-->

Smartphone Anda Kecebur Air? Lakukan 4 Langkah Tepat Berikut Ini

- 2/16/2017
Menyelamatkan Smartphone Yang Kecebur Air | Panik? Ya, mungkin itu yang dirasakan kalau HP anda terkena air atau tercbur air atau kecemplung ke air. Apapun bahasa dan kejadiannya, intinya HP atau smartphone yang terkenal air deh. Hehehe.....

Jika HP atau smartphone anda terkena air atau kecebur air jangan panik, sebab kalau panik justru tindakan yang dilakukan tidak akan tepat. Anda harus tetap tenang dan lakukan 4 langkah tepat menyelamatkan HP yang kecebur air. Apa aja langkah-langkahnya? Ikuti petunjuknya berikut ini.

Baca Juga : Cara Merubah TV Analog Menjadi TV Digital
menyelamatkan hp tersiram air

4 Langkah Tepat Menyelamatkan HP Terkena Air

1. Matikan Segera HP Anda

Langkah pertama yang harus segera diambil ketika HP tercebur air adalah mematikan HP dengan segera. Cara ini efektif untuk mencegahnya terjadinya kerusakan lebih parah yang disebabkan hubungan pendek atau konsleting.

2. Cabut Baterai HP Anda

Mengapa baterai harus dicabut? Jangan dikira karena HP sudah dimatikan kemudian masalah selesai. Aliran listrik akan terus mengalir sepanjang masih ada baterai terpadan pada HP. Nah, jika ini dibiarkan maka akan terjadi konsleting yang akan merusak komponen-komponen pada HP. Tentu saja kerusakan yang lebih parah akan terjadi. Jadi, sangat tepat jika HP anda kecebur air segera cabut baterai HP anda.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Siaran TV Digital Kualitas Bagus Dengan UHF

3. Keringkan HP Anda

Setelah baterai HP dicabut, selanjutnya silakan anda keringkan HP anda. Untuk memudahkan dalam melakukan pengeringan, bongkar casing HP baik bagian belakang maupun depan. Untuk mengeringkan dengan cepat anda bisa menggunakan pengering rambut. Jika alat tersebut anda bisa mengeringkan dengan cara dijemur. Apakah tidak rusak jika HP dijemur. Berdasarkan pengalaman saya, HP yang dijemur tidak akan mengalami kerusakan, asal jangan terlalu panas saja. Namun jika anda ragu atau mungkin takut HP dicolong orang saat di jemur, silakan lakunan cara unik untuk mengeringkan HP, yaitu dengan memendam HP ke dalam beras.

4. Pasang Kembali dan Hidupkan

Setelah anda yakin HP anda sudah kering, silakan hidupkan kembali. Namun pastkan kalau HP anda benar-benar sudah kering. Misal dengan meniup bagian-bagian terkecil dari HP, biasanya kalau masih ada airnya maka dengan cara ditiup akan keluar.

Nah, itulah cara menyelamatkan HP yang kecebur air, semoga bermanfaat dan HP ada bisa diselamatkan dengan segera jika mengalami kejadian HP tercebur air. Jika, artikel ini dirasa bermanfaat, silakan anda share ke teman atau shabat anda di sosial media milik anda.
 

Start typing and press Enter to search