-->

Cara Mengatasi Masalah Android Tidak Bisa Hidup, Restart Berulang-Ulang

- 5/10/2017
Cara Mengatasi Masalah Android Tidak Bisa Hidup, Restart Berulang-ulang ~ Restart berulang-ulang dikenal juga dengan sebuatan bootloop, yaitu dimana kondisi sistem android tidak bisa melakukan startup sehingga sebelum masuk ke menu home android otomatis kembali lagi ke state awal seperti ketika awal menghidupkan smartphone. Hal ini terus terjadi berulang-ulang tanpa bisa masuk ke menu home dari smartphone.

Masalah android restart berulang-ulang atau bootloop memang membuat pusing tujuh keliling. Rasanya ingin dibanting aja tuh HP android. Eit, jangan dibanting dulu, coba dulu deh diusahakan agar HP android bisa kembali normal seperti seiaka kala. Bisa hidup dan masuk ke mehu home di smartphone.   

Penyebab android mengalami masalah restart berulang-ulang atau bootloop bisa karena dua hal. Karena kerusakan pada hardware dan software. Untuk itu agar bisa mengatasi masalah ini scara tepat, harus dilakukan secara cermat. Karena kalau tidak dilakukan dengan hati-hati atau cermat bisa-bisa membuat smartphone menjadi tambah parah. Sebelum melangkah cara mengatasi bootloop pada smartphone anda ada baiknya kenali dulu jenis bootloop yang terjadi.


Baca Juga : 9 Masalah Keruakan Samsung Galaxi S7 dan Cara Memperbaikinya

Macam-macam Bootloop pada android dan cara mengatasinya

1. Android Light Bootloop 
Light bootloop ini biasanya terjadi karena proses intalasi aplikasi yang berjalan tidak normal. Misal, saat menginstal aplikasi tiba-tiba smartphone tiba-tiba kehabisan daya dan ketika dihidupkan kembali android mengalami bootloop dan hanya berhenti di logo. Kalau sebelumnya anda yakin tidak mengotak-atik system maka jenis bootloop ini mudah untuk ditanganai. 

Cara Mengatasinya :
Cukup cabut baterai, paaang kembali dan hidupkan kembali smartphone anda.

2. Android Medium Bootloop 

Jenis bootloop ini terjadi karena anda mengotak-atik sistem android sehingga terjai kerusakan pada sistemnya. Ketika smartphone mengalami maslaah ini masih bisa dinyalakan dengan bisa masuk kedalam recovery mode. 

Baca Juga : Cara Mengaatasi LCD HP Android Rusak Bergaris

Cara Mengatasinya :
Untuk mengatasi bootloop jenis ini dibutuhkan bantuan komputer atau laptop dan file recovery image untuk restore boot image baik yang original dan juga CWM. Namun tentu saja hal ini bisa dilakukan apabila sebelumnya anda sudah membuat backup sistem, kalau beum maka harus dengan bantuan recovery dari android lain yang sama. 

3. Android Hard Bootloop

Jenis Hard bootloop atau lebih tepatnya hardbrick (baca android bricked) jenis bootloop  yan galing parah karena sudah dilakukan modifikasi pada file os android sehingga tidak bisa booting dan hanya muncul logo android saja. Pelakuan pengguna terhadap smartphone seperti melakukkan rooting dan melakukan modifikasi script misalnya mengubah font android, mengubah partisi external/micro sd, menghapus aplikasi bawaan android yang merupakan bagian system dengan aplikasi titanium backup, salah melakukan instal custom rom, dan lain-lain merupakan sebab utama terjadinya hard bootloop. 

Baca Juga : Cara Memperbaiki Layar Sentuh HP Android Yang Rusak

Cara Mengatasinya :

Untuk mengatasi masalah bootloop jenis ini dibutuhkan kecermatan tingkat tinggi dan juga  software yang tepat. Instal ulang atau flashing adalah hal yang harus dilakukan. Karena setiap smartphone memiliki jenis hardware yang berbeda-beda, cara flashing juga bergantung berdasarkan jenis chipset yang digunakan pada Android, maka anda harus memilih flashing yang tepat juga.



Nah itulah, cara mengatasi masalah android restart berulang-ulang yang mungkin salah satunya pernah terjadi pada anda. Cara mengatasi masalah bootloop yang tepat akan menyelematkan smartphone anda tapi kalau salah penanganan maka ada kemungkikan smartphone anda justru akan semakin rusak parah.
 

Start typing and press Enter to search