-->

5 Cara Meningkatkan Kecepatan Internet Wifi dan Modem

- 5/03/2016
5 Cara Meningkatkan Kecepatan Internet Wifi dan Modem | Meningkatkan koneksi internet yang cepat pada android sangat diminati oleh para pengguna internet. Tak heran, karena memang sekarang ini perangkat mobile lebih banyak digunakan untuk mengakses internet, maka kecepatan koneksi intenret mutlak dibutuhkan. Sangat menjengkelkan ketika mendapati koneksi internet yang lambat atau tiba-tiba menjadi sangat lambat.

Untuk meningkatkan kecepatan internet pada android ada banyak cara yang bisa dilakukan. Salah atunya adalah dengan menggunakan software untuk mempercepat koneksi internet. Wah kalau dengan kecepatan internet segitu mah sudah pasti internetnya cepat. Siapa bilang, adakalanya bandwidth internet mendadak down secara drastis. Hal tersebut biasanya disebabkan karena perangkat modem yang mengalami over heat, berbagai koneksi yang berlebihan, perangkat yang digunakan untuk mengakses internet mengalami masalah dan masih banyak lagi.

Dari sekian banyak masalah yang menyebabkan koneksi internet menjadi lambat, maka diambil kesimpulan bahwa ada 5 cara mempercepat koneksi internet. Yaitu :

Baca Juga : Cara Ampuh Meningkatkan Kekuatan Sinyal WiFi

Reset Modem

Tips Mempercepat Koneksi Internet

Reset modem ke pengaturan default perlu dilakukan agar koneksi internet kembali berjalan normal. Untuk melakukan reset modem, ada kalanya juga harus dengan cara mencabut modem dari laptop atau komputer (yang menggunakan modem USB) atau mematikan sementara dan menghidupkannya kembali (bagi yang menggunakan modem external denga kabel telepon atau WiFi).

Beri Pendingin Pada Modem

Koneksi internet lambat juga bisa disebabkan karena modem mengalami over heat (panas berlebih). Untuk mengatasi masalah ini tidak lain harus menggunakan cooler (pendingin). Bagi anda yang menggunakan modem seperti TP LINK maka bisa menggunakan kipas pendiingn processor atau membeli kipas pendigin laptop kemudian letakan modem di atas kipas pendingin laptop tersebut.

Tips Mempercepat Koneksi Internet

Kalau anda menggunakan modem USB anda bisa membeli pendingin khusus untuk modem USB atau mengkreasi sendiri dengan berbagai alat yang diduga mampu menurunkan panas pada perangkat elektronik.

Matikan Koneksi Perangkat Yang Nanggur

Tips Mempercepat Koneksi Internet

Jika anda menggunakan koneksi internet yang dibagikan (misal WiFi), semakin banyak perangkat yang mengakses internet melalui WiFi tersebut, maka semakin banyak bandwidth yang dibutuhkan. Hasilnya, bandwidth yang didapat masing-masing perangkat akan semakin kecil dan koneksi internet semakin lambat. Nah, dalam sebuah jaringan WiFi adakalanya perangkat seperti smartphone dan laptop masih terkoneksi dengan WiFi padahal sudah tidak digunakan lagi. Ada baiknya matikan perangkat tersebut untuk menghindari penggunaan bandwidth auto update, cloud data dan aplikasi-aplikasi smartphone yang terus tersambung dengan internet.

Baca Juga : Cara Internetan Gratis Pake Android

Hapus Data Cache

Jangan anggap remes data cache. Meskipun disisi lain memiliki manfaat untuk  mempercepat laman yang pernah dikunjungi, tapi data tersebut bisa mengganggu kinerja perangkat anda (laptop, komputer dan smartphone atau perangkat lain). Ukuran dari data cache memang kecil, tapi bisa mengganggu kinerja perangkat komputasi anda. Silakan lakukan defragmantasi atau hapus data cache pada setiap aplikasi smartphone anda yang terkoneksi dengan internet.

Gunakan Browser Penghemat Kuota

Ada beberapa browser internet yang memiliki kemampuan mengakses internet lebih cepat dibanding browser lainnya. Hal ini karena aplikasi tersebut mengkonversi terlebih dahulu data yang diunduh ke dalam ukuran yang lebih kecil sehingga proses load data lebih cepat. Salah satu aplikasi yang memiliki kemampuan mengakses data lebih cepat adalah Opera Max. Silakan anda baca pembahasa tentang opera max di sini.

Nah itulah 5 cara meningkatkan kecepatan internet wifi dan modem yang bisa anda terapkan pada perangkat anda. Misal komputer, laptop dan smartphone yang biasa anda gunakan untuk mengakses internet. Perhatikan juga jenis modem yang anda gunakan. Semoga tips ini membantu anda.
 

Start typing and press Enter to search