputer.
- Klik ikon “Backup & Sync” pada baki sistem.
- Klik ikon folder kecil dengan logo Google Drive kecil di dalamnya untuk membuka folder “Google Drive” melalui File Explorer.
- 19Lihat berkas-berkas yang Anda sudah sinkronkan ke akun Google Drive.
- Klik ikon “Backup & Sync”.
- Klik ikon Google Drive yang berbentuk segitiga.
- Klik “Computers” pada panel kiri.
- Klik komputer (mis. “My Laptop”) pada panel utama untuk melihat berkas.
- 20Kelola preferensi sinkronisasi. Jika Anda ingin mengubah berkas dan folder yang perlu disinkronkan, klik ikon Google Backup & Sync, pilih tombol “⁝” di pojok kanan atas layar, dan klik “Preferences”.
- Anda bisa menambahkan atau menghapus berkas atau folder dari daftar sinkronisasi sesuai keperluan.
- Klik tab “Settings” di sisi kiri jendela untuk melihat opsi-opsi tambahan. Pada segmen ini, Anda bisa menentukan apakah Google Backup & Sync perlu dijalankan secara otomatis saat komputer dinyalakan. Anda juga bisa mengeklik “Network Settings” untuk menyesuaikan kecepatan unggah dan unduh.
sumber : https://id.wikihow.com/Mensinkronkan-Google-Drive