-->

7 Tips Terbaik Men-Charge Baterai HP Agar Cepat Penuh dan Awet

- 8/23/2016
7 Tips Terbaik Men-Charge Baterai HP Agar Cepat Penuh dan Awet | Mencharge HP mungkin merupakan hal yang sangat sederhana. Tapi tahukan anda dari hal yang anggap sederhana ini, jika salah dalam melakukannya bisa mengakibatkan kerusakan pada HP anda. Banyak sekali kerusakan pada HP diakibatkan karena salah dalam melakukan pengisain baterai atau mencharge baterai.

Baterai juga sama dengan manusia, dia memiliki tingkat stres tinggi jika dipaksa bekerja melebihi kemampuannya. Untuk itu sangat perlu memperlakukan baterai agar tetap cool sehingga terhindar dari stres. Hal yang paling membuat baterai menjadi stres adalah digunakan saat di charege dan dicharge melebihi yang direkomendasikan.

cara baik mengisi baterai hp

7 Tips Terbaik Mencharge Baterai HP

Nah agar baterai HP anda cepat terisi tapi tetap awet, silakan ikuti tips-tips berikut ini.

1. Jangan Charge HP Hingga Penuh 100%

Situs dari perusahaan baterai Cadex bernama Battery University merinci bagaimana baterai lithium-ion dalam smartphone sensitif pada "stres". Pengisian baterai hingga 100% bisa mengakibatkan baterai menjadi stres. Hal ini akan memicu keruakan baterai pada jangka panjang.

2. Segera Cabut Jika Baterai HP Sudah Penuh

Untuk menghindari stres berkelanjutan akibat dicharge melebihi kapasitas, maka segera cabut charger jika baterai sudah penuh. Kebanyakan orang mungkin berpikir, semakin lama baterai HP dicharge maka akan semakin lama baterai tersebut bisa digunakan. Ternyata hal ini justru salah, jika baterai HP dicharger terlalu lama bahkan sampai seharaian, akan mengakibatkan terjadi over panas yang berefek pada perubahan bentuk bateri. Misal baterai menjadi menggelembung. Nah jika baterai sudah seperti ini, maka akan cepat panas dan daya yang disimpan akan cepat habis.

3. Buka Casing Bagian Penutup Baterai

Saat dicharge sebaiknya bukan saja casing penutup baterai. Tujuannya agar sirkulasi udara disekitar baterai akan terjadi dengan baik sehingga bisa mengurangi panas pada baterai. Hal ini akan semakin mempercepat pengisan baterai dan bateri terhindari dari panas berlebih. Efeknya, baterai terisi dengan cepat dan akan awet (tidak cepat rusak).

4. Jangan Gunakan Komputer dan Laptop Untuk Mencharge

Mencharge HP ke laptop atau komputer dengan kebel USB mungkin bisa dibilang sangat praktis. Tapi ini tidak direkomendasikan. Selai daya yang diberikan oleh laptop atau komputer tidak sesuai kebutuhan, juga bisa berefek pada tertularkan HP oleh virus dari komputer atau laptop.

5. Jangan Gunakan HP Saat Dicharge

Bahaysa!!! Jangan gunakan HP saat di charge. Selain akan menambah lama waktu pengisian baterai, juga berbahasa untuk keselamatan anda. Sangat mungkin terjadi ledakan pada baterai litium ion jika terjadi panas berlebih. Ingat HP digunakan saat dicharge akan meningkatkan beban sehingga panas pada HP akan meningkat secara signifikan. Sebaiknya, gunakan air plane mode saat di charge atau matikan saja.

6. Jangan Tarus HP Diatas Alat Elektroni Yang Menyala Saat Dicharge

Peralata elektronik menhasilkan radiasi yang akan memicu meningkatnya panas pada HP. Ingat baterai HP sangat tidak bersabahat dengan panas berlebih. Jadi hindarkan HP dari alat elektronik yang menyala saat di charege.

7. Gunakan Charge Pihak Ketiga 

Sebenarnya ini kurang direkomendasikan. Misal, charger original anda memberikan daya 1 VA, untuk mempercepat pengisian daya anda gunakan charge dengan daya 2 VA. Ini bisa mempercepat pengisain daya pada baterai HP anda. Tapi jangan terlalu sering digunakan.

Nah itulah 7 Tips Terbaik Men-Charge Baterai HP Agar Cepat Penuh dan Awet, semoga bisa bermanfaat untuk anda.
 

Start typing and press Enter to search