-->

Dimana Video Ofline Youtube Disimpan? Mau Tahu, Baca Pembahasan Lengkap Ini

- 11/23/2017
Dimana Video Ofline Youtube Disimpan? Bagi para pengguna youtube yang biasa menyimpan video youtube ke mode ofline tentu bertanya-tanya dimana youtube menyimpan video ofline tersebut. Saya juga demikian. Pertanyaan seperti ini sangat wajar, karena secara logika jika sebuah file baik itu video maupun audio bisa diputar secara ofline, itu artinya file tersebut tersimpat di storage lokal (memori HP). Karena jika harus memutar dari video yang tersimpan di sebuah server web maka mau tidak mau harus diputar secara online.

Nah sekarang dimana youtube menyimpan video ofline tersebut? Mari kita jelajahi, pasti ada dan pasti ketemu. Seperti biasa, untuk mencari sebuah file di HP android pastinya kita harus masuk ke File Manager/ Jelajah File/ File Explorer atau apalah namanya, hehehe....

Baca Juga : Cara Menghemat Kuota Internet

Cara Mencari Video Ofline Youtube

Seperti biasa, pada umumnya pengguna android menggunakan 2 memori (memori internal dan eksternal), silakan tentukan target pencarian. Kalau anda menyimpan data di memori external silakan pilih memory external kemudian klik (tap) Android.
dimana video ofline youtube disimpan

Lanjut dengan tap pada data

Lanjut, dalam deretan folder seperti tampak pada screen shoot berikut ini silakan tap pada folder com.google android.youtube
dimana video ofline youtube disimpan

Lanjut dengan klik (tap) pada folder Files

Nah, sekarang ada tanda-tanda nih kalau video ofline youtube anda temukan, yaitu dengan ditemukan folder ofline, silakan anda tap pada folder tersebut

Nih ada lagi 1 folder dengan nama yang tidak jelas (gak bisa dibaca), silakan jangan ragu klik aja folder tersebut.

Masih ada 1 folder lagi yang harus anda lalui nih, silakan klik folder streams

Setelah anda klik pada folder gak jelas tersebut, maka anda akan mendapati banyak file seperti di bawah ini. (Eit banyak tidaknya tergantung seberapa banyak anda menyimpan video ofline)
dimana video ofline youtube disimpan
dimana video ofline youtube disimpan

Nah lho, kok filenya berextension EXO, bukanya kalau video youtube biasanya berekstensi MP4. Nah ini masalahnya, rupanya youtube sengaja menyembunyikan video oflinenya dalam bentuk file EXO sehingga tidak bisa diputar kecuali dengan menggunakan aplikasi youtube. Lalu bagaimana caranya agar file ini bisa dipindah ke semabrang folder dan tetap bisa diputar.

Baca Juga : Mau Internet Super Cepat, Ubah DNS Anda ke DNS Google

Cara Memutar File EXO

Untuk bisa memainkan video youtube ofline EXO tersebut ada dua cara yang bisa anda tempu :
1. Menggunakan bantuan alikasi converter
2. Menggunakan EXO player

Jika anda ingin mengkoversi file EXO menjadi MP4 atau file video lainnya, anda bisa mencoba All File Converter. Kalau anda mencer file exo coverter mungkin tidak akan menemukannya, karena saya yakin google sengaja menyembunyikan video ofline ini dan tidak mungkin juga google menyediakan aplikasi untuk mengconversi file EXO di play store.

Nah, untuk lebih mudahnya saya sarankan untuk menggunakan bantuan aplikasi EXO Player. Kalau aplikasi ini saya lihat ada tuh di play store, untuk mendapatkan EXO player silakan klik di sini.
 

Start typing and press Enter to search