-->

Cara Instal Android di Laptop Windows 7, Windows 8 dan Windows 10

- 11/10/2016
Cara Instal Android di Laptop Windows 7, Windows 8 dan Windows 10 | Cara instal android di laptop adalah solusi bagi anda yang ingin menikmati kemewahan sistem android tanpa harus membeli sebuah smartphone. Cukup dengan menggunakan sebuah laptop, anda bisa menikmata sistem android yang populer tersebut. Cara instalnya sama dengan cara instal linux pada windows, yaitu menggunakan virtuam mesin atau emulator. Nah virtual mesin atau emulator yang digunakan untuk menginstal android di laptop salah satunya adalah bluestack.

Sebenarnya ada juga sih cara instal android di lapotp atau PC tanpa harus menggunakan emulator, yaitu menggunakan OS Remix. Tapi konon katanya, tetap saja fitur-fitur yang ada tidak selengkap yang ada di android asli. Jadi, kalau ingin menikmati androis secara full fitur harus menggunakan emulator android.

Alasan mengapa harus instal android di laptop
Ada banya alasan mengapa harus menginstal android di laptop. Bisa alasan karena hanya ingin coba-coba sampai karena alasan kebutuhan. Bagi yang ingin coba-coba biasanya ingin menambah pengetahuan atau pengalaman bagaimana cara ngoprek laptop sekaligus ngoprek android. Ngoprek android yang terinstal di laptop tidka memiliki resiko rusaknya smartphone. Bagi yang mereka menginstal android karena kebutuhan, mungkin ingin menikmati android tapi belum sempat membeli smartphone android. Hehehe....

Oke, apapun alasan anda menginstal android di laptop itu sah-sah saja. Tidak ada yang akan mengkomplain anda. Kecuali mungkin yang anda gunakan adalah laptop orang lain, saya yakin yang punya laptop akan komplain. Hehe....

Nah sekarang, mari kita langsung ke cara instal android di laptop windows 7, windwos 8 dan windows 10. Ya, bagi siapa saja anda yang saat ini menggunakan sistem operasi windows 7, windows 8 dan windows 10 berarti anda bisa menikmati android di laptop anda. Cara ini dijamin berhasil 100%, asal laptop anda memenuhi spesifikasi hardware yang sesuai kebutuhan.

Spesifikasi hadriware laptop untuk menginstal android di laptop
  • Processor 1 GHz atau lebih.
  • RAM 2 GB atau lebih.
  • Free space harddisk minimum 800 MB.
  • OS Windows XP, Vista, 7 dan 8 (32 dan 64 bit).
Wah, spesifikasi lumayan besar juga ya. Oke, tidak masalah. Secara umum laptop sekarang spesifikasinya sudah seperti itu kok. Processor rata-rata sudah di atas 1Ghz, RAM minimal 2GB, hardisk 500GB, jadi kalau laptop anda keluaran terbaru sudah dipastikan memenuhi syarat. Kalau belum memenhi syarat (masih pake laptop jadul) silakan monggo di upgrade dulu.


Cara Instal aplikasi android di laptop windows 7, 8 dan 10

Oke, tidak usah panjang lebar lagi langsung aja deh ke cara instal android di laptop. Software emulator yang kita gunakan adalah bluestacks. Sofware bluestacks cenderungmudah digunakan, hanya membutuhkan pengaturan sedikit saja untuk bisa menggunakan bluestacks. Sebelum ke cara instal androdi di laptop silakan download dulu bluestacks di  www.bluestacks.com.

