-->

10 Kecanggihan Android Oreo Yang Akan Membuat Anda Ingin Memilikinya

- 12/30/2017
10 Kecanggihan Android Oreo - Android oreo adalah OS android terbaru yang konon katanya memiliki banyak kelebihan atau keunggulan atau kecanggihan. Nah, kecanggihan dari android oreo ini menutupi segala kekurangan dari android versi sebelumnya. Misal, pada android sebelumnya memiliki kelemahan dengan adanya baterai yang sangat boros, maka pada android oreo ini hal tersebut sudah diperbaiki.
Selain kecanggihan android oreo yang  mampu menghemat baterai masih banyak lagi keunggulan android oreo yang mungkin belum anda ketahui. Nah seperti apa, keunggulan atau kecanggihan android oreo. Yuk kita bahas bersama dan buktikan apakah android oreo benar-benar sebuah sistem operasi yang layak menyandng julukan OS canggih.


10 Kecanggihan Android Oreo

1. Background Limit - Mampu Menghemat Baterai

fitur-android-oreo-1
Sudah menjadi rahasia umum kalau android memiliki kelemahan pada masalah baterai. Dari android versi pertama sampai dengan android nougat masalah baterai boros ini sepertinya belum mendapatkan penylesaian dari google sebagai pengembang sistem aplikasi android.

Nah, pada android oreo ini google mencoba fokus pada penyelesaian masalah boros baterai pada android. Pemborosan baterai pada androidi diakibatkan karena adanya aktifitas layar belakang yang tidak diketahui oleh pengguna android. Banyak sekali aplikasi-aplikasi yang berjalan di background padahal aplikasi tersebut terkadang sudah tidak diperlukan lagi oleh pengguna namun tetap aktif dan menghabiskan daya bateari bahkan menghabiskan data seluler.
Google mencoba menyelesaikan masalah ini dengan membatasi aktifitas di latar belakang yang mencakup tiga area utama. Yaitu implicit broadcastbackground service, dan location update. Dengan adanya fitur baru ini diharapkan agar android bisa lebih hemat baterai sehingga pengguna tidak perlu lagi khawatir kalau HP androidnya akan cepat mati karena kehabisan daya baterai.

2. Autofill - Memudahkan Anda Logn Pada Akun

fitur-android-oreo-2
Autofill adalah fitur yang berfungsi untuk menyimpan aktifitas login anda pada akun-akun anda di internet. Pada pertama kali anda masuk atau login pada akun, misal akun sosial media seperti facebook, twitter, instagram, atau akun-akun lainnya yang mungkin anda sering melaukan aktifitas di dunia maya dengan menggunakan android, maka android akan menyimpan username dan password.
Dengan cara ini maka ketika anda akan login untuk yang kedua kalinya dan seterusnya tidak perlu lagi memasukan username dan pasword, kolom username dan pasword akan secara otomatis terisis dan anda bisa langsung login dengan klik tombol login atau masuk.

3. Picture in Picture - Bisa Nonton Video Sambil Kerja

fitur-android-oreo-3
Fitur terbaru ini benar-benar canggih. Kita tahu bahwa android adalah OS yang multi tasking, tapi selama ini belum bisa melakukan multi tasking seperi ini. Yaitu, menonton video sambil membuka aplikasi lainnya. Pada android oreo anda bisa menonton video sambil membuka apliaksi lainnya'.

Dengan demikian maka anda bisa lebih produktif, misa anda tetap bisa bekerja membuka apliaksi offie atau aplikasi lainnya tanpa harus menutup video klip yang anda sukai. Hmm.... benar-benar seperti bekerja mengguna laptop atau PC ya....

4. Notification Dots - Titik Pemberitahuan Pada Aplikasi

fitur-android-oreo-4
Kecanggihan android yang satu ini berbeda dengan fitur notifikasi yang sudah ada. Notification dots adalah fitur yang memberikan pembaharuan pada fitur notifikasi sebelumnya. Kalau pada android-android sebelumnya notifikasi hanya ada pada laya pop up, tapi pada android oreo notifikasi juga ada pada setiap aplikasi berupa titip notifikasi.

Anda tidak akan kelewatan setiap pemberitahuan dari semua aplikasi yang ada. Karena jika ada pemberitahuan yang belum dibuka, maka pada aplikasi tersebut akan ada tanda titik pemberitahuan atau notification dots.

