-->

Sudah Nambah RAM Masih Lemot? Tambah Kecepatan Processor Android Anda, Ini Caranya

- 10/19/2017
Sudah Nambah RAM Masih Lemot? Tambah Kecepatan Processor Android Anda, Ini Caranya - Android anda lemot? Sudah coba mengatasinya dengan uninstall, reboot, mematikan semua bloatware yang ada di smartphone bahkan sudah mengupayakan menambah RAM agar android cepat, tapi masih lemot juga? Mungkin sudah saatnya anda melakukan Overclock!
Pertama-tama, saya jelaskan dulu beberapa hal: Ingat bahwa Overclock bisa menyebabkan kerusakan pada handphone anda, dan juga membuat garansi langsung hangus! Saya tidak bertanggung jawab atas semua hal yang terjadi kepada handphone anda sebagai akibat dari mencoba hal apapun yang ada di artikel ini
Perlu dijelaskan juga bahwa artikel ini akan membahas mengenai dasar-dasar ilmu yang perlu diketahui untuk melakukan overclock. Tapi, artikel ini tidak akan membahas langkah-langkah yang harus diikuti untuk meng-overclock handphone anda, karena cara overclock sangat berbeda menurut jenis handphone masing-masing, bahkan sebagian handphone tidak bisa dioverclock sama sekali karena memang dari pabriknya sudah demikian.
Smartphone berbasis Android ataupun OS lain, sebenarnya sangat mirip dengan komputer pribadi atau laptop. Seringkali ketika kita hendak membeli laptop atau komputer, kita pasti akan bertanya: “Apa sih prosesornya?” atau “Berapa Giga?” Nah, sekarang pun, ketika membeli perangkat Android, anda akan melihat bahwa produsen menuliskan jenis serta kecepatan prosesor yang ada dalam handphone tersebut.
Contohnya ada banyak: Exynos, Snapdragon, Qualcomm, ARM, Tegra, MediaTek (MTK), dan diikuti dengan kecepatan serta jumlah inti/otak/core yang dimiliki, contohnya: 1GHz, 1,5GHz, quad-core, dual-core dan lain sebagainya. Inilah pusat dari seluruh proses yang berjalan dalam smartphone anda, dengan kata lain ‘otak’ dari smartphone. Bagaimana kalau otak ini menjadi lebih cepat? Tentu saja proses pekerjaan akan lebih cepat selesai, gerakan lebih mulus, dan lain sebagainya.
Overclock adalah menjalankan prosesor pada kecepatan di atas kecepatan standar, atau di atas kecepatan bawaan pabriknya. Misalkan bawaan handphone murah adalah prosesor 1GHz, kita meng-overclocknya jadi 1,6GHz, itu berarti kecepatan si handphone menjadi setara dengan sebuah Galaxy S4 (kurang lebih). Menarik bukan? Bagaimana bisa?
APA SAJA KELEBIHAN DAN KEKURANGAN OVERCLOCK?
Kelebihannya tentu saja aplikasi berjalan dengan lebih cepat dan lancar, game berjalan dengan lebih mulus. Sistem menjadi lebih responsif, dan semuanya berjalan dengan membutuhkan waktu operasional yang lebih sedikit.
Kekurangannya overclock, tentu saja sistem menjadi lebih panas, ini karena prosesor yang bekerja lebih keras membutuhkan daya listrik lebih besar, yang membuatnya mengumpulkan panas lebih tinggi, dan membuat baterai lebih boros.
Kekurangan lain adalah faktor resiko, tentu saja. Resiko umum seperti brick (mati total), bootloop (tidak bisa memasuki OS), dan lain sebagainya. Contoh dari OS yang tidak stabil:
APAKAH HANDPHONE SAYA HARUS DI-OVERCLOCK?
Ada cara-cara yang mudah untuk memastikan apakah handphone anda butuh overclock. Berikut adalah pertanyaan yang harus anda jawab:
  • Apakah anda merasa bahwa akhir-akhir ini handphone anda lambat?
  • Apakah anda tidak punya uang untuk beli yang baru?
  • Apakah anda tidak masalah dengan hilangnya garansi handphone ataukah memang garansinya sudah kadaluarsa?
  • Apakah anda bersedia menanggung segala resiko dalam melakukan root, dan overclock?
  • Apakah anda sudah mengerti caranya melakukan root, flash ROM dan restore/backup android?
Kalau anda menjawab iya untuk semua pertanyaan di atas, berarti anda perlu overclocking sekarang juga!
  • Pastikan bahwa handphone anda sudah di-root. Hal ini memastikan bahwa handphone anda sudah siap untuk diinstal Custom ROM atau Kernel.
  • Kernel file untuk handphone anda, disarankan kernel file yang memiliki fitur overclock. Biasanya kernel file diedarkan dalam bentuk .zip
  • CWM recovery, dan boot masuk ke CWM recovery untuk flash kernel file
  • Custom ROM (tidak wajib), beberapa kernel bisa bekerja fine-fine saja dengan ROM bawaan dari pabrik, asalkan sudah diroot. Custom ROM biasanya membuat kinerja handphone lebih baik dari ROM bawaan. Contoh custom ROM adalah CyanogenMod
OVERCLOCKING!
Kalau semua langkah di atas sudah dilakukan, ada beberapa aplikasi yang bisa membantu anda melakukan overclock, antara lain:
  • Min CPU speed
  • Max CPU speed
  • Scaling/Governor
  • I/O scheduler
  • Power state/voltage
Selain itu, ada juga pengaturan untuk GPU atau chip grafis yang ada di dalam handphone.
SUMBER ; JALANTIKUS
 

Start typing and press Enter to search