-->

Hindari 5 Kebiasaan Ini Untuk Menghemat Kuota Internet Anda

- 4/16/2016
Hindari 5 Kebiasaan Ini Untuk Menghemat Kuota Internet Anda | Cerdas dan cermat dalam menggunakan internet. Mungkin inilah yang harus dilakukan bagi anda yang menggunakan internet dengan kuota. Karena jika tidak cerdas dan cerma bisa-bisa kuota internet bisa habis dalam waktu singkat.

Untuk menghemat kuota internet, anda harus tahu apa saja yang paling banyak menyedot kuota internet. Maka setelah tahu, silakan minimalisir menggunakan internet untuk mengaksesnya. Bagi anda smartphone, ada beberapa hal yang bisa menyedot kuota internet dengan cepat, baik itu aplikasi maupun situs-situs internet.

Selama ini mungkin  anda berpikir bahwa kalau tidak mendownload (mengambil file dari internet) maka itu tidak akan menghabiskan kuota. Perlu anda ketahui bahwa download sebenarnya bukan hanya mengambil/menyimpan file dari internet ke komputer atau smartphone, tapi ketika anda mengakses sebuah halaman situs, mendengarkan radio online, nonton tv online dan streaming video itu juga sudah dikatan mendownload. Kalau tidak percaya silakan anda lihat statistik penggunaan internet anda.

Ada beberapa kebiasaan yang tanpa anda sadari ternyata sudah menyedot kuota internet sangat besar. Untuk itu kebiasaan ini perlu anda hindari atau minimalisir.

Baca Juga : Cara Mengatasi Smartphone Yang Lemot dan Boros Baterai

Tips Menghemat Kuota Internet

1. Hindari Streaming Musik dan Video Berlebihan

Seperti sudah saya sebutkan di atas, bahwa kegiatan streaming musik dan video bisa menghabiskan kuota internet dengan cepat. Meskipun anda tidak mendownload (menyimpan) tapi tetap saja ketika anda mendengarkan atau menonton sebuah video itu artinya anda sudah mendownload musik dan video. Padahal musik dan video memiliki ukuran besar. Untuk sebuah lagu dengan durasi 5 menit rata-rata memiliki ukuran 3-4 mb, sedangakan sebuah video dengan durasi 5 menit dengan format MP4 resolusi 352 x 240 rata-rata berukuran 24 - 30 mb. Nah silakan anda hitung berapa kali anda mendengarkan atau menonton streaming audio dan video. Untuk itu hindari streaming musik dan video secara berlebihan.

2. Hindari Auto Update

Auto update adalah fitur dari sebuah sistem aperasi dan aplikasi yang bisa memperbaharuai diri sendiri secara otomatis ketika terhubung ke internet. Sistem operasi dan aplikasi yang fitur auto updatenya aktif maka akan selalu mengikut setiap perubahan terbaru dari pengembang. Nah, secara diam-diam atau tidak diketahui maka ini sudah menyedot kuota internet anda karena sistem operasi dan aplikasi ini mendownload dan menginstal pembaruan tanpa anda ketahui.

3. Hindari Penggunaan Aplikasi Social Media Non Stop

Ada banyak sekali sosial media, bahkan mungkin anda menggunakan semua sosial media yang ada seperti Instagram, Facebook, Path, Tinder, BBM dan Twitter. Kemudian anda tidak pernah mematikan aplikasi ini dan tidak pernah mematikan koneksi internet anda. Alasannya, anda tidak ingin ketinggalan info terbaru dari aplikasi-aplikasi sosial media tersebut.

Nah ini bisa menyedot kuota internet anda secara terus menerus. Mungkin ukurannya tidak sebanyak dengan kegiatan streaming musik dan video, tapi karena digunakan secara non stop maka kuota internet anda juga bisa habis hanya untuk penggunaan aplikasi sosial media.

4. Hindari Video Call Berlebihan

Tidak jauh berbeda dengan sosial media, melakukan video call melalui LINE atau Skype, juga bisa mempercepat habisnya kuota. Jadi lakukan panggilan suara saja, bisa melalui BBM ataupun WhatsApp. Lakukan video call pada waktu yang tertentu saja, jika kuota internet anda terbatas.

5. Hindari Bermain Game Online Berlebihan

Semakin banyak game Android yang mengharuskan kamu online untuk memainkannya, sebut saja Clash of Clans, Clash Royale, dan game online lainnya makan semakin boros kuota internet anda. Yang membuat semakin boros kuota adalah ketika game melakukan update data otomatis di dalam aplikasi. Maka hindari bermain game online secara berlebihan dan pilihlah game online yang hemat kuota internet.

Nah sudah tahu kan, mengapa kuota internet anda cepat habis. Selama ini mungkin anda mencurigai operator selular bermain-main dengan kuota internet yang dijual, padahal itu adalah karena kesalahan anda sendiri. Hehehe.....
 

Start typing and press Enter to search