-->

Cara Setting Android Agar Bisa Menulis Huruf Arab

- 5/23/2017
Cara Setting Android Agar Bisa Menulis Huruf Arab | Secara umum, virtual keyboard pada android hanya bisa untuk menulis huruf latin saja. Eit, bukan secara umum. Secara default, virtual keyboard pada android adalah untuk menulis huruf latin, tapi sebenarnya keyboard pada android bisa diatur untuk menulis huruf lainnya, misal menulis huruf mandarin dan huruf arab.

Pengaturan keyboard android agar bisa menulis arab, bagi sebagian orang mungkin tidaklah penting. Tapi bagi sebagian lainnya, terlebih yang sangat intent dengan dunia islam keyboard arabic sangtlah penting. Misal, untuk menulis ayat al-quran, menulis hadis, menulis atsar para sahabat dan ulama atau keperluan lainnya.

Apakah bisa menulis arab pada android?
Jawabannya tentu bisa, sebagaimana bisa untuk menulis huruf cina dan lainnya, untuk menulis huruf arab juga bisa. Yang penting tahu cara melakukan pengaturan atau settingan pada virtual keyboard android. Nah, silakan anda ikuti panduan setting keyboard android agar bisa menulis huruf arab pada smartphone adnroid anda berikut ini.

2 Cara Setting Keyboar Android

cara setting keyboard android agar bisa menulis arab

Cara 1:
  1. Dari menu klik Settings
  2. Di bawah bagian personal > Language & input
  3. Di bawah bagian Keyboard & input methods > Android Keyboard
    • Nama keyboard pada android berbeda-beda tergantung merk perangkat android :
      • Untuk Samsung > Samsung Keyboard
      • Untuk Asus > ZenUI Keyboard
      • Untuk lainnya tergantung merk perangkat android nya, umumnya namanya Android keyboard.
  4. Klik Input languages
  5. Secara default (bawaan perangkat android) pada “Use system language” tercentang atau ON. Klik bagian ini untuk menghilangkan tanda centang tersebut (Un-check). Jika “Use system language” masih tercentang, anda tidak bisa memilih atau mengaktifkan pilihan bahasa Arab atau lainnya.
  6. Di bawah bagian “Active input methods” klik atau centang Arabic atau bahasa lainnya. Selesai
Cara 2:
Buka aplikasi apa saja yang memunculkan on-screen keyboard pada perangkat android, seperti Note, SMS, WA, BBM dan lainnya.
  1. Pada keyboard yang muncul klik bagian Settings dengan ikon bergambar roda gigi. Atau klik bagian menu pada keyboard tersebut dengan ikon bergambar titik tiga vertikal, lalu klik keyboard settings.
  2. Klik Inputs language.
  3. Klik pada “Use system language” untuk menghilangkan tanda centang (uncheck) atau off-kan.
  4. Di bagian “Active input methods” pilih Arabic atau lainnya.
Nah itu cara setting keyboard android agar bisa menulis huruf arab, lalu bagiamana jika ingin mengembalikan ke fungsi semula. Caranya sama, silakan anda aktifkan kembali atau centang  “Use System language”. Jika ini dicentang atau aktif, maka scara otomastis bahasa tambahan seperti Arabic atau lainnya akan terhapus atau tidak aktif.

Memperbesar huruf arab pada keyboard android

Berbeda dengan huruf latin, huruf-huruf arab lebih komplesks, sehingga jika menulis dengan ukura huruf biasa akan sangat menyulitkan. Maka untuk mempermudah penulisan huruf arab pada android sebaiknya huruf-huruf arab pada keyboard diperbesar.
Caranya:
  1. Masuk ke Keyboard settings, (Android keyboard/ZenUI Keyboard/Samsung Keyboard)
  2. Klik Advanced settings
  3. Klik “Larger characters” untuk memberi tanda centang atau mengaktifkannya
Hasilnya, huruf-huruf pada keyboard terlihat lebih tebal dan sedikit lebih besar.

Memperbesar hasil tulisan pada layar

Kalau di atas adalah memperbesar huruf pada keyboard, nah hasilnya juga harus diperbesar agar mudah dibaca. Karena huruf arab sambung menyambung dengan huruf lainnya belum lagi kalau ditambah harokat, maka jika hurufnya kecil akan membentuk susunan huruf yang sulit untuk dibaca. Misal tanda titik pada huruf Ya, Ta, Tsa dan lainnya, atau tanda harakat, tanwin, sukun dan lainnya akan terlihat sangat kecil. Nah agar tulisan terlihat lebih jelas dan enak dibaca, anda perlu juga memperbesar hasil penulisan pada layar. 
Caranya:
  1. Dari menu awal, Klik Settings
  2. Di bawah bagian Device, klik Display
  3. Klik Font size, pilih atau centang Large atau Huge. Terlihat perubahan besarnya tulisan pada layar.
Nah sekarang cermati dan bandingkan tulisan setelah diperbesar dengan tulisan sebelumnya. Apakah lebih jelas dan mudah dibaca. Selamat, anda sudah bisa menulis huruf arab pada android dengan mudah dan hasilnya mudah dibaca. Semoga dengan settingan keyboard android ini akan mempermudah anda dalam melakukan aktifitas keagamaan, misal dakwah dan lain sebagainya. 
 

Start typing and press Enter to search