-->

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan HP atau Uninstal Bloatware

- 9/16/2018
Cara Menghapus Aplikasi Bawaan HP atau Uninstal Bloatware - Aplikasi bawaan android atau aplilasi bloatware tidak semuanya dibutuhkan. Bahkan, banyak aplikasi bawaan yang hanya memenuhi memori tanpa digunakan sama sekali. Tidak digunakannya aplikasi-aplikasi tersebut bisa karena memang tidak membutuhkannya atau mungkin tidak tahu fungsinya untuk apa.

Apapun alasannya, kalau aplikasi tersebut tidak digunakan, tidak dibutuhkan maka hanya akan memakan memori secara percuma. Terkadang, aplikasi bawaan android ini membebani RAM sehingga mengakibatkan HP android sering mengalami hang atau macet.

Baca Juga : Tips Agar Tidak Kehilangan Kontak Saat Reset HP

Bagaimana cara menghapus aplikasi bawaan HP?
Itulah yang menjadi pertanyaan banyak pengguna android. Karena untuk menghapus aplikasi bawaan ternyata tidak semudah menghapus aplikasi yang kita tambahkan sendiri dari google play.

Nah, untuk menjawab dan memberikan solusi atas masalah anda tersebut, berikut saya share cara menghapus aplikasi bawaan HP dengan mudah. Karena begitu mudahnya, anda bisa menghapus banyak aplikasi sekaligus.

Namun, untuk bisa menghapus aplikasi bawaan yang tidak anda inginkan, anda harus memenuhi syarat utama, yaitu HP android anda harus sudah di root. Bagi anda yang belum tahu cara me-root HP android, silakan baca :
>>>Cara Mudah Root dan Unroot HP Android Dengan Framaroot

Baca Juga


Oke, sekarang HP sudah berhasil di root, lanjut dengan menghapus aplikasi yang tidak diinginakan. Untuk menghapus aplikasi dari HP android satu persatu, anda bisa melakukannya dengan mudah seperti menghapus aplikasi pada umumnya. Silakan masuk ke menu pengaturan >> Aplikasi >> Tapi pada aplikasi yang akan dihapus >> Tap Copot Pemasangan.

Cara Menghapus Banyak Aplikasi Bawaan HP Sekaligus

Kalau cara menghapus atau uninstal aplikasi seperti di atas sudah biasa dan kalau banyak aplikasi yang ingin dihapus maka akan makan banyak waktu. Ada solusi cepat menghapus banyak aplikasi sekaligus.

Untuk mempercepat penghapusan aplikasi, saya rekomendasikan kepada anda untuk menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Nama aplikasinya adalah System App Remover yang bisa anda unduh gratis di play store.

Baca Juga : 7 Aplikasi Sound Sistem Android Yang Bikin Audio Nendang

Setelah berhasil menginstal aplikasi System App Remover, silakan jalankan aplikasi tersebut. Saat aplikasi meminta akses root silakan klik atau tap Grant.

Kemudian pilih aplikasi bawaan yang ingin anda hapus dengan memberikan ceklis pada aplikasi tersebut.

Cara menghapus banyak aplikasi sekaligus

Cara menghapus banyak aplikasi sekaligus


Di bawah daftar aplikasi yang dihapus ada tombol Uninstal dengan keterangan ukuran dari apliaksi yang akan dihapus. Semakin banyak aplikasi yang dihapus maka semakin besar ukuran filenya. Artinya, memori internal anda akan memiliki lebih banyak ruang yang kosong.

Setelah selesai memilih daftar aplikasi yang akan dihapus, silakan klik atau tap tombol uninstal. Saat muncul Pop Up baru silakan klik aja Yes. Tunggu beberapa saat, sistem akan secara otomatis menghapus aplikasi yang sudah anda pilih.

Demikian cara menghapus aplikasi bawaan HP atau uninsta bloatware, dengan cara ini selain aplikasi bawaan bisa dihapus juga bisa menghapus aplikasi banyak secara bersamaan atau menghapus banyak aplikasi sekaligus. Tidak menghapus satu persatu yang akan banyak makan waktu dan tenaga, cukup degan tekan satu tombol banyak aplikasi akan langsung terbuang.

 

Start typing and press Enter to search