-->

Cara Mengamankan HP Android Yang Sudah di Root

- 9/05/2016
Cara Mengamankan HP Android Yang Sudah di Root | Seperti apa yang telah di jelaskan pada cara root dan unroot HP android, root adalah upaya membuka akses administrator pada HP android. Kalau diistilahkan sebuah rumah, HP android yang belum di root adalah rumah yang masih terkunci rapat pintunya sehingga tidak semua orang bisa masuk kecuali pemilik kuncinya, ketika sudah diroot maka seperti rumah yang pintunya sudah didobrak sehingga siapa saja bisa masuk dengan bebas.

Nah, keadaan ini tentu berbahaya bagi HP android anda. Apalagi jika HP android biasa digunakan untuk melakukan kegiatan-kegiatan penting seperti kegiatan ecomerce (jual beli online), melakukan transaksi ebanking dan kegiatan penting lainnya. Karena HP sudah di root maka siapa saja bisa menyusup dan meningstal aplikasi jahat seperti sypware untuk mencuri data-data penting anda. Lalu bagaimana cara mengamankan HP yang sudah di root?

Baca Juga : Cara Memperbaiki LCD HP Android Rusak Berbayang Ngeblur

Cara paling mudah untuk mengamankan HP yang sudah di root tentu adalah dengan cara unroot atau mengembalikan kondisi HP pada kondisi sebelum di root. Silakan baca :
>> Cara Mudah Root dan Unroot HP Android

Namun jika anda tetap menginginkan HP android anda pada keadaan di root karena berbagai alasan, maka anda tetap bisa untuk mengamankan HP android anda dari hal-hal yang berbahaya. Ada 5 cara untuk mengamankan HP android yang sudah diroot, silakan simak di bawah ini.

5 Cara Mengamankan Android yang Sudah di Root

Baca Juga : Kombinasi Tombol Untuk Reset HP Android Segala Merk

1. Mengelola Izin Aplikasi atau App permissions

Mengelola Izin Aplikasi atau App permissions
Pada Android Marshmallow, terdapat fitur App Permissions yang membuat izin aplikasi lebih intuitif, fitu ini sangat berguna dalam mengatur kita untuk mengizinkan atau menolak izin tertentu dalam sebuah aplikasi daripada harus menerima semua izin sekaligus. Misalnya dapat memberikan browser Chrome akses ke kamera, tapi tidak untuk akses mikrofon.

Lalu bagaimana selain android marsmellow? Jika HP android anda belum didukung dengan android marsmellow, maka anda dapat mengelola setiap akses yang diminta aplikasi menggunakan aplikasi App Ops. Ibaratnya meskipun pintu rumah sudah dijebol, tapi anda mengunci setiap lemari, kulkas, dan peralatan lain di dalam rumah. Jadi sedikit terasa lebih aman bukan?
Download Aplikasi App Ops

Baca Juga : Aplikasi Untuk Mengembalikan Data Hilang Pada Android

2. Jangan Install Aplikasi Tidak Resmi

download aplikasi di google play store
Setelah HP android anda di root, ada baiknya anda hanya menginstal aplikasi android resmi saja yang didapat dari Google Play Store atau tempat download yang terpercaya lainnya. Untuk alasan tertentu, kadang kita memang meng-install aplikasi atau game di luar Google Play Store. Seperti untuk bermain game yang sudah di crack, tentunya aplikasi yang sudah dimodifikasi tersebut bisa saja mengandung malware jahat.

3. Jangan Hapus Semua Aplikasi Bawaan

jangan hapus aplikasi bawaan
Dengan mendapatkan akses root, pengguna Android bisa menghapus semua aplikasi yang ada pada Android, termasuk aplikasi bawaan yang tidak pernah terpakai. Tetapi anda harus hati-hati, jangan sembarangan menghapus aplikasi bawaan. Jika salah menghapus beberapa aplikasi yang diperlukan untuk menjalankan perangkat Android sempurna, sudah pasti hasilnya pasti akan error atau smartphone jadi tidak stabil. Contoh aplikasi Play Store, aplikasi ini berpengaruh terhadap beberapa aplikasi lainnya. Terkadang ada aplikasi yang tidak akan berjalan jika plya store mengalami masalah atau belum terupdate. Jadi, sebelum anda menghapus aplikasi bawaan, anda harus tahu dulu apa fungsinya, dan jika sangat menyarankan untuk tidak menghapus aplikasi bawaan asal-asalan.

Baca Juga : Cara Memperbaiki LCD HP Android Rusak Bergaris

4. Gunakan Anti Virus

install anti virus
Jika smartphone Android anda tidak dalam keadaan root, Google mengklaim bahwa tak ada guna install aplikasi anti virus di Android. Namun lain cerita untuk smartphone yang sudah di-root, dimana antivirus cukup dibutuhkan untuk menjaga keamanan. Secara rutin anda bisa melakukan pemindaian untuk memastikan semua aman.

5. Selalu BackUp

jangan lupa backup
Salah tahap dalam melakukan modifikasi sistem Android dapat menyebabkan beberapa kerusakan sistem seperti softbrick, bootloop, sampai dengan mati total. Jadi, rajin-rajinlah melakukan backup setiap hari bila perlu. Nah anda bisa menggunakan aplikasi Titanium Backup yang punya fitur sangat lengkap. Anda dapat dengan mudah melakukan backup, memulihkan, memindahkan data aplikasi atau game ke kartu memori, dan lainnya.

Baca Juga : 9 Kerusakan Samsung Galaxy S7 dan Cara Memperbaikinya

Demikian cara mengamankan HP android yang sudah diroot, pastikan anda melakukan 5 tips di atas agar HP android yang sudah diroot benar-benar aman. Namun saya sarankan, jika anda tidak tahu betul manfaat root sebaiknya biarkan saja HP android dalam keadaan normal.
 

Start typing and press Enter to search