-->

Sejarah Singkat Perkembangan Android Dari Awal Sampai Sekarang

- 1/23/2018
Sejarah Singkat Perkembangan Android Dari Awal Sampai SekarangAndroid adalah sistem operasi perangkat mobile berbasis linux dengan lisensi open source (sumber terbuka). Dengan sistem open source ini memungkinkan setiap developer bisa menciptakan sistem operasi sendiri. Android sendiri merupakan sistem operasi mobile yang dikhususkan untuk perangkat seluler dengan teknologi layar sentuh atau touch screen seperti smartphone dan tablet. 

Sejarah perkembangan android dimulai dari sebuah perusahaan bernama Android Inc. Perusahaan inilah yang pertama mengembangkan sistem operasi android dan mendapatkan suntikan dana dari perusahaan internet raksasa google. Pada tahun 2005, akhirnya google membeli lisensi dari android ini dan pada tahun 2007, Sistem operasi robot hijau tersebut secara resmi diluncurkan beriringan dengan didirikannya Open Handset Alliance yang merupakan konsorsium dari perusahaan-perusahaan teknologi, produsen perangkat seluler, operator nirkabel, serta produsen chipset.

Baca Juga : 10 Kecanggihan Android Oreo

Android mulai menjadi sistem operasi yang dikenal khalayak para tahun 2008, yaitu tepatnya tanggal 22 Oktober 2008 HTC Dream secara resmi meluncurkan perangkat mobile dengan menggunakan sistem operasi android. Mulailah semenjak perilisan ponsel tersebut, banyak vendor lain yang merilis ponsel dengan platform Android.

Perkembangan sistem operasi android terus mengalami kemajuan yang sangat pesat. Hal ini ditunjukkan dengan banyak versi android yang sudah dirilis dari tahun 2007 sampai dengan sekarang. Uniknya, setiap versi androi selalu mengambil nama makanan kecuali untuk android versi pertama. Nah, anda penasaran kan nama-nama apa saja yang digunakan oleh android untuk memberikan identitas terhadap sistem operasi android tersebut. Simak perkembangan nama-nama android berikut ini.
Nama-Nama Versi Android Dari Masa ke Masa
1.    Android Beta
5 November 2007 adalah awal kelahiran OS android, pada awal ini android masih dalam percobaan, untuk itu androd versi beta ini belum dikomersilkan. Kemudian pada 12 November 2007 Software Development Kit (SDK) dirilis oleh Google. Berlanjut pada 23 Spetember 2008 google kembali merilis android versi komersil dengan akan memberikan nama Android Astro, namun sayang nama android ini terganjal masalah trademark sehingga nama android ini dibatalkan. Pada 9 Februari 2009 Versi Android kedua kembali dirilis dengan nama “Bender” akan tetapi karena alasan melanggar trademark, nama “Bender” tidak jadi disematkan pada versi Android ini. Awalnya versi OS Android ini dirilis untuk perangkat T-Mobile G1 saja. Versi ini merupakan update untuk memperbaiki beberapa bugs, mengganti API dan menambahkan beberapa fitur. Karena selalu terganjal masalah hak cipta trademark (nama merk) maka kemudian untuk versi-versi berikutnya google memberi nama android dengan nama-nama makanan pencuci mulut dan diurutkan berdasarkan abjad. Nah, nama makanan apa saja yang sudah dijadikan nama android oleh google, berikut ulasannya.
2.    Android Cupcake Version 1.5
Cupcake adalah nama versi pertama OS android yang lolos dari pelanggaran trademark. Selain memperbaiki bug dan menyempurnakan android versi sebelumnya, android versi pertam ini juga menyuguhkan berbagai fitur yang sangat menyenangkan. Anda dapat mengupload video ke youtube, atau foto ke picasa dilengkapi widget yang mempermudah anda dalam mengakses sebuah fitur. Pada android versi cupcake ini juga mulai dikenalkan virtualkeyboard yang menjadikan pengalaman pertama menyenangkan bagi penggunanya. Android membuat T-mobile G1 menjadi sesuatu yang menarik hingga tahun 2009. Ini hanyalah awal yang sederhana, android mempunyai pekerjaan untuk menjadikan sebuah OS yang lebih canggih.

