-->

Cara Jitu Menghemat Kuota Internet Smartfren 4G LTE

- 3/21/2017
Cara Jitu Menghemat Kuota Internet Smartfren 4G LTE | Kecepatan internet 4G dari smartfren mungkin membuat anda terlena. Anda terlalu sering nonton youtube atau video streaming lainnya, sering melakukan video call dan aktifitas internet lainnya. Anda begitu menikmati semua itu karena koneksi dari smartfren 4G LTE yang begitu cepat dan stabil sehingga tidak terasa tiba-tiba kuota internet anda habis.

Nah, bagaimana cara menghemat kuota internet smartfren 4G LTE?
Sebelum kita bahas cara menghemat kuota internet smartfren, kita kenali dulu apa penyebab kuota internet cepat habis. Yang pasti dan 100% benar, kuota internet cepat habis karena sering digunakan untuk mengakses data di internet. Hehehe....

Baca Juga : Cara Mengubah Video Menjadi Animasi GIF Pada WhatsApp

Dari sekian banyak akses data internet yang paling menyedot data adalah aktifitas nonton video streaming, video call, unduh aplikasi, update aplikasi dan update sistem. Selain aktifitas itu, ada juga beberapa aplikasi yang menydot data secara tersembunyi, seperti aplikasi facebook, line, WhatsApp, dan alikasi game online

Nah dari beberapa penyebab borosnya kuota internet di atas, maka kita bisa menyiasatinya dengan cara berikut.
cara menghemat kuota internet smartfren

1. Simpan Video
Bagi anda yang suka menonton video youtube dan sering nonton satu video secara berulang-ulang ada baiknya anda menyimpan video tersebut. Dari youtube sendiri ada fitur simpan video tonton kemudian. Tapi menurut hemat saya, cara ini kurang efektif karena pada masa tertentu video tersebut tidak bisa ditotontn lagi. Untuk lebih efektifnya elbih baik di download saja video favorit yang sering anda tonton. Lho kok di download, bukannya malah menghabiskan kuota. Betul, dengan cara mengunduh video akan mengurangi kuota internet, tapi itu hanya satu kali saja. Sedangkan untuk mentontnya lagi anda tidak perlu menggunakan kuota internet bahkan tanpa koneksi internet. Lain halnya kalau anda mentonton streaming berulang-ulang, itu sama saja dengan melakukan download berulang-ulang

Baca Juga : 3 Cara Mudah Update Aplikasi WhatsApp

2. Matikan Sinkronisasi

Cara yang pertama untuk menghemat kuota 4G kamu adalah dengan menonaktifkan automatic sync atau mematikan sinkronisasi. Selain digunakan untuk browsing, penggunaan data 4G juga dapat cepat habis jika semua aplikasi yang membutuhkan koneksi internet aktif secara bersamaan. Maka dari itu cara sederhana untuk menghemat data 4G adalah mematikan sinkronisasi otomatis pada aplikasi yang membutuhkan koneksi internet yang jarang digunakan misalnya seperti aplikasi Gmail.

3. Nonaktifkan Auto Update

Berbagai aplikasi dalam android ada yang melakukan update sendiri secara otomtais atau dikenal auto update. Salah satu aplikasi yang sering melakjukan auto update adalah Google Play, dimana aplikasi tersebut menyediakan jutaan aplikasi maupun games untuk pengguna Android. Pada pengaturan default aplikasi tersebut Google Play mengharuskan penggunanya untuk melakukan update aplikasi secara otomatis jika terdapat aplikasi yang telah diperbarui oleh pengembangnya. Untuk itu sangat penting untuk mematikan fitur auto update google play dan aplikasi-aplikasi lainnya

Baca Juga : Panduan Cara Berbagi Pulsa Semua Operator


4. Gunakan Browser Yang Hemat Data

Penggunaan browser internet juga sangat berpengaruh pada penggunaan kuota internet. Ada browser yang direkomendasikan untuk mengakses internet via device mobile atau smartphone, yaitu opera mini. Aplikasi ini mampu menkonversi data menjadi ukuran lebih kecil sehingga setiap halaman yang diakses ukurannya menjadi lebih kecil. Hal ini maka akan menghemat data internet.

5. Gunakan Fcaebook Lite
Facebook merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pengguna smartphone dan pengguna internet. Hampir dapat dipastikan setiap orang pengguna smartphone di dalamnya ada aplikasi facebooknya. Aplikasi facebook lite adalah aplikasi sederhana yang bisa memberikan kenyamanan dan kecepatan loading saat anda berfacebook ria dengan menggunakan smartphone android anda. Sama dengan opera mini, facebook lite memiliki kemampuan mengkompres data ke ukuran yang lebih kecil, sehingga facebook bisa dikases dengan cepat dan ringan sehingga bisa menghemat kuota internet smarfren 4G LTE anda.

Baca Juga : Kumpulan Tips dan Trik Aplikasi LINE

6.  Matikan koneksi internet jika tidak perlu
Yang paling penting adalah anda harus pandai-pandai menyiasati keadaan. Jangan biarkan smartphone anda terus terkoneksi dengan internet kalau sedang tidak diperlukan. Misal sedang tidur, sedang rapat atau keadaan-keadaan lain yang anda sendiri tidak membutuhkan koneksi internet. Kuota internet anda akan terbuang percuma. Mubadzir!!!

7. Update Aplikasi Saat Terhubung WiFi
Aplikasi seperti google play terkadang akan berhenti berfungsi jika data sudah kedaluarsa. Hal ini terjadi karena anda mematikan fitur auto update. Nah pada saatnya anda akan diminta untuk mengupdate apliaksi google play tersebut. Ada baiknya anda upadate pada jaringa WiFi saja (tidak menggunakan kuota internet smarfren anda). Hal berlaku juga untuk mengupdate aplikasi lainnya seperti Line, WhatsApp dan aplikasi lainnya yang membutuhkan update.
 

Start typing and press Enter to search