-->

Cara Mendapatkan Siaran TV Digital Kualitas Bagus Dengan Antena UHF

- 5/04/2017
Cara Mendapatkan Siaran TV Digital Kualitas Bagus Dengan Antena UHF | Untuk mendapatkan siaran TV dengan kualitas suara dan video bagus, Kominfo merekomendasikan agar kita beralih ke TV digital. Apa yang dimaksud dengan TV Diital?

Televisi digital atau DTV adalah jenis televisi yang menggunakan modulasi digital dan sistem kompresi untuk menyiarkan sinyal gambar, suara, dan data ke pesawat televisi. Televisi digital merupakan alat yang digunakan untuk menangkap siaran TV digital, perkembangan dari sistem siaran analog ke digital yang mengubah informasi menjadi sinyal digital berbentuk bit data seperti komputer.

Baca Juga :  Cara Memperbaiki Baterai HP Yang Rusak

Saat ini menkominfo terus melakukan sosialisasi tentang migrasi dari tv analog ke tv digital. Menurut informasi, pada tahun 2018 siaran tv analog akan ditutup di Indonesia. Mengapa siaran TV analog akan ditutup?

Bersadarkan informasi dari kominfo ternyata sinyal tv analog saat ini banyak sekali memakai frequensi dan menghabiskan bandwidth. Perlu diketahui juga kalo sekarang aja sinyal HP, Radio, Internet ternyata pakai frekwensi juga seperti tv. Jadi untuk mengurangi pemborosan bandwidth maka negara harus melakukan migrasi dari siaran analog ke siaran digital. Selain dengan alasan teknis tersebut, siaran TV digital juga lebih baik dibanding dengan tv analog. Diantara kelebihan siaran TV digital adalah :
  • Kualitas gambar dan suara jernih.
  • Tahan perubahan lingkungan
  • Tahan terhadap efek interferensi
  • Efisiensi spektrum/kanal

Bagaimana cara mendapatkan siaran TV digital?

Untuk mendapatkan siaran tv digital, anda tidak perlu mengganti pesawat televisi ataupun antena UHF anda. Yang perlu anda lakukan hanya menambahkan satu alat untuk bisa menangkat siaran TV digital yaitu Set Top Box (STB). Saat ini, STB yang direkomendasikan adalah STB DVB2. Alat ini seperti reciver parabola pada umumnya. Jek antena UHF dipasang ke STB, kemudian dari STB disambungkan ke televisi dengan menggunakan kabel RCA atau HDMI. STB dibandrol dengan harga antara 260.000 - 500.000-an.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Layar Sentuh Xiaomi Ngeblur


Namun sebelum anda memutuskan untuk membeli Set Top Box silakan cari informasi terlebih dahulu apakah daerah dimana anda tinggal sudah bisa menangkap sinyal siaran tv digital atau belum. Karena, siaran tv digital masih dalam tahap pengembangan jadi belum semua daerah di Indonesia tersentuh sinyal siara tv digital.


Sinyal tv digital juga sangat rentan terhalang gunung tinggi dan gedung-gedung tinggi, jadi harus pintar-pintar memilih tempat untuk memasang antena UHF.


Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan sinyal yang bagus dalam menggunakan receiper STB. Antara lain :
  • Lokasi yang masih mendapatkan sinyal digital. Kalo digunung dan jauh dari pemancar tv mungkin akan susah mendapatkan sinyal siaran tv digital.
  • Tidak terhalang gedung-gedung tinggi.
  • menggunakan antena UHF yang bagus dan bisa menangkap sinyal digital dengan baik.
  • menggunakan kabel antena coaxial qualitas bagus.
  • Posisi arah antena yang tepat.
  • Untuk hasil yang lebih bagus lagi gunakan kabel penghubung HDMI jangan kabel RCA. karena kualitas HDMI lebih tinggi dibanding dengan RCA.
Ada sebuah informasi penting nih, untuk mendapatkan sinyal siaran tv digital dengan baik anda bisa menggunakan antena UHF dengan merk dengan harga berkisar antara 300 ribua sampai 400 ribuan. Antena ini sangat bagus untuk menangkap sinyal sehingga banyak chanel yang bisa ditangkap. Kalau antena Yagi dirasa terlalu mahal, anda bisa menggunakan antena merk TITIS. Antena UHF yang dibuat oleh tangan-tangan kreatif orang Yogyakarta dihargai antara 75 - 100 ribuan. Meskipun harganya lebih murah dibanding dengan merk Yagi, tapi kemampuannya dalam menangkap sinyal dan menayjikan kualitas gambar dan suara yang bagus tidak diragukan lagi.

Baca Juga : Cara Mengatasi LCD HP Android Rusak Bergaris

Berikut foto-foto siaran tv digital yang didapat dengan menggunakan antena TITIS yang saya ambil dari .


http://fae-zya.blogspot.com/
Daftar list channel 1
http://fae-zya.blogspot.com/
Daftar List Channel 2

http://fae-zya.blogspot.com/
Daftar List Channel 3

http://fae-zya.blogspot.com/
Daftar List Channel 4

http://fae-zya.blogspot.com/
MNC TV Digital
http://fae-zya.blogspot.com/
Global TV Digital
http://fae-zya.blogspot.com/
RCTI Digital
http://fae-zya.blogspot.com/
Indosiar
http://fae-zya.blogspot.com/
SCTV
http://fae-zya.blogspot.com/
TRANSTV

http://fae-zya.blogspot.com/
SPORT ONE

http://fae-zya.blogspot.com/
TRANS 7

http://fae-zya.blogspot.com/
TRANSTV
http://fae-zya.blogspot.com/
TV ONE
http://fae-zya.blogspot.com/
ANTEVE

Nah itulah cara mendapatkan siara tv digital kualitas bagus dengan antena UHF. Gambar dari hasil siara televisi tersebut diambil dari pemilik blog yang ada didareah Cengkareng. Jadi, untuk daerah lain apalagi di jauh dari pemancar siara televisi hasilnya juga akan berbeda bahkan mungkin tidak bisa menangkap sinyal sama sekali. Jadi, sebelum menerapkan semua tips dalam artikel ini, harus pastikan dulu bahwa daerah anda sudah tersentuh oleh sinyal tv digital.
 

Start typing and press Enter to search