6 Tips Ampuh Untuk Menghemat Paket Data Internet di Smartphone

6 Tips Ampuh Untuk Menghemat Paket Data Internet di Smartphone | Smartphone tidak akan lepas dari paket data internet. Kegiatan mengakses internet dengan menggunakan perangkat mobile seperti smartphone android maupun iOS semakin meningkat. Mengakses internet dengan perangkat mobile lebih mudah dan praktis, itulah alasan utama mengapa pengguna internet lebih suka menggunakan smartphone sebagai medianya.

Namun, dibalik kemudahan dan kepraktisannya banyak sekali celah yang bisa merugikan pengguna smartphone. Salah satunya adalah pencurian data pribadi yang sudah saya bahas pada artikel sebelumnya yang berjudul cara melindungi smartphone dari pencurian data.

Selain rentan dengan pencurian data, juga bisa terjadi pemborosan pada data internet atau kuota internet. Kecuali kalau anda menggunakan paket data internet unlimited, maka anda tidak perlu memperhitungkan berapa data yang sudah anda gunakan. Tapi kalau anda menggunakan paket data dengan kuota, maka anda harus memperhitungkan segala langkah untuk menghemat paket data internet anda.

6 tips ampuh untuk menghemat paket data internet ini merupakan langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk menghemat paket data internet di smartphone milik anda. Perlu anda ketahui bahwa smartphone sering menghabiskan kuota internet anda tanpa anda ketahui dan tanpa anda sadari.

Nah untuk mencegah pemborosan data internet tanpa anda sadari, silakan anda praktikkan 6 langkah untuk menghemat data internt di bawah ini.

Baca Juga : Hindari Kebiasaan Untuk Menghemat Kuota Internet

cara menghemat paket data internet

6 Langkah Untuk Menghemat Paket Data Internet


1. Aktifkan data saver pada browser Chrome

Jika anda menggunakan browser chrome silakan anda aktifkan data saver. Fitur ini berfungsi untuk menghemat data internet dengan cara melakukan kompresi data terlebih dahulu sebelum tampil dihalaman browser. Kemampuan semacam ini juga dimiliki oleh beberapa browser yang memang secara khusus didesain untuk melakukan penghematan data, misal brower Opera Max. Nah untuk mengaktifkan fitur data saver di chorome silakan anda buka Chrome, lalu pergi ke menu Settings > data saver.


2. Kurangi kualitas streaming

Anda mungkin sering menikmati streaming musik dan video di Spotify dan Netflix. Hal ini memang asyik sekali, tapi menikmati streaming musik dan video sangat menguras paket data internet. Untuk menghemat paket data internet anda, silakan turunkan kualitas musik dan video anda sehingga ukuran data yang diunduh lebih kecil.

3. Hapus aplikasi Facebook atau aplikasi sejenisnya

Mengapa aplikasi facebook harus dihapus? Bukankah aplikasi ini merupakan aplikasi favorit para pengguna smartphone. Ya, aplikasi facebook, twitter, line dan aplikasi sosial media lainnya memang membuat pengguna smartphone tidak akan ketinggalan berita terbaru dari sosial media. Aplikasi sosial media seperti facebook akan memberikan notifikasi atau pemberitahuan setiap ada beita terbaru di sosial meida. Tapi tahukan anda bahwa aplikasi-aplikasi ini sangat menguras daya baterai dan juga menguras paket data internt.

Ada baiknya kalau anda pengguna facebook dan twitter gunakan saja facebook dan twitter versi mobile yang bisa diakses melalui browser choreme yang sudah diaktifkan fitur data savernya. Tapi jika anda keberatan untuk menghapus aplikasi kesayangan anda ini, silakan matikan saja jika sudah tidak diperlukan, tapi resikonya anda tidak bisa mengikuti informasi dari sosial media secara up to date.

4. Matikan sinkronisasi yang tidak penting

Google menyediakan aneka macam layanan yang tersinkronisasi secara otomatis dengan ponsel Android pengguna begitu melakukan login ke akun Google.
Tak semua layanan ini dipakai oleh pengguna. Karena itu, opsi sinkronisasi untuk layanan yang tidak digunakan sebaiknya dimatikan saja.
Opsi mematikan sinkronisasi untuk fitur yang tidak dipakai juga bisa diterapkan ke akun-akun lain di luar Google.

5. Restrict background data
Ponsel Android memiliki fitur untuk membatasi pemakaian background oleh aplikasi, yakni Restrict Background Data yang terletak dalam menu Settings > Data Usage.
Saat Restrict Background Data diaktifkan, kebanyakan aplikasi hanya akan memakai koneksi data ketika pengguna sedang memakai ponsel (perangkat tidak sedang di-lock) dan terhubung ke Wi-Fi.

6. Simpan musik dan video secara offline
Silakan anda unduh dan simpan musik ataupun video favorit anda. Hal ini bisa dilakukan pada layanan-layanan streaming seperti Spotify, netflix dan yotube. Dengan menyimpan musik dan video secara ofline atau mendownloadnya maka ketika anda ingin memutarnya kembali tidak perlu terkoneksi dengan internet lagi.


Nah itulah 6 tips ampuh untuk menghemat paket data internet di smartphone yang bisa anda lakukan. Kontrol terus penggunakan paket data internet anda melalui statistik pengguna data internet yang anda miliki. Dengan menerapkan 6 tips di atas, maka kuota internet anda akan lebih bisa bertahan lama.