-->

Cara Mengatasi HP Android Telepon Tidak Ada Suara

- 12/26/2017
Cara Mengatasi HP Android Telepon Tidak Ada Suara - Masalah HP android memang sangat komplek. Saya yakin anda yang sedang membaca artikel ini juga sering mengalami masalah pada HP android anda. Kalau masalah HP android yang boros baterai itu sudah menjadi masalah umum setiap pengguna HP android.

Selain masalah baterai boros, HP android juga sering mengalami panas yang berlebihan. Misal HP android panas saat di cas, saat digunakan bahkan pada saat tidak digunakan sama sekali. Meskipun HP android sering mengalami masalah, namun tenang saja asal anda rajin mencari informasi tentang mengatasi masalah HP android maka anda akan menemukan berbagai tips trik android yang memberikan solusi atas masalah-masalah tersebut.

Begitu juga dengan masalah HP android telepon tidak ada suara, juga ada cara atau solusinya. Nah secara khusus pada artikel ini saya membahas masalah HP androi yang ketika digunakan untuk menelpon ke luar ataupun menerima telepon tidak ada suaranya. Bisa tidak ada suara keluar ataupun tidak ada suara yang masuk.

Maksudnya, ketika anda menelpon teman anda tidak bisa mendengar suara anda atau sebaliknya anda yang tidak bisa mendengar suara teman anda. Nah, telepon siapa yang bermasalah? Untuk memastikan telelon siapa yang bermasalah, yuk cek HP android anda.

Cara Cek Kerusakan dan Memperbaikinya

1. Cek Speaker HP Android 
Untuk mengecek apakah speaker HP android anda masih normal tentu sangatlah mudah. Biasanya, cara yang saya gunakan adalah dengan memutar musik, kalau dengan memutar musik keluar suaranya itu artinya speaker masih normal.

Eit, mungkin kita berpikir speaker yang digunakan untuk memutar musik dengan mendengarkan suara telepon berbeda. Oke, sekarang kita lanjut dengan menelpon layanan seluler anda. Contoh, untuk pengguna kartu XL anda bisa menelpon layanan 123. Silakan anda telelon nomor 123 kemudian dengarkan apakah anda mendengar suara dari mesin penjawab XL. Kalau anda mendengar suara, itu artinya speaker HP anda tidak bermasalah.

Sebaliknya, jika dengan cara melakukan test di atas anda tidak bisa mendengarkan suara apapun maka sudah dapat dipastikan bahwa speaker HP android bermasalah. Lalu bagaimana cara memperbaikinya.

Cara Memperbaiki HP Android Tidak Ada Suara

Untuk memperbaiki speaker HP android memerlukan kahlian sebagai teknisi ponsel. Bagi anda yang belum memiliki keterampilan dan tidak ada keberanian sebaiknya dibawa saja ke tempat servis HP. Tapi kalau anda mau mencoba silakan bongkar HP android anda. Kemudian lakukan hal-hal berikut ini :

  • Silahkan Periksa Seluruh Komponen Sisi Speaker ( perhatikan sisi mrek HP & Jenis Speaker Tersebut.
  • Anda Check Menggunakan Multiterster apakah terhubung? Jalur spaker ke PCB HP.
  • jika terhubung namun suara tidak keluar , anda lakukan pergantian speaker lama mernjadi spaker yang baru.
  • diperkirakan Speaker Harganya Hanya 5000- 10.000 Rupiah online dan offline.
  • silahkan Ganti Spaker anda.


Dan Perlu anda perhatikan , Jenis – Jenis Speaker Yang Terhubung Pada PCB HP :

  1. Speaker ada yang berbentuk Kotak.
  2. Speaker ada yang berbentuk Bulat.
  3. Speaker Terhubung Dengan PCB menggunakan Kuningan Kecil
  4. Speaker Terhubung Dengan PCB menggunakan Kabel Koneksi Jumper.

Untuk sisi lainnya dan tahap penyelesaian silahkan ganti IC AUDIO anda. jika jalur seluruh Skema Jalur komponen sudah diperiksa dengan Avometer / Multitester lakukanlah pergantian tahap terakhir di sisi IC Audio.

2. Cek Microphone HP Android Anda
Kalau di atas adalah cara cek dan memperbaiki HP android tuli, sekarang lanjut ke memperbaiki HP android yang bisu. Hehehe.....

Untuk memasikan apakah microphone HP android anda masih berfungsi atau tidak, silakan anda mengetesnya dengan melakukan recording suara (audio recording). Jika suara anda terekam dengan baik itu artinya microphone HP android anda masih berfungsi dengan baik.

Namun jika sebaliknya, maka dapat diapstikan microphone anda sudah rusak. Untuk memperbaikinya silakan ikuti tahapan-tahapan berikut ini :

Bersihkan Lubang Microphone
Karena smartphone anda adalah sebuah barang yang sering dipakai dan selalu dibawa kemanapun anda pergi, maka hp android anda tidak terlepas dari kotoran atau debu, debu atau kotoran bisa saja mengotori bagian-bagian yang sulit dijangkau salah satunya yaitu lubang microphone anda yang berada di bagian bawah smartphone, karena lubang microphone sangat kecil, anda bisa membersihkannya dengan menggunakan jarum, tetapi jangan terlalu dalam karena bisa merusak microphone hp android anda.

Jika dengan cara ini tidak bisa memperbaiki microphone android anda, mungkin ada perangkat yang rusak sama halnya yang terjadi pada speaker. Untuk itu, anda juga bisa melaukan perbaiki dengan cara yang sama dengan memperbaiki speaker. Silakan kembali baca cara memperbaiki speaker di atas.

HP Android Tidak Ada Suara Karena Masalah Software

Selain karena masalah teknis, tidak ada suara pada HP android juga bisa disebabkan karena masalah software. Bisa karena virus, salah pengaturan dan lainnya. Jika masalah hardware sudah diperbaiki namun belum memberikan hasil, silakan lanjutkan dengan memperbaiki HP android anda dari sisi software.

1. Uninstal / Hapus Aplikasi Pihak Ketiga
Mungkin ada aplikasi-aplikasi pihak ketika yang mengandung malware, nah anda perlu mencurigai apliaksi pihak ketiga sebagai biang kerok dari masalah HP android anda. Untuk situ saya sarankan anda menghapus semua aplikasi pihak ketiga. Atau kalau anda merasa sayang dengan koleksi aplikasi anda, anda bisa menonaktifkan/ mematikan aplikasi pihak ketiga. Untuk memudahkan ada baiknya lakukan pengetesan microphone saat ada dalam SAFE MODE, karena dalam mode SAFE MODE tidak ada aplikasi pihak ketiga yang berjalan.

2. Lakukan Reset HP Android
Nah yang paling mudah adalah mengembalikan setelan atau setting HP android ke pengaturan pabrik. Namun tentu saja anda memiliki resiko kehilangan semua aplikasi bahkan kontak yang ada dalam HP anda. Nah, jika anda sudah siap dengan resiko tersebut silakan reset HP android anda.

Baca : Kombinasi Tombol Untuk Reset Semua Merk HP Android

Nah itulah cara mengatasi HP android tidak ada suara, HP androdi yang bisu ataupun tuli istilah saya, hehehe....

Jika masih belum berhasil juga bagaimana? Hmmm bawa aja ke tukang servis, atau pergi aja ke toko HP terdekat untuk membeli HP baru. Hehehe....
 

Start typing and press Enter to search