1.   Berikutnya lakukan penginstalan Bluestacks dengan mengklik 2 kali file-nya. Lalu, klik tulisan “Continue” untuk masuk ke tahap berikutnya.
2.  Untuk mendapatkan performa Bluestacks yang bagus dan optimal maka disarankan centang tulisan App Store Access dan juga App Notification dan barulah klik tombol bertulisakan “Install”
3.  Secara otomatis komputer akan melakukan penginstalan dan waktunya akan berbeda-beda tergantung kondisi PC masing-masing, bisa cepat bisa juga lambat. Dan jika sudah berhasil maka tampilannya akan seperti gambar ini:
cara install applikasi bluestacks di komputer Windows
4.  Untuk bisa mendownload aplikasi yang akan dimasukkan dan dijalankan dalam aplikasi Bluestacks tersebut maka ada dua caranya, yakni dengan download langsung atau buat akun dulu. Kalau mau yang langsung, setelah mendapatkan aplikasi yang kamu cari maka tinggal pilih 1mobile dan GetJar, tapi kalau mau gunakan Amazon Apps atau Google Play maka Anda harus punya akun Google Play (jika sudah pernah membuat email gmail maka tinggal buka saja situsnya).
5.  Anggap saja anda memilih yang kedua. Jika sudah punya akun Google, maka untuk mencari aplikasi kesukaanmu tinggal ketik di kolom search di bagian kanan atas. Bila sudah ketemu yang dicari maka tinggal instal dan donwload saja.
6.  Untuk membuka dan menjalankan aplikasi melalui bluestacks yang sudah kamu download sebelumnya maka tinggal klik menu “My Apps“. Gampang kan? Selamat menikmati!
 
Kadang kadang, bluestacks tidak bisa memainkan aplikasi yang telah di download. Ini wajar, karena developer bluestacks masih dan akan terus memperbaiki softwarenya. Namun jika hanya anda yang tidak bisa memainkan aplikasi android tersebut, anda perlu mengecek spesifikasi hardware komputer PC anda. Untuk mengatasi beberapa masalah atau error pada bluestacks silakan baca beberapa error bluestacks dan cara mengatasinya di bawah ini.

Cara Mengatasi Error Bluestacks

Sekalipun menyenangkan, menggunakan Bluestacks tak semulus yang kita kira ada saja error yang biasa terjadi dan kadang sulit diatasi, apalagi yang kurang paham soal otak-atik program tentu akan membingunkan jadinya. Nah, beberapa error yang biasa dialami dirangkum di sini dan diberikan solusinya buat anda.
  1. Error 25000 – Ini terjadi karena Graphic Card Error dikarenakan versinya tidak mencukupi untuk menjalankan Bluestacks. Hal ini paling sering terjadi bagi pengguna awal yang tidak mengindahkan syarat PC yang harus dipakai untuk memanfaatkan aplikasi ringan ini. Solusi untuk mengatasinya adalah dengan melakukan update atau pun upgrade graphics card yang sedang dipakai saat ini ke versi terbarunya, adapun untuk yang pakai Laptop maka yang dilakukan adalah melakukan pengaturan High Performance pada bagian power setting agar si graphics card ini bisa bekerja. Jika sudah maka uninstall bluestacks yang sudah diunduh dan lakukan instal ulang kembali untuk melihat hasilnya.
  2. Downloading Runtime Data Error – Masalah seperti ini terjadi disebabkan ketika meng-install Bluestacks pada sesi downloading runtime data ternyata tdk berjalan. Kesalahan ini bukan dari komputer-mu tapi dari aplikasi Bluestacks-nya sendiri yang berujung pada proses dari download runtime data tidak berjalan sebagaimana mestinya atau bisa dibilang tidak sempurna dan juga tidak hingga selesai. Cara untuk menanggulanginya adalah dengan menghentikan proses installnya dengan segera dan ulangi mulai dari langkah awal lagi.
  3. Error 1406 – Biasanya sih ini terjadi kalau kamu gagal menginput kode verifikasi saat melakukan penginstalan sehingga Bluestacks ini tidak bisa terpasang di komputer. Jalan keluarnya adalah dengan melakukan install ulang dan usahakan tidak ada lagi kesalahan ketik.
Nah itulah cara instal android di laptop windows 7, windows 8 dan windows 10, semoga bermanfaat dan selamat mengoprek android dengan bebas. Anda bisa menginstal aplikasi apa saja layaknya anda memiliki sebuah smartphone yang super canggih.
 

Start typing and press Enter to search