-->

Cara Memperbaiki WhatsApp Error atau Rusak, Lengkap

- 1/12/2018
Cara Memperbaiki WhatsApp Error atau Rusak, Lengkap - Sebagai aplikasi chating yang sangat populer, WhatsApp tentu sering melakukan update untuk menyempurnakan segala macam kekurangan dan memperbaiki bug yang ada. Namun meskipun demikian, bukan berarti aplikasi WhatApp tanpa masalah. Masalah error atau kerusakan pada aplikasi WhatsApp bukan terjadi semata-mata karena kekurangan dari WhatsApp itu sendiri, tapi bisa saja karena kesalahan pengguna.

WhatsApp, sebagai aplikasi chating dengan pengguna paling besar dibandingkan dengan aplikasi chating lainnya, sudah lazim digunakan untuk mengirim pesan, melakukan audio call, video call, mengirim foto, mengirim video bahkan mengirim data-data penting lainnya baik dokumen maupun untuk berbagai software atau aplikasi.

Tentu saja, dengan fiturnya yang sangat komplit ini, WhatsApp menjadi aplikasi idaman para pengguna smartphone maupun tablet. Maka tak heran ketika aplikasi WhatsApp mengalami masalah error atau rusak, pengguna akan kelimpungan karena merasa kehilangan sesuatu yang sangat berharga. Lebay gak sih, hehe.......

Baca Juga : Kelebihan WhatsApp Plus Yang Membahayakan

Cara memperbaiki WhatsApp error atau rusak, mungkin inilah yang anda cari. Oke, selamat anda sudah berada di halaman yang tepat, karena di sini akan dibahas secara lengkap dan mendalam bagaimana mengatasi masalah-masalah yang sering terjadi pada WhatsApp.

WhatsApp Tiak Bisa Melakukan Panggilan Keluar dan Mengirim Pesan
Hal yang pertama anda lakukan jika WhatsApp anda tidak bisa melakukan penggilan keluar adalah test terlebih dahulu dengan menggunakan koneksi WiFi. Sebab, jika anda menggunakan koneksi seluler ada kemungkinan kuota internet anda sudah habis jadi tidak bisa melakukan penggilan. Nah, silakan anda ubah sambungan internet anda menggunakan WiFi.

Jika sudah menggunakan WiFi, tapi tetap tidak bisa melakjukan panggilan maka ada kemungkinan terjadi kesalahan pada pengaturan router dan konfigurasi firewall sehingga menghalangi aplikasi WhatsApp untuk melakukan panggilan.

Jika Anda dapat tersambung ke aplikasi lain dalam jaringan data Anda, namun tidak bisa untuk WhatsApp, kemungkinan operator seluler Anda telah mengkonfigurasi jalur akses nirkabel Anda untuk memblokir aplikasi chatting tertentu. Coba langkah berikut jika WhatsApp tetap tidak bekerja saat Anda hanya menggunakan jaringan data:

Baca Juga : Cara Mengatasi LINE Error Tidak Bisa Dibuka/ Tidak Bisa Login
  1. Hubungi operator seluler Anda dan tanyakan tentang pengaturan jalur akses yang berbeda untuk menjalankan aplikasi chatting.
  2. Mereka akan memandu Anda melalui proses di mana Anda harus mengkonfigurasikan jaringan data dan pengaturan web secara manual.
Kalau saya sih biasanya daripada bingung, lebih baik anda hapus saja apliaksi WhatsApp anda dan silakan instal dengan yang baru atau reset HP androdi ke pengaturan pabrik.

Masalah whatsapp tidak bisa melakukan panggilan juga bisa terjadi karena penghemat baterai pada android anda aktif. Perlu anda ketahui, jika penghemat baterai diaktifkan maka akan ada beberapa fitur yang dibatasi bahkan di disable sehingga ada beberapa fitur android yang non aktif, salah satunya bisa menyebabkan aplikasi tidak berjalan sebagaiman mestinya.

Pada android versi 5 ke atas, penghemat baterai ini akan secara otomatis aktif jika daya baterai tinggal 15%, dengan ditandai warna merah pada notifikasi bar. Nah, jika ini yang terjadi silakan segera anda cas hp anda sehingga daya kembali full dan penghemat baterai kembalo non aktif.

WhatsApp Tidak Bisa Mengirim Foto, Video dan Dokumen
Masalahnya berbeda tapi penyebabnya bisa saja sama. Untuk itu pastikan bawha anda memiliki kuota internet cukup untuk mengakses data internet. Jika anda sudah memiliki kuota internet tapi tetap tidak bisa tidak bisa mengirim pesan, coba anda matikan terlebih dahulu HP android anda kemudian hidupkan lagi.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Android Sering Macet dan Restart Sendiri

WhatsApp tidak bisa mengirim pesan atau tidak bisa menelepon juga bisa terjadi karena nomor anda telah diblokir oleh nomor yang dituju. Mungkin anda sering mengirim pesan-pesan yang tidak dikehendaki oleh penerima sehingga nomor anda diblokir. Inilah tanda-tanda nomor anda diblokir :
  • Anda tidak dapat lagi melihat terakhir dilihat atau online kontak di layar chat. 
  • Anda tidak dapat melihat pembaruan foto profil kontak tersebut.
  • Setiap pesan yang dikirim ke kontak yang telah memblokir Anda akan selalu menampilkan satu tanda centang (pesan terkirim), dan tidak akan pernah menampilkan tanda centang kedua (pesan tersampaikan).
  • Semua panggilan yang Anda lakukan tidak akan terhubung.
Jika baru membuka akun WhatsApp, bisa juga anda tidak bisa melakukan panggilan keluar dan mengirim pesan karena verifikasi awal belum selesai, untuk itu silakan anda selesaikan terlebih dahulu verifikasi akun whatsapp anda.

Ingin Menghentikan atau Menghapus Pesan Yang Sudah Terkirim
Waduh.... salah kirim pesan atau anda mengirim pesan yang tidak senonoh dan ingin menghapusnya. Bisakah?

Sama halnya dengan SMS dan email, jika sudah terlanjur terkirim maka pesan tersbut tidak bisa dihapus. Meskipun anda bisa menghapus, itu hanya menghapus pesan yang ada di apliaksi anda sedangkan pesan yang sudah terlanjur terkirim maka akan tersimpan pada aplikasi WA teman anda.

Nah itulah cara memperbaiki WhatsApp error atau rusak, jika penjelasan di sini dirasa kurang lengkap sehingga belum bisa menjawab dari masalah whatsapp yang sedang anda hadapi, silakan anda kunjungi laman FAQ WhatsApp.
 

Start typing and press Enter to search