-->

5 Bahaya Meroot HP Android Yang Harus Anda Tahu

- 8/30/2017
5 Bahaya Meroot HP Android Yang Harus Anda Tahu - Melakukan root adalah sebuah proses untuk mengizinkan pengguna ponsel pintar, tablet, dan piranti lain yang berjalan pada sistem operasi Android untuk mendapatkan kontrol yang lebih tinggi (dikenal dengan "akses root") pada berbagai subsistem Android. (wikipedia).

Dari pengertian di atas, bisa disimpulkan bahwa tindakan rooting atau meroot HP android adalah sebuah tindakan membobol sistam keamanan android sehingga mendapatkan akses penuh terhadap sistem tersebut. Dengan melakukan rooting, apa saja bisa anda lakukan. Anda bisa menginstal aplikasi apa saja, bahkan anda bisa mengobok-obok sistem android lebih dalam.

Bahaya meroot android selalu ada, maka dari itu tindakan rooting ini tidak dianjurkan untuk para pemula, karena bahaya dari tindakan rooting justru akan merugikan anda sendiri. Nah apa saja yang bisa terjadi jika anda melakukan root terhadap android anda? Yuk baca sampai tuntas.

Baca Juga : Cara Mudah dan Cepat Root dan Unroot Semua HP Android

bahaya melakukan root HP android

5 Bahaya Melakukan Rooting HP Android


1. HP Android Bisa Gagal Loading atau Stuck

Larangan ini tentunya dikhsususkan bagi anda pemula yang takut dengan resiko. Kalau anda seorang master dalam bidang sistem android, larangan ini tidak berlaku. Kalau anda seorang pemula yang tidak takut denga resiko apapun, maka ini juga tidak berlaku. Maka silakan langsung tinggalkan halaman ini. Hehehe.....

Tapi bagi anda seorang pemula yang baru mau belajar merlakukan rooting terhadap HP android dan takut HP android rusak, ayo segera urungkan niat anda melakukan root HP android. Karena jika terjadi kesalahan atau rooting yang dilakukan gagal maka HP android justru akan rusak.Salah satu kerusakan yang sering terjadi adalah terjadi stuck, yaitu android gagal booting dan hanya berhenti sampai pada logo saja.

Baca Juga : Cara Mengamankan HP Android Yang Sudah Diroot

2. Resiko Kehilangan Garansi

Garansi adalah jaminan dari vendor terhadap barang yang anda jual. Misal, jika terjadi kerusakan maka vendor akan mengganti HP android anda. Nah untuk beberapa vendori menerapkan aturan jika HP android sudah diroot maka garansi tidak berlaku lagi.

Ah, gampang kan bisa di unroot. Hah, itu mungkin menurut anda. Tapi perku diketahui bahwa beberapa vendor sudah bisa mengetahui apakah produknya sudah diroot atau belum meskipun sudah di unroot. Nah, masih mau nekad meroot HP android anda? Jika sudah siap dengan resiko ini silakan lanjutkan, jika takut dengan resiko ini silakan rooting sekarang juga. Hehe....


3. Masalah Update Sistem Operasi

Keistimewaan dari HP android yang sudah diroot adalah anda bisa melakukan berbagai hal yang tida bisa dilakukan di HP android yang masih belum di root, diantaranya adalah menghapus bloatware atau aplikasi bawaan. Tapi hal ini akan mengakibatkan kamu sulit melakukan update OS secara OTA (Over The Air). Meski mendapatkan notifikasi update, saat dilakukan proses update pasti akan ditolak oleh sistem karena anda telah menghapus sistem bawaannya.

Baca Juga : Cara Mengembalikan Data Yang Hilang Pada Android


4. Hacker Dengan Sangat Mudah Mengakses HP Android Anda

Logika sederhananya, jika anda saja bisa mengakses sistem android sampai ke bagian terdalam, maka tentu seorang hacker akan sangat mudah untuk menyusup ke HP android anda. Hal ini karena sistem keamanan dari HP android sudah anda bobol sendiri. Dengan melakukan root maka HP android anda menjadi sangat rentan terhadap bahaya virus atau hacker.

5. HP Android Beresiko Mengalami Keruakan Hardware

Tujuan dari melakukan rooting terkadang agar HP android bisa lebih prima dari aslinya. Mungkin, sercara performa HP android bisa meningkat dengan signifikan. Misal, ROM menjadi lebih stabil, sinyal WiFi jangkaunnya lebih luas, dan bisa memainkan game-game berat yang jika pada sebelum di rooti tidak bisa. 

Namun tahukah anda, bahwa anda sudah memaksa HP android anda bekerja diluar kemampuannya. Hal ini akan mengakibatkan hardware bekerja sangat keras. HP android akan mengalami over heat (panas berlebih) dan tentunya jika hal ini terjadi dalam kurun waktu lama maka akan mengakibatkan herusakan pada hardware HP android anda.

Nah itulah 5 bahaya meroot HP android yang harus anda tahu, dengan mengetahuinya maka harus berhati-hati jika igin melakukan rooting. Tapi, setelah tahu bahaya dari melakukan rooting ini apakah anda masih mau nekad melakukan rooting terhadap HP android anda? Jika anda memang sudah siap dengan segala resiko dan ingin mengkesplor kemampuan anda dalam bidang sistem android silakan lanjutkan. Tapi jika anda takut HP android rusak, apalagi kalau HP android cuma satu-satunya dan diperoleh dengan jerih payak, maka sebaiknya berpikir ulang untuk melakukan rooting terhadap android anda.
 

Start typing and press Enter to search