-->

Waspadai Pencurian Data Penting Dari Ponsel Anda, Jangang Asal Instal Aplikasi

- 5/07/2016
Waspadai Pencurian Data Penting Dari Ponsel Anda, Jangang Asal Instal Aplikasi | Ponsel smartphone saat ini tidak hanya sebatas alat komunikasi tulis (SMS) dan suara (telepon), tapi sudah berkembang menjadi sebuah alat dengan multi fungsi. Salah satunya, di era e-comerce ini smartphone juga menjadi alat transaksi online yang sangat diandalkan. Hal ini karena smartphone bisa dibawa dan digunakan dimana saja tanpa merepotkan. Lain halnya ketika membawa laptop apalgi PC dekstop.

Namun, dari kemudahan yang diberikan oleh smartphone ternyata ada ancaman yang sangat serius. Salah satu ancaman yang sangat perlu diwaspadai adalah pencurian data-data peribadi yang sangat penting bahkan sangat vital. Misal, pencurian data rekening bank, PIN kartu kredit, username dan pasword serta data-data vital lainnya.

Misal anda terbiasa melakukan transasi e-banking dengan smartphone, maka ini sangat riskan terhadap pencurian data username dan pasword e-banking anda. Bagaimana pencurian data tersebut bisa terjadi?

Pencurian data bisa terjadi melalui aplikasi yang anda instal di smartphone anda. Misal aplikasi game, aplikasi chat, aplikasi launcher dan aplikasi-aplikasi lainnyan terinfeksi spyware. Untuk itu sangat perlu berhati-hari dalam mengisntal aplikasi di smartphone. Ada baiknya anda baca terlebih dahulu setiap petunjuk atau notifikasi yang ada pada saat anda menginstal aplikasi di smartphone.

Sebagai contoh, berikut saya berikan hasil jepretan terhadap instalasi launcher yang didalamnya ada fitur super engine, saat saya akan mengaktifkan maka muncul notifikasi seperti ini.

Nah ini adalah salah satu contoh saja. Mungkin masih banyak aplikasi lain yang terinfeksi spyware dan siap mencuri data dari smartphone anda. Menurut kabar yang beredar di dunia maya, bahwa di google play store ada banyak aplikasi yang disisipi malware yang siap melakukan tindakan-tindakan cyber crime.

Nah itulah informasi tentang pencurian data dari smartphone yang perlu anda waspadai. Jangan asal instal aplikasi. Pastikan anda menginstal aplikasi dari pengembang terpercaya.
 

Start typing and press Enter to search