5. Android Instant Apps - Coba Aplikasi Tanpa Download

fitur-android-oreo-5
Wow, ini super keren. Pengguna android oreo bisa mencoba aplikasi tanpa mendownload atau menginstalnya. Cukup anda mencobanya dari playstore langsung. Nah dengan fitur ini maka anda bisa mencoba berbagai macam aplikasi tanpa harus takut kehabisan ruang penyimpanan. Baru ketika anda menemukan yang cocok, silakan instal atau download. 

6. Tombol Accessibility - Segalanya Bakal Lebih Mudah

fitur-android-oreo-8
Memungkinkan anda mengakses dengan cepat dari fitur aksesibilitas pada panel navigasi, seperti pembesaran, dan fungsi dalam layanan aksesibilitas, seperti Select to Speak.

7. Dukungan Codec Audio Bluetooth High-quality

fitur-android-oreo-10
Ya, ini mungkin masuk kategori tekonolig HP android zaman now kali ya, hehehe.....
Secara perlahan, HP pintar atau smartphone akan meninggalkan jack audio, sebagai penggantinya menggunakan headphone nirkabel dengan menggunakan teknologi bloetooth.
Ya, Android Oreo kini mendukung APTX sekelas dengan codec LDAC milik Sony, protokol streaming yang eksklusif dimiliki CSR dan kini dimiliki oleh Qualcomm. Dukungan codec audio ini memungkinkan anda mendengarkan musik lewat perangkat Bluetooth dengan kualitas tinggi (high-bitrate). Telinga bakal semakin dimanja nih.

8. Dukungan Neighborhood Aware Networking

Ini adalah fitur Android Oreo baru berkaitan dengan teknologi WiFi nih yakni Neighborhood Aware Networking(NAN). Dengan ini memungkinkan perangkat menemukan satu sama lain dan berkomunikasi melalui WiFi tanpa perlu access point.
Dua smartphone yang mendukung teknologi NAN bisa menemukan satu sama lain dan terhubung tanpa aplikasi tambahan atau konfigurasi. Di mana memungkinkan mereka untuk berbagi data dengan kecepatan tinggi. Neighborhood Aware Networking (NAN) didasarkan pada standar WiFi Alliance WiFi Aware.

9. Dukungan Profil Wide Color Gamut di Aplikasi

fitur-android-oreo-12
Fitur terbaru dari android oreo ini akan membantu para fotografi professional dalam menentukan warna. Selama ini, warna yang muncul pada smartphone belum tentu benar-benar akurat. Artinya warna yang terlihat belum tentu sesuai dengan aslinya jika sebuah image di cetak. Nah dalam dunia fotografi profesional, mereproduksi warna adalah hal yang sangat penting.
Google memberikan penawaran baru melalui android oreo, sebuah cara baru yang disebut cara native untuk pengembang dalam menentukan cara untuk menampilkan aplikasi mereka di mode wide color gamut. Profil tersebut meliputi AdobeRGB, Pro Photo RGB, dan DCI-P3, yang merupakan standar umum dalam aplikasi pencitraan, editing, dan video profesional.
Tentu saja, layar smartphone juga harus benar-benar mendukung secara fisik untuk menampilkan profil tersebut. Agar mampu menampilkan warna yang diperlukan untuk video profil HDR seperti HDR-10 dan Dolby Vision. Singkatnya ini adalah hal yang baik, walaupun mungkin anda tidak pernah menyadarinya.

10. Snooze atau Menunda Notifikasi Aplikasi

fitur-android-oreo-13
Selama ini anda mungkin hanya bisa menunda alarm, tapi pada android oreo anda bisa menunda notifikasi atau pemberitahuan aplikasi. Anda dapat menunda selama 15 menit, 30 menit, atau satu jam.

Nah itulah 10 kecanggihan android oreo yang akan membuat anda ingin memilikinya. Jika HP android anda sudah mendukung OS android oreo, silakan anda upgrade saja android anda, namun jika belum mendukung ya mungkin harus beli HP baru.

Hups.... tenang aja, bagi anda yang belum memiliki budget cukup untuk ganti HP baru tapi ingin merasakan sensasi android oreo, silakan anda gunakan saja launcher android oreo. Lumayan, tampilan anda akan seperti android oreo dan launcher ini juga memiliki beberapa fitur canggih seperti android oreo. Untuk menginstal launcher oreo, silakan klik di sini.
 

Start typing and press Enter to search