-->

Setting Keyboard Android Agar Bisa Mengetik Dengan Suara Pada Android

- 3/14/2018
Setting Keyboard Android Agar Bisa Mengetik Dengan Suara Pada Android - Cara ngetik dengan suara pada HP android adalah tips android khusus untuk anda pengguna android yang mungkin malas mengetik dengan menggunakan jari-jari tangan. Ya, adakalanya kita malas mengetik karena mungkin cape dan alasan lainnya. Selain itu, sering salah menekan huruf pada keyboard juga menjadi alasan mengetik menggunakan jari.

Nah, bagi anda yang malas mengetik menggunakan jari, tips android sudah sangat cocok untuk anda. Dengan melakukan tips sederhana pada android, maka anda sudah bisa mengetik dengan menggunakan suara.

Untuk mengetik menggunakan suara pada android sangat mudah dan tidak memerlukan aplikasi tambahan apapun. Mungkin dulu agar bisa mengetik dengan suara orang harus dibantu dengan sebuah aplikasi atau software voice to text atau speech to text. Nah sekarang anda sudah tikda lagi memerlukan itu, hanya butuh setting keyboard secara sederhana saja.

Baca Juga : Cara Membuat Tema Android Sendiri Secara Ofline

Cara Setting Keyboard Agar Bisa Ngetik Dengan Suara

Oke, langsung saja ke teknis bagaimana caranya agar bisa mengetik dengan suara pada android. Silakan langsung aja buka Setting atau Pengaturan android anda. Scroll ke bawah sampai anda menmukan menu Bahasa & masukan.

Silakan anda klik atau tap menu Bahasa & masukan, sekarang fokus pada menu Pengetikan Google Voice. Pastikan pada pengaturan Pengetikan Google voice ini adalah Otomatis.


Nah sekarang anda fokus pada menu Bahasa, pastikan pada pengetauran bahasa ini adalah Bahasa default : Bahasa Indonesia (Indonesia) agar nantinya bisa mengenal suara anda dalam Bahasa Indonesia.



Jika belum, silakan anda klik atau tap pada menu Bahasa tersebut sehingga akan muncul daftar  bahasa yang didukung oleh keyboard android anda. Silakan anda pilih Bahasa Indonesia (Indonesia).


Selanjutnya silakan klik Simpan. Nah sekarang silakan test apakah keyboard anda sudah bisa untuk mengetik dengan menggunakan suara. Untuk melakukan test, anda bisa membuka salah satu aplikasi yang mengharuskan menggunakan keyboard, misal SMS, WA, Line atau aplikasi chating lainnya. Perhatikan, apakah sudah ada icon mircrophone belum seperti nampak pada screen shoot di bawah ini. Lihat icon micropohone yang ada tepat di atas, buka yang besar dalam lingkran hijau. Kalau sudah ada icon seperti itu artinya keyboard sudah siap untuk mengetik dengan menggunakan suara.


Baca Juga : Cara Cek Kuota Internet Semua Operator

Untuk memulai mengetik menggunakan suara pada android, silakan anda klik atau tap icon microphone tersebut seingga akan nampak seperti screen shoot di bawah ini.


Jika sudah menampilkan gambar di atas, silakan mulai anda untuk berbicara dan perhatikan HP android anda akan merespon dengan menampilkan ketikkan sesuai dengan suara anda. Selamat anda sudah bisa mengetik dengan suara pada android.

Demikian setting keyboard android agar bisa mengetik dengan suara pada android, sangat mudah kan. Oke saya ucapkan selamat karena sekarang anda tidak perlu lagi repot mengetik menggunakan jari-jari yang terkadang salah pencet tombol. Sekarang cukup ngomong di depan android anda dan HP android anda akan otomatis mengetikkan tulisan sesuai dengan suara anda.
 

Start typing and press Enter to search