Cara Memperbaiki Layar Sentuh (Touch Screen) Smartphone yang Rusak

Cara Memperbaiki Layar Sentuh (Touch Screen) Smartphone yang Rusak | Layar sentuh
smartphone ataupun tablet sering mengalami masalah atau kerusakan. Mulai dari kerusakan ringan sampai berat. Kerusakan pada layar sentuh sangat beragam tergantung pada penyebab terjadinya kerusakan. Cara mengatasinyapun berbeda-beda disesuaikan dengan jenis kerusakan layar sentuh tersebut.

Dari sekian banyak kerusakan atau masalah layar sentuh smartphone yang sering terjadi inilah 3 jenis kerusakan pada layar sentuh dan cara memperbaikinya :
memperbaiki kerusakan layar sentuh smartphone

1. Layar Sentuh Smartphone Tidak Merespon

Layar sentuh tidak bergerak atau tidak merespon bisa diakibatkan karena terjadi hang atau terjadi masalah pada konektor layar sentuh. Hal pertama yang harus dilakukan jika layar sentuh tidak bergerak atau tidak merespon ketika disentuh adalah matikan dan hidupkan kembali atau reboot smartphone anda. Kalau layar sentuh tidak bergerak karena hang dengan cara seperti ini maka sudah terselesaikan. Namun biasanya, smartphone akan kembali mengalami masalah yang sama bahkan sangat sering. Hal terjadi karena RAM dan processor dari smartphone bekerja terlalu berat yang disebabkan karena banyak aplikasi yang berjalan dalam waktu bersamaan. Untuk mengatasi masalah secara permanen, silakan anda lakukan saja reset factory pada smartphone anda. Untuk melakukan factory reset silakan klik di sini.

Baca Juga : Cara Memperbaiki LCD HP Android Ngeblur Berbayang

Jika dengan cara tersebut masih belum bisa menyelesaikan masalah, maka ada kemungkinan terjadi kerusakan pada layar sentuh atau pada konektor layar sentuh. Untuk memastikannya silakan anda bongkar saja smartphone anda, periksa apakah konektor dan kabel data yang menghubungkan antara LCD dan PCB smartphone. Namun jika memungkinkan karena keterbatasan skill, silakan anda bawa saja ke tukang servis.

2. Layar Sentuh Smartphone Bergerak Sendiri

Sangat kacau nih, layar sentuh begerak sendiri. Jangan-jangan smartphone buat mainan setan. Wuih.... ngeri.... hehehe.....
Jangan berpikir macem-macem deh, itu semua karena terjadi masalah pada smartphone anda bukan karena smarpthone anda buat mainan setan. Untuk mengatasi masalah ini, silakan anda laukan kalibrasi terahadap LCD smartphone anda. Menu kalibrasi ada pada menu setting atau pengaturan. Karena masing-masing smartphone memiliki susunan menu berbeda-beda, silakan deh anda cari sendiri menu kalibrasi pada smartphone anda. Letaknya ada pada menu setting, setelah ketemu silakan anda klik dan ikuti langkah selanjutnya. Jangan panik ketika anda layar smartphone anda tiba-tiba menjadi putih ngeblank, hal normal terjadi ketika melakukan kalibrasi. Dalam hitungan detik, layar smartphone akan kembali normal.

Dengan cara ini biasanya layar bergerak sendiri akan teratasi, namun jika masih tetap membandel coba lakukan reset factory. Layar bergerak sendiri juga bisa saja terjadi karena bug pada OS android anda, jika memungkinkan silakan lakukan upgrade sistem ke versi yang lebih baru.

Baca Juga : 10 Kode Rahasia HP Android Yang Sangat Penting

3. Layar Sentuh Bergerak Liar atau Terlalu Sensitif

Masalah ini hampir sama dengan masalah nomor 2. Bisa terjadi karena adanya bug pada OS android atau masalah pada hardware lainnya. Silakan anda rasakan suhu dari smartphone anda, jika pada saat bergerak liar smartphone terasa sangat panas silakan lakukan beberapa langkah berikut :
1. Matikan smarpthone
2. Cabut baterai dan pasang kembali
3. Hidupkan kembali smartphone  anda

Silakan masuk ke menu pengaturan dan buang aplikasi-aplikasi yang tidak terpakai atau aplikasi yang banyak menyedot daya. Layar sentuh bergerak terlau sensitif juga bisa terjadi karena CPU bekerja terlalu berat karena banyak aplikasi berat yang berjalan. 

Baca Juga : Cara Memperbaiki LCD Android Rusak Bergaris

Nah itulah cara memperbaiki layar sentuh smartphone yang rusak, semoga cara-cara di atas bisa mengatasi masalah layar sentuh yang terjadi pada smartphone atau tablet anda. Jika, dengan berbagai cara tidak bisa juga mengatasi masalah lebih baik segera bawa smartphone atau tablet anda ke tuang servis.