-->

Cara Memperbaiki Layar Sentuh HP Android Xiaomi Yang Berbayang, Ngeblur dan No Respond

- 10/16/2017
Cara Memperbaiki Layar Sentuh HP Android Xiaomi Yang Berbayang, Ngeblur dan No Respond - Jenis-jenis keruskaan pada HP android beraneka ragam, yang paling umum dan sering menjadi keluhan adalah kerusakan pada layar sentuh atau touch screen. Kerusakan atau masalah pada layar sentuh juga bermacam-macam, mulai dari layar sentuh berbayang, tidak responsive, bergerak sendiri dan bahkan tidak merespon sama sekali.

Untuk memperbaiki kerusakan pada layar sentuh android xiaomi disesuaikan dengan tingkat kerusakan layar sentuh itu sendiri. Terkadang, hanya dengan melakukan kalibrasi saja maka layar sentuh akan kembali nomrlai atau kalau tidak bisa dengan kalibarasi dengan reset factory juga bisa langsung normal. Nah, untuk memperbaiki layar sentuh HP android xiaomi yang rusak, silakan anda ikuti petunjuknya berikut ini.

Baca Juga : Cara Mengetahui Jenis Kerusakan HP Android Xiaomi

Sebelum anda melakukan perbaikan pada layar sentuh HP android xiaomi anda pastikan tidak ada kerusakan secara fisik, misal pecah atau retak. Jika memang kelihatan ada kerusakan secara fisik lebih baik langsung ganti aja layar sentuh atau touch screen dengan dengan yang baru. Namun jika tidak adan gejala kerusakan fisik coba anda lakukan kalibrasi. Caranya silakan masuk ke menu pengaturan – display – kemudian pilih kalibrasi, kemudian layar secara otomatis akan blank putih, itu tanda ponsel anda sedang melakukan kalibrasi.

Jika kerusakan pada pada layar sentuh tidak parah maka dengan cara ini saja layar sentuh akan kembali normal. Namun ada kalanya kerusakan layar sentuh pada HP android xioami juga terjadi karen pengguna sudah melakukan berbagai macam pengaturan dan instal berbagai aplikasi yang berpnegaruh pada layar sentuh. Maka langkah tepat untuk mengatasinya adalah dengan mengembalikan pengaturan atau setting HP android ke pengaturan awal.

Tentunya, jika anda sudah melakukan banyak pengaturan dan banyak instal aplikasi akan mengalami kendala untuk mengembalikan settinga ke pengaturan awal secara manual. Agar lebih cepat, lebih baik anda gunakan cara reset factory.


Jika dengan dua cara di atas layar sentuh HP android xiami anda tidak juga berhasil diperbaiki, mungkin anda harus melakukan aksi operasi kecil-kecilan. Coba anda untuk membongkar HP anda sehingga anda bisa melihat dalaman layar sentuh dari HP android xiaomi anda. Setelah terbuka silakan anda periksa apakah kotor atau terjadi korosi pada komponen-komponen eletroniknya.

Jika terlihat kotor silakan bersihkan dengan menggunakan contact cleaner atau alkohol. Semprotkan secara perlahan kemudian sikat dengan menggunakan sikat gigi secara pelahan juga. Melakukannya harus ekstra hati-hati jangan sampai ada koneksi yang terputus. Jika terlihat adan konektor LCD yang kendor silakan anda eratkan dengan isolasi, lakban atau sejenisnya.

Jika layar senctuh HP xiomi rusak karena konektor yang kendor atau kotor maka dengan cara ini sudah bisa teratasi. Namun jika belum bisa mengatasi masalah, ada kemungkinan ada konektor yang putus atau sobek. Jika ada konektor lepas dari socket silakan lakukan penyolderan namun jika ada konektor yang sobek atau putus maka harus membeli konektor yang baru.

Ada kalanya dengan langkah-langkah perbaikan di atas juga tidak menghasilkan sesuatu yang memuaskan. Ada kemungkinan memang layar sentuh HP android xiaomi anda sudah rusak. Meskipun secara fisik tidak kelihata rusak tapi bisa saja ada komponen alektronik yang sudah tidak berfungsi dan biasanya sangat sulit untuk diperbaiki, maka langkah terbaiknya adalah mengganti dengan touch screen baru.
 

Start typing and press Enter to search