-->

Cara Upgrade Android ke Nougat dan Versi Diatasnya

- 7/31/2019
Cara Upgrade Android ke Nougat dan Versi Diatasnya - Android versi Nougat memang memiliki keunggulan tersendiri dibanding pendahulunya, seperti android marsmellow apalagi versi sebelum marsmellow. Keunggulan yang paling mencolok dari android nougat adalah kemampuannya dalam melakukan optimasi baterai sehingga baterai tidak boros. Kalau di android marsmellow anda merasakan baterai yang sangat boros maka pada android nougat anda tidak akan merasakan hal tersebut.

Melihat dari keunggulan nougat ini, maka banyak pengguna HP android yang OS androidnya masih di bawah nougat ingin mengupgrade menjadi nougat. Namun amat sangat disayangkan, ternyata untuk melakukan upgrade android tidak semua HP android bisa melakukannya dengan mudah. Banyak sekali cara upgrade android menjadi nougat yang ditawarkan.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Oppo F3 Plus Bootloop, Aplikasi Berhenti, Lemot dan Hang

Setidaknya ada 3 cara upgrade android ke nougat yang biasa saya temukan ketika melakukan googling. Yaitu melaui metode OTA, flashing dengan bantuan komputer atau laptop, dan flashing tanpa bantuan komputer. Dari 3 opsi cara upgrade android tentu yang paling mudah adalah metode OTA, namun sayang tidak semua HP android memiliki fitur untuk melakukan upgrade dengan metode OTA.

Kabar baik bagi anda yang ingin mengupgrade android secara otomatis, meskipun HP android anda tidak memiliki fitur upgrade sistem dengan metode OTA anda tetap bisa mengupgrade android secara otomatis. Anda tidak perlu melakukan rooting, tidak perlu download android nougat image dan tool-tool lainnya yang akan membingungkan anda.

Cara upgrade android menggunakan OTA

Untuk mengupgrade android menggunakan OTA, HP anda harus terkoneksi ke internet menggunakan WiFi. Karena data yang akan didownload cukup besar sehingga membutuhkan koneksi internet yang lebih stabil. Caranya :
1. Silakan masuk ke menu Pengaturan/ Setting, biasanya dengan icon gerigi
2. Tarik ke bawah dan klik menu Tentang Ponsel/ Aboug Phone
3. Lalu Klik update. Pada contoh gambar dibawah ini, menu tersebut terletak di bagian atas. Lalu terdapat tulisan “Software Update/Pembaruan Perangkat Lunak” atau “System Firmware Update
4. Selanjutnya check for update/ periksa pembaruan. Jika update tersedia, maka akan muncul tombol Instal Now, silakan langsung klik aja.

Baca Juga :  Penyebab dan Cara Memperbaiki Launcher Telah Berhenti Pada Oppo A37

Cara upgrade android ke versi diatasnya juga bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Salah satu aplikasi untuk upgrade android ke nougat adalah aplikasi uptadate to android 7.1.1
Cukup download satu aplikasi, anda sudah bisa melakukan upgrade android menjadi nougat.

Syarat cara upgrade android ke nougat, android anda saat ini adalah versi marsmellow, jika andorid anda masih dibawah marsmellow silakan upgarade dulu menjadi marsmellow. Namun tentu dengan memperhatikan kompatibilitas hardware anda terhadap sistem operasi android naougat. Jika sudah memungkinkan, silakan anda download aplikasi Update to Android 7.1.1 via google play atau klik di sini.

Cara Upgrade Android Marsmellow ke Nougat

Setelah anda berhasil mengunduh atau menginstal aplikasi update to android 7.1.1 silakan buka atau jalankan aplikasi tersebut. Kemudian pilih bahasa yang anda fahami. Ada 3 pilihan bahasa, yaitu Arab, English dan Pracis. Kalau saya sih pilih yang english aja karena bahasa ini yang paling mudah saya fahami meskipun tidak pintar bahasa inggris. hehe....

cara mengupgrade marsmellow ke nougat
cara mengupgrade marsmellow ke nougat

Selanjutnya anda tingga klik aja tombol Next, ada tiga tahapan yang harus anda lewati dengan klik Next.
cara upgrade android nougat
cara upgrade android nougat

Pada tahap berikutnya, anda diminta untuk memilih apa tema yang akan anda instal, apakah anda akan menginstal Gboard dan additional tool. Saran saya sih, untuk mempercepat proses instalsi sebaiknya anda jangan sertakan Gboard dan additional tool.

Setelah memilih yang sesuai dengan keingingan anda, selanjutnya klik Next.

Selanjutnya, anda akan memasuki proses downloading android OS version 7.1.1. Proses ini akan memakan waktu cukup lama, karena aplikasi akan mengunduh android nougat dan menginstallnya ke dalam HP android anda.
download android nougat otomatis
download android nougat otomatis

Untuk menjamin kelancaran upgrade anroid ke nougat pastikan baerai HP android dalam keadaan full dan koneksi internet anda lancar. Pastikan juga memori penyimpanan internal anda mencukupi untuk menginstal android nougat.

Baca Juga :  Cara Ngecas HP Smartphone Agar Baterai Awet dan Tidak Cepat Rusak

Update terbaru cara upgrade android ke nougat

Wah, kayaknya aplikasi yang dimaksud sudah tidak tersedia deh di google play. Entah mengapa, padahal dulu bulan Juni 2018 aplikasi ini masih tersedia. Tapi setelah satu tahun tidak cek, ternyata aplikasi ini sudah tidak tersedia lagi.

Oke, untuk tetap bisa memuaskan anda yang ingin menikmati android nougat. Silakan, anda gunakan saja N Launcher Nougat 7.0 . Dengan menggunakan aplikasi ini, anda sudah bisa menikmati tampilan nougat, tapi tentu saja fitur-fitur nougat secara keseluruahan tidak bisa anda nikmati. Hehe...

Oh ya, sebelum anda upagrade android ke nougat sebaiknya anda backup terlebih dahuu data-data anda. Karena dengan melalkukan upgrade, sistem akan membersihkan semua data yang tersimpan yang ada dalama penyimpanan internal anda. Jadi kalau anda menyimpan foto, video, kontak atau data lainnya pada memori internal silakan backup dulu.
 

Start typing and press Enter to search