-->

Cara Menghemat Kuota Internet di Android Hingga 50%

- 5/23/2018
Cara Menghemat Kuota Internet di Android Hingga 50% - Hemat kuota... ayo hemat kuota... biar bisa internetan lebih lama. Tentunya anda tidak ingin kuota internet anda cepat habis. Kalau gak pengin cepat habis, jangan terlalu sering internetan. Lha... kalau itumah semua orang juga tahu. Hehe...

Beneran!!! Saya mau kasih tahu bagaimana caranya menghemat kuota internet. Anda bisa terus terhubung dengan internet tapi kuota akan lebih tahan lama, hemat hingga 50%.

Cara untuk menghemat kuota internet pada android terbilang sederhana, karena ternyata browser yang ada pada android sudah mendukung kebutuhan anda untuk menghemat kuota internet. Hayoo... browser apa yang ada di android anda?

Pada artikel tips android kali ini, saya hanya membahas dua browser yang sering digunakan pada android yaitu chrome dan opera. Dua browser ini ternyata memiliki fitur kompresi data yang berfungsi untuk menghemat kuota internet.

Baca Juga : Cara Mudah Cek HP Android Bekas Masih Bagus atau Tidak

Fitur untuk menghemat kuota internet ini jarang diketahui oleh pengguna Android. Hal ini karena kebanyakan pengguna hanya menggunakan begitu saja tanpa mengotak atik browser yang mereka miliki. Padahal baik Chrome atau Opera mini ternyata memiliki fitur kompresi data yang sangat baik sehingga dapat menghemat kuota internet secara signifikan. Untuk mengaktifkan fitur tersebut ikuti langkah berikut ini :

Cara Menghemat Kuota Internet Pada Chrome

Chrome merupakan browser resmi besutan google. Karena itu, browser ini terkadang sudah menjadi browser default pada perangkat android. Selain cepat dan mudah digunakan, chrome juga memiliki fitur untuk menghemat kuota internet. Anda tinggala mengaktifkan saja dan nikmati kuota internet yang tahan lama. Caranya silakan buka browser Chrome kemudian arahkan pada menu – setting lalu akan muncul beberapa opsi lain, pilih Bandwith Management, lalu aktifkan fitur Reduce Data Usage menjadi ON

Cara Menghemat Kuota Internet Pada Opera 

Selain chrome opera juga menjadi browser yang terkadang sudah terinstal pada perangkat android pada saat membeli perangkat android baru. Fitur menghemat kuota data internet juga akan kita temui pada browser Opera, untuk mengaktifkannya sentuh logo opera pada kanan bawah. Seketika akan muncul pengaturan Off-Road. Ubah menjadi ON dengan cara menggeser saklarnya.


Baca Juga : Cara Mudah Membuat Instagram Story Yang Super Keren

Efek mengaktifkan fitur penghemat kuota internet pada browser ini memang luar biasa. Untuk membuktikannya anda bisa membandingkan penggunakan kuota internet dengan mengaktifkan fitur ini dan tanpa mengaktifkannya. Anda bisa melihat pada menu Bandwith management (Chrome) akan terlihat seberapa besar penghematan yang telah dilakukan. Begitu juga di browser opera, penghematan kuota akan terlihat di menu Off Road mode.
Dari hasil pengujian, ternyata didapatkan bahwa pengaktifan fitur kompresi dapat menghemat kuota internet android hingga 50% lebih. Benar-benar luar biasa....

Cara Menghemat Kuota Internet Pada Youtube

Untuk youtube, kita tahu sendiri lah bahwa youtube memiliki aplikasi tersendiri. Untuk menghemat kuota internet pada saat menonton video youtube juga ada caranya tersendiri. Untuk menghemat kuota internet pada youtube, anda harus melakukan setting pada kualitas video yang anda tonton.

Baca Juga : 2 Cara Internetan Gratis, Tips Nomor 2 Paling Dahsyat

Ya, jika anda ingin menghemat kuota internet pada saat menonton video youtube, maka anda harus rela untuk menurunkan kualitas video anda. 

Silakan anda cari video yang ingin anda tonton. Pada laman video favoritmu, tap pilihan Download kemudian pilih kualitas dan video yang anda inginkan. Ini sangat disarankan, selain menghemat karena ukuran yang anda unduh menjadi kecil, untuk menonton ulang video anda tidak perlu online lagi, tapi dengan ofline saja anda sudah bisa menonton video favorit anda.
 

Start typing and press Enter to search