Baca Juga : 9 HP Android Tahan Air Terbaik

3.    Android Donut Version 1.6
Pada versi ini android didukung dengan teknologi CDMA/EVDO, 802.1x, VPNs yang memberikan keleluasaan kepada pengguna seluler untuk memilih layanan GSM/CDMA. Selain itu android donut juga support layar dengan resolusi WVGA. UI dan fitur pencarian juga lebih user friendly.
4.    Android Eclair Version 2.0
Dirilis pertama kali pada 9 Desember 2009. Terjadi penambahan fitur untuk pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1. Beberapa versi updatenya antara Android v.2.0 kemudian v2.0.2 dan terakhir v.2.1.
5.    Android Froyo Version 2.2
Dirilis pertamakali pada 20 Mei 2010 pada smartphone Google Nexus One. Pada versi ini sudah support terhadap Adobe Flash Player 10.1. Peningkatan pada kecepatan membuka dan menutup aplikasi, serta penggunaan SD Card sebagai tempat penyimpanan aplikasi. Ketika Android Froyo hadir mulai muncul banyak diskusi yang membahas mengenai persaingan antara Android dengan iOS yang akan semakin ketat di masa yang akan datang. Beberapa versi update yang dirilis antara lain Android v.2.2.1 hingga v.2.2.3.
6.    Android Gingerbread version 2.3
Pertama kali diperkenalkan pada 6 Desember 2010. Terjadi banyak peningkatan pada versi Android yang satu ini dibandingkan dengan versi sebelumnya. Dirancang untuk memaksimalkan kemampuan aplikasi dan game. Serta mulai digunakannya Near Field Communication (NFC). Perbaikan terhadap dukungan layar resolusi WXGA dan diatasnya. Beberapa versi update yang dirilis antara lain v.2.3.3 hingga v.2.3.7. Sampai saat ini Android Gingerbread merupakan versi Android yang memiliki pengguna terbanyak dibandingkan dengan seri Android lainnya, yaitu mencapai 65% dari seluruh versi Android yang dirilis.

Baca Juga : 3 Aplikasi Penguat Sinyal Tanpa Root dan Tanpa Ribet
7.    Android Honeycomb version 3.0
Android tidak hanya fokus pada pengembagnan sistem operasi smartphone, tapi juga memperhatikan perkembangan tablet. Untuk itu kemudian android merilisi Honeycomb yang lebih terfokus pada sistem operasi tablet. Pertama kali diperkenalkan pada 22 Februari 2011 dan Motorola Xoom adalah yang pertama kali menggunakannya. Android versi ini merupakan OS yang didesain khusus untuk pengoptimalan pengunaan pada tablet PC.
8.    Android Ice Cream Sandwich version 4.0
ICS (Ice Cream Sandwich ) merupakan versi Android yang dirilis pada 19 Oktober 2011. Smartphone yang pertama kali mengunakan OS Android ini adalah Samsung Galaxy Nexus. Secara teori semua perangkat seluler yang menggunakan versi Android sebelumnya, Gingerbread, dapat di-update ke Android Ice Cream Sandwich.
9.    Android Jellybean version 4.1
Android Jelly Bean yaang diluncurkan pada acara Google I/O lalu membawa sejumlah keunggulan dan fitur baru. Penambahan baru diantaranya meningkatkan input keyboard, desain baru fitur pencarian, UI yang baru dan pencarian melalui Voice Search yang lebih cepat. Tak ketinggalan Google Now juga menjadi bagian yang diperbarui. Google Now memberikan informasi yang tepat pada waktu yang tepat pula. Salah satu kemampuannya adalah dapat mengetahui informasi cuaca, lalu-lintas, ataupun hasil pertandingan olahraga. Sistem operasi Android Jelly Bean 4.1 muncul pertama kali dalam produk tablet Asus, yakni Google Nexus 7.
10.    Android versi 4.2 (Jelly Bean)
Fitur photo sphere untuk panaroma, daydream sebagai screensaver, power control, lock screen widget, menjalankan banyak user (dalam tablet saja), widget terbaru. Android 4.2 Pertama kali dikenalkan melalui LG Google Nexus 4
11.    Android versi 4.3 (Jelly Bean)
Merupakan pembaharuan dari android jelly bean sebelumnya dimana rilis ada pada 24 Juli 2013 di San Francisco. Nexus 7 generasi 2 adalah Smartphone  pertama yang menggunakan OS tersebut.

