-->

Penyebab Android Lemot dan Cara Ampuh Mengatasinya

- 11/10/2016
Penyebab Android Lemot dan Cara Ampuh Mengatasinya | HP android anda lemot kaya keong, huh sangat menjengkelkan. Buka facebook harus menunggu lama, buka line harus bersabar, buka BBM gak mau langsung loading bahkan buka SMS saja harus nunggu. Huh.... HP androis lemot seperti ini memang menjengkelkan dan bisa bikin stres. Masalah HP android lemot ternyata tidak hanya terjadi pada anda saja, ada banyak orang mengalami masalah yang sama. Lalu kira-kira apa penyebab android lemot yang super menjengkelkan ini? Apa ada solusinya?

Pertanyaan-pertanyaan semacam itulah yang saat ini ada di benak anda sehingga anda akhirnya mengambil keputusan searching penyebab android lemot dan cara mengatasinya. Kerennya, anda bisa langsung menemukan halaman ini, sehingga anda akan mendapatkan sedikit keterangan apa gerangan yang menyebabkan HP android anda menjadi lemot.

Penyebab android lemot yang pertama adalah karena alasan spesifikasi pada smartphone anda sendiri. Mungkin saat ini anda menggunakan smartphone dengan spesifikasi sangat rendah, misal RAM hanya 250MB, processor di bawah 1GHz, memori internal 250 MB. Spesifikasi semacam ini biasanya ada pada smartphone yang dijual secra murah meriah, harga berkisar antara 500 ribuan bahkan bisa dibawah 500 ribu. Contoh, Bell Phone BP99 yang hanya dibandrol dengan harga 375.000 saja.

Cara ampuh mengatasi android lemot karena spesifikasi rendah jelas dengan cara mengupgradenya. Temtu saja bukan dengan cara bongkar pasang komponen yang ada pada smartphone, melainkan anda harus membeli smartphone baru dengan spesifikasi yang lebih tinggi agar mendapatkan smartphone dengan kecepatan memuaskan. Kalau anda tetap bertahan dengan HP android anda, ya harus tetap bersabar dengan android lemot anda. Hehehe....

Penyebab android lemot yang kedua adalah memori sudah penuh. Mungkin anda adalah orang yang suka sekali mengoleksi berbagai file data dalam kartu memori HP android anda. Misal, anda menyimpan video dalam jumlah banyak, menyimpan foto kualitas tinggi dalam jumlah banyak, mengoleksi MP3 kesayang dan seabreg file-file lainnya yang terkadang sudah tidak lagi dibutuhkan. Kartu memori HP yang penuh juga bisa mengakibatkan android lemot karena tidak ada lagi ruang bagi sistem untuk menyimpan temporary file.

Cara ampuh mengatasi dari masala ini adalah membuang atau menghapus sebagian file-file yang sudah tidak lagi dibutuhkan. Jika tidak memungkinkan, misal semua data sangat penting maka anda bisa membeli memori eksternal dengan kapasitas besar. Silakan anda pindahkan file dan aplikasi dari memori internal ke memori eksternal anda. Pastikan memori internet android anda memiliki ruang cukup untuk penyimpanan data baru.

Penyebab android lemot yang ketiga adalah terlalu banyak aplikasi yang berjalan. Kita tahu bahwa android sama dengan komputer atau laptop yang memiliki kemampuan multi tasking atau mampu menjalankan banyak tugas dalam satu waktu. Tapi kecanggihan android ini juga meminta resiko, yaitu jika aplikasi yang berjalan sudah terlalu lama juga mengakibatkan android mejadi lemot.

Cara ampuh mengatasi masalah android lemot semacam ini tentu dengan matikan aplikasi-aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi. Silakan anda masuk kepada pengaturan, kemudian pilih atau tap pengaturan aplikasi, pilih atau tap aplikasi berjalan, nah disitu akan terlaihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan. Untuk mematikan aplikasi-aplikasi tersebut silakan tap dan pilih matikan atau hentikan aplikasi. Pastikan aplikasi yang anda matikan adalah aplikasi yang tidak anda butuhkan dan jangan asal mematikan aplikasi, karena ada aplikasi yang dibutuhkan oleh sistem. Jika aplikasi tersebut mata maka sebagian fitur android juga akan mati.

Selain disebabkan oleh hal-hal di atas, android lemot juga bisa disebabkan karena adanya sinkronisasi data. Hal ini terjadi misal karena anda melakukan penyetingan agar data-data secara otomatis tersimpan di google drive atau pengaturan sinkronisasi lainnya. Untuk itu sangat penting bagi anda pengguna android mengetahui bagaiman cara meningkatkan kinerja android anda.

Silakan baca ==>Tips Meningkatkan Kinerja Android

Nah itulah penyebab android lemot dan cara ampuh meangatasinya. Semoga android anda tidak lemot lagi dan tidak bikin stres lagi. Jika android anda kinerjanya bagus, tentu kegiatan apapun yang dilakukan menggunakan android akan semakin menyenangkan.
 

Start typing and press Enter to search