-->

Cara Benar Merawat Baterai HP Android Agar Awet

- 7/15/2018
TIPSANDROIDPRO.COM - Baterai menjadi salah satu masalah yang sering dialami oleh pengguna HP android. HP yang cepat boros daya bahkan HP yang cepat rusak. Selain disebabkan kualitas baterai yang memang sangat rendah, perilaku pengguna juga bisa menjadi penyebab HP android cepat rusak. Untuk itu maka sebagai pengguna HP android sangat penting mengetahui bagaimana cara merawa baterai HP android agar awet.

Cara Merawat Baterai Dari Produsen Advan

Sangat menarik. Ketika saya membuka-buka menu settin atau pengaturan HP android android, ternyata disitu ada kita atau cara mengisi daya yang baik dan benar yang akan berefek pada daya tahan baterai. Mengingat tips ini adalah resmi dari produsen HP android yang cukup ternama, maka tips merawat baterai HP android ini sangat saya rekomendasikan untuk anda.

Baca Juga : HP Android 4G Terbaru Murah Dibawah 1 Jutaan

Cara Agar Baterai HP Android Awet
Cara Agar Baterai HP Android Awet

5 Tips Merawat Baterai HP Android Agar Awet

1. Gunakan charger ori bawaan HP android
Meskipun hampir semua HP android bisa menggunakan charger dari merk lain (yang bukan bawaannya), tapi produsen advan merekomendasikan agar selalu menggunakan charger original. Hal ini untuk menghindari kesalahan input daya yang akan mempercepat kerusakan baterai HP android. Jangan mudah tergiur dengan charger kompatibel yang menawarkan proses pengisian daya lebih cepat. Justru biasanya charger ini yang berkontribusi mempercepat kerusakan baterai HP android.

2. Boleh Menggunakan HP Saat dicas, tapi hindari panas berlebih
Menggunakan HP androis saat diisi daya atau saat dicas sebenarnya tidak direkomendasikan. Tapi karena kebutuhan, terkadang pengguna mengharuskan menggunakan HP android bebarengan dengan pengisian daya. Hal ini boleh-boleh saja dilakukan tapi anda harus tanggap apakah HP android sudah mengalami panas berlebih atau belum. Jika, dirasakan HP android sudah terlalu panas sebaiknya segera hentikan penggunaan dan sebaiknya isi daya dengan mematikan HP android.

Baca Juga : Cara Mengatasi HP Android Cepat Panas dan Baterai Boros

3. Jangan Gunakan HP Android Saat Daya Lemah
Penggunaan HP android saat daya lemah sangat tidak direkomendasikan. Jika anda menggunakan HP andoid saat daya lemah maka akan mempercepat kerusakan pada baterai HP android. Tidak hanya itu, jika terlalu sering dilakukan maka juga akan merusak HP android secara keseluruhan. 

4. Sering Mengisi Baterai, Jangan Menunggu Habis
Jangan biarkan HP android anda mati mendadak karena kehabisan daya. HP android yang sering mati mendadak akan merusak sistem operasi sehingga akan terjadi error. Selain itu, hardware juga akan mengalami kerusakan karena kehilangan daya secara mendadak. Untuk menghindari hal tersebut maka sangat penting untuk segera mengisi daya saat baterai sudah mulai melemah. Sebagai acuan, jangan biarkan daya bateari sampai dibawah 15%. Sebaiknya segera isi daya ketika daya tersisa 30%.

5. Hentikan Pengisian Daya Ketika Sudah Mencapai 100%
Jangan pernah berpikir, semakin lama mengisi daya maka akan semakin panjang daya tahan baterai. Hal ini adalah keliru. Lamanya daya tahan baterai tergantung pada kualitas baterai dan penggunaan. Tips yang benar saat mengisi daya baterai adalah cabut segera ketika sudah baterai penuh (100%). Jika anda membiarkan pengisian daya berlangsung ketika bateari sudah penuh, maka akan terjadi pans berlebih pada baterai yang akan mengakibatkan baterai menjadi menggelembung. Ketika ini terjadi, baterai akan mengalami kerusakan. Efeknya, biasanya baterai akan menjadi lebih cepat penuh ketika diisi tapi akan cepat habis ketika digunakan. Secara fisik, baterai juga kelihatan menggelembung.

Baca Juga : 7 Tips Ngecas HP Android Agar Baterai Awet

Nah itulah cara benar merawat baterai HP android agar awet atau tahan lama. Dengan perawatan yang benar, memperlakukan yang baik terhadap HP android maka akan semakin awet. Jadi, anda akan bisa menghemat dana untuk membeli gandget baru atau paling tidak menghemat untuk membeli baterai baru. Seumpama anda ingin menjual HP anda, maka akan mendapatkan harga beli yang tinggi karena kualitas barang anda masih terjadi karena perawatan yang benar.
 

Start typing and press Enter to search