Baca Juga : Inilah Cara Mengetahui Kerusakan HP Android Xiaomi
12.    Android Kitkat version 4.4
Lebih dari satu tahun sampai Android pindah dan merilis versi berikutnya (meskipun Jellybean itu terus ditingkatkan hingga musim panas 2013) dan meluncurkan KitKat pembaruan dengan Nexus 5 pada Halloween tahun 2013 . Android 4.4 KitKat dirilis pada tanggal 3 September 2013. Meskipun pada awalnya di beri anma “Key Lime Pie” (“KLP”), nama itu berubah karena “sangat sedikit orang benar-benar tahu rasa key lime pie.” Beberapa blogger teknologi juga mengharapkan rilis “Key Lime Pie” menjadi Android 5. KitKat memulai debutnya pada Google Nexus 5 pada tanggal 31 Oktober 2013, dan dioptimalkan untuk berjalan pada rentang yang lebih besar dari perangkat dari versi Android sebelumnya, memiliki 512 MB RAM sebagai minimum yang disarankan; perbaikan-perbaikan yang dikenal sebagai “Proyek langsing” internal di Google. Jumlah minimum RAM yang diperlukan yang tersedia untuk Android adalah 340 MB, dan semua perangkat dengan kurang dari 512 MB RAM harus melaporkan diri mereka sebagai perangkat dengan RAM rendah.

13.    Android Lollipop Version 5.0
Android Lollipop adalah versi stabil terbaru dengan versi antara 5.0 dan 5.1. Diresmikan pada 25 Juni 2014 saat Google I / O, dan tersedia secara resmi melalui over-the-air (OTA) update pada tanggal 12 November 2014, untuk memilih perangkat yang menjalankan distribusi Android dilayani oleh Google (seperti perangkat Nexus dan Google Play edition). Salah satu perubahan yang paling menonjol dalam rilis Lollipop adalah user interface yang didesain ulang dan dibangun dengan yang dalam bahasa desain disebut sebagai “material design”. Perubahan lain termasuk perbaikan pemberitahuan, yang dapat diakses dari lockscreen dan ditampilkan pada banner di bagian atas screen. Google juga membuat perubahan internal untuk platform, dengan Android Runtime (ART) secara resmi menggantikan Dalvik untuk meningkatkan kinerja aplikasi, dan dengan perubahan yang ditujukan untuk meningkatkan dan mengoptimalkan penggunaan baterai, yang dikenal secara internal sebagai Project Volta.
14.    Android Marshmallow version 6.0
Dan kita akhirnya tiba di Android Marshmallow, yang semua tentang pengembangan dan tidak begitu banyak makeover. Tapi itu tidak dengan beberapa tambahan mengagumkan, termasuk cara baru menangani izin aplikasi, dukungan sensor sidik jari baru dan ditingkatkan Google Now, dan legal. Juga memperpanjang waktu penggunaan baterai Google dengan Doze dan bundling di Sensor Android Hub di smartphone terbaru Nexus, yang berarti Anda akan mendapat daya tahan baterai seharian tanpa perlu mengeluarkan kabel pengisian.
15.  Andriod Nougat Version
Nougat adalah versi Android termutakhir yang baru diperkenalkan pada ajang kumpul developer Google I/O, pertengahan 2016 ini. Beberapa lama setelahnya, Google menghadirkan Nougat secara resmi untuk publik. Pembaruan paling mendasar pada versi Nougat adalah kehadiran Google Assistant yang menggantikan Google Now. Asisten digital tersebut lebih bisa diandalkan untuk menjalankan berbagai fungsi.

Fitur-fitur baru lainnya mencakup layar split-screen saat dipakai multitasking, serta fitur Doze yang telah dikenalkan di versi Android Marshmallow namun telah ditingkatkan. Android Nougat juga memiliki dukungan terhadap platform virtual reality terbaru Google.

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Aplikasi Android Denagn AppMakr
16. Android 8.0 Oreo (terbaru)
Kode nama Android O adalah android versi terbaru saat ini yang sudah membawa kemajuan untuk teknologi seluler. Ini pertama kali dirilis sebagai preview pengembang ala kualitas pada tanggal 21 Maret 2017. Pratinjau pengembang kedua dirilis pada 17 Mei 2017, dan ini dianggap sebagai kualitas beta dan preview pengembang ketiga dirilis pada tanggal 8 Juni 2017 dan menyelesaikan API. Pada 24 Juli 2017, pratinjau pengembang keempat dirilis yang mencakup perilaku sistem akhir dan perbaikan bug dan pengoptimalan terbaru. Ini dirilis ke publik pada tanggal 21 Agustus 2017. Google meluncurkan sebuah patung pembaruan bertema pencuci mulut di 14th Street Park di Manhattan, dekat dengan pabrik Nabisco asli yang menciptakan Oreo pertama.

Nah itulah sejarah singkat perkembangan android dari awal sampai sekarang yang perkembangannya sangat cepat. Dengan adanya sistem operasi android, perkembangan teknologi smartphone menjadi sangat cepat dan mampu meramaikan pasar gadget hampir di seluruh penjuru dunia.
 

Start typing and press Enter to search