-->

7 Tips Android Yang Membuat Android Jadi Lebih Canggih

- 12/13/2018
7 Tips Android Yang Membuat Android Jadi Lebih Canggih | Kecanggihan android diakui oleh banyak orang. Bahkan, HP android sudah bisa menggantikan beberapa fungsi PC atau laptop.Tidak hanya menggantikan fungsi PC, kemudahan mobilitas juga menjadikan orang berbondong-bondong menggunakan android.

Bagi para pengguna awam, mereka biasanya menggunakan HP android apa adanya. Tidak pernah melakukan pengaturan atau settingan yang akan membuat HP android menjadi lebih hebat, lebih unik, dan lebih canggih dibading HP android temannya. Tapi bagai mereka para pengguna tingkat advance, mereka akan sangat antusias untuk merubah-rubah pengaturan HP android, bahkan bisa melakukan rooting karena ingin mendapatkan sesuatu yang lebih canggih.

Tips HP android agar android lebih canggih, perlu diketahui oleh para pengguna HP android. Ada banyak sekali tips trik yang mungkin saat ini belum diketahui, padahal tips trik tersebut sangat penting utnuk diketahui. Nah, karena itu, maka anda wajib tahu nih tips dan trik HP android.

Dari sekian banyak tips HP android, sengaja saya hanya share 7 saja. Tapi, 7 tips HP android ini merupakan tips yang sangat penting. Karena begitu pentingnya, anda sangat saya sarankan untuk membookmark halaman ini atau mungkin menyimpannya pada memori anda.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Pulsa Gratis 3 Lewat Web Tanpa Aplikasi



1. Perlakukan HP Android Seperti Komputer atau Laptop
Seperti yang sudah dibahas di atas, bahwa HP android sudah selayaknya miniatur PC atau laptop. Semua tugas PC atau laptop, bisa dikerjakan menggunakan HP android. Untuk itu, dalam hal perawatan juga harus diperlakukan selayaknya PC.

Anda harus sering membersihkan memori dari file-file sampah, memasang anti virus, memasang aplikasi ccleaner. Kosongkan memori dari data dan aplikasi yang tidak penting. Silakan anda seleksi apliaksi yang tidak penting dan uninstal. Begitu juga dengan data atau file yang tersimpan, silakan hapus yang tidak dibutuhkan.

Dengan melakukan perawatan secara teratur, maka kinerja HP android akan selalu terjaga dalam kondisi prima.

2. Modifikasi HP Android Sesuai Kebutuhan
Inilah keunggulan yang dimiliki oleh OS android. Pengguna bisa melakukan modifikasi secara bebas pada HP yang dimiliki. Misal anda bisa menambahkan widget baik pada homescreen maupun lockscreen.

Widget-widget penting seperti email, WA, SMS dan lainnya bisa dipasang baik pada homescreen maupun lockscreen. Dengan memasang widget tersebut, maka anda bisa membaca pesan email, chat WA maupun pesan SMS tanpa harus membuka aplikasi terlebih dahulu.

Baca Juga :Cara Tahu Yang Melihat Profil WA, Lihat Siapa Yang Diam-Diam Suka


3. Menaruh Alamat di Lockscreen
Menaruh alamat pada lockscreen bisa menjadi penting. Apalagi sekarang ini marak sekali pencurian HP android. Menaruh alamat pada lockscreen sangat membantu ketika HP hilang dan ditemukan oleh orang baik hati yang ingin mengembalikan HP android anda.

Hanya dengan melihat lockscreen orang yang menemukan HP anda akan langsung tahu harus kemana mengembalikan HP android yang ditemukannya. Caranya memasang alamat pada lockscreen denga cara masuk ke menu Settings > Security > Screen security> Owner info. Di sini ada boks kecil tempat Anda bisa mengetik informasi alamat untuk ditampilkan di lockscreen.

Ingin melacak posisi ponsel? Anda bisa melakukannya lewat “Googling”. Cukup ketik kata kunci “Find my phone” di peramban, dan Google Search akan menampilkan poisisi ponsel Anda lewat tampilan Google Maps. Jika diperlukan, Anda juga bisa membunyikan ringtone ponsel atau melakukan remote wipe lewat fasilitas “Find my phone” tadi. Ini berguna untuk mencegah agar jangan sampai data penting pada ponsel jatuh ke tangan orang yang tak bertanggung jawab,

4. Lindungi Data Anda Dengan Mengaktifkan Enkripsi
Enkripsi adalah pengamanan data tingkat tinggi. Pengamanan data dengan enkripsi sangat dianjurkan untuk anda pemilik HP android yang didalamnya banyak menyimpan data-data rahasia. Dengan mengaktifkan enkripsi, maka HP android akan selalu minta PIN ketika anda menghidupkan HP android.

Namun, untuk megaktifkan enkripsi, membutuhkan waktu yang lama. Jika anda berniat ingin mengaktifkan enkripsi data pada HP android anda, silakan buka menu Settings > Security > Encryption, dan pilih “Encrypt phone”. Informasi yang terenkripsi juga lebih lamban diakses.

5. Gunakan "OK Google" Untuk Mempermudah Searching
OK google sangat membantu anda yang ingin melakukan googling atau searching tanpa harus mengetik manual. Cukup ucapkan apa yang anda cari, maka google akan merespon suara anda dan menampilan hasil pencarian.

Baca Juga :Cara Mengatasi Gagal Kirim SMS (Pesan Gagal Terkirim)


Caranya juga sangat mudah, silakan tap dan tahan tombol, maka akan muncul lingkaran dengan tulisan OK google, silakan ucapkan kata kunci yang ingin anda cari. HP android akan langsung menampilkan hasil pencarian dari apa yang anda ucapkan.

6. Gunakan Developer Option
Ini adalah satu easter egg yang menarik pada ponsel Android. Dengan fitur “rahasia” berupa developer options, Anda bisa mengakses sejumlah opsi pengaturan tingkat lanjut, seperti jeda waktu animasi dan USB debugging. Cara mengaktifkan developer options cukup unik. Anda harus membuka menu “about phone” di dalam layar settings. Lalu, ketuk bagian “build number” (berisi nomer versi sistem operasi) sebanyak tujuh kali. Sebuah pemberitahuan berbunyi “You’re now a developer!” kemudian akan muncul dan Anda bisa mengakses developer options dari dalam menu settings.

7. Menaruh Widget di Lock Screen
Widget yang menampilkan berbagai macam informasi berguna bukan hanya bisa ditaruh di homescreen alias layar utama Android, melainkan juga lockscreen ketika layar dalam keadaan terkunci.

Untuk mengaktifkan fitur ini, bukalah menu Settings > Security lalu pilih “Enable widgets”. Lalu pergilah ke lockscreen dan sapukan jari ke kiri. Di sini akan muncul tanda “+” berukuran besar yang bisa dipakai untuk menambah aneka widget di layar lockscreen, mulai dari e-mail, Google Now, hingga informasi cuaca dan notifikasi pesan.

Demikianlah ulasan 7 tips android yang membuat HP android lebih canggih, tips-tips ini sangat penting bagi anda. Silakan simpan dan share artikel ini kepada orang terdekat anda. Dengan tips-tips di atas, maka penggunakan HP android akan lebih maksimal dalam mendapatkan manfaatnya.

 

Start typing and press Enter to search