-->

Cara Mengatasi Smartphone Yang Cepat Panas dan Baterai Cepat Habis

- 7/29/2016
Cara Mengatasi Smartphone Yang Cepat Panas dan Baterai Cepat Habis | Para pengguna smartphone banyak yang mengeluh kalau smarphonenya cepat panas, bahkan panasnya melebihi ambang batas normal. Panas pada smartphone sebenarnya adalah hal yang wajar (asal panasnya tidak berlebih). Hal ini dikarenakan ada banyak faktor yang menyebabkan sebuah smartphone menjadi panas.

Panas pada smartphone bisa diakibatkan karena kerja dari CPU, RAM dan hardware lainnya. Semakin banyak aplikasi yang berjalan, maka kerja CPU dan RAM akan semakin keras daya yang dibutuhkan terus meningkat. Nah aktifitas ini secara umum akan membuat sebuah smartphone menjadi panas. Maka tak heran kalau smarphone dengan spesifikasi rendah, kualitas rendah dan biasanya harga murah akan cepat panas. Karena smartphone murah tersebut tidak mampu menjalankan aplikasi banyak secara bersamaan.

cara mengatasi smartphone cepat panas
Cara Mengatasi Smartphone Cepat Panas

Smartphone cepat panas juga bisa disebabkan karena terjadi kerusakan pada baterai. Biasanya baterai akan cepat habis bahkan ada perubahan fisik (menggelumbung). Jika sudah seperti ini suhu baterai akan cepat naik dan mempengaruhi suhu smarphone secara keseluruhan.

Cara Mengatasi Smartphone Cepat Panas

1. Jangan Lakukan Overclock

Overclock adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sebuah upaya meningkatkan kinerja smartphone melebihi kemampuan yang menjadi standar pabrikan. Akibat dari overclock ini maka hardware seperti CPU, RAM dan lainnya akan dipaksa bekerja keras agar smartphone berjalan lebih cepat. Tentu ini akan menyedot daya melebihi batas normal sehingga suhu pada smartphone akan naik dengan cepat.

2. Jangan Gunakan Smartphone Saat di-Charge

Idealnya, pada saat di charge maka sebuah smartphone sebaiknya dimatikan. Jadi, smartphone harus dalam keadaan istirahat. Jika anda memaksa menggunakan smartphone pada saat di charge maka akan terjadi kerusakan pada baterai. Diawali dengan suhu yang cepat panas, baterai menggelumbung bahkan pada tingkat ekstrim baterai bisa meledak.

3. Matikan Aplikasi Yang Banyak Menguras Baterai

Ada banyak aplikasi yang mungkin tetap berjalan meskipun anda sudah tidak menggunakannya. Misal aplikasi facebook, Line, Game Online dan lain sebaganinya. Aplikasi-aplikasi ini akan tetap menyedot daya baterai meskipun tidak anda gunakan. Jadi pastikan semua aplikasi anda matikan jika sudah tidak digunakan. Ada baiknya juga anda melakukan seleksi ulang terhadap aplikasi yang terinstal pada smartphone anda. Jika ada aplikasi-aplikasi yang tidak anda butuhkan sebaiknya uninstal atau copot saja.

4. Jangan Membekap Smartphone

Untuk mengurangi panas akibat aktifitas, smartphone membutuhkan sirkulasi udara yang baik. Jadi jangan sampai adan membekap smarpthone anda dengan tangan sampai rapat atau mungkin mamasukkan ke dalam saku yang terlalu sempit sehingga mengurangi kelancaran sirkulasi udara.

5. Jauhkan Dari Sumber Panas

Selain dipengaruhi oleh kinerja smartphone, panas pada smartphone juga bisa diakbitkan pengaruh dari luar. Misal karena berdekatan dengan sumber panas dari alat elektronik lain. Contoh anda menaruh smartphone di atas TV, di atas kulkas, di dekat seterikaan yang sedang menyala, di dekat rice cooker dan alat elektronik lainnya. Jangan lakukan hal tersebut, karena akan semakin mempercepat kerusakan pada smartphone anda.

Nah itulah yang bisa anda lakukan untuk mengatasi smartphone yang cepat panas. Jika usaha-usaha tersebut sudah anda lakukan tetapi smarphone tetap saja cepat panas bahkan daya baterai cepat habis atau bahkan terjadi mati mendadak. Ada baiknya anda untuk mempertimbangkan mengganti baterai.
 

Start typing and press Enter to search