Penyebab SIM Card Tidak Terbaca HP dan Cara Mengatasinya

Penyebab SIM Card Tidak Terbaca HP dan Cara Mengatasinya | SIM Card adalah kartu seluler yang sangat penting untuk sebuah ponsel. Tentu saja penting, apa artinya sebuah ponsel tanpa adanya SIM Card. Karena dengan SIM Card inilah pengguna ponsel bisa melakukan komunikasi. Namun terkadang SIM card tidak terbaca oleh HP, sehingga membuat jengkel, marah dan prustai kali ya. hehehe.....

Masalah SIM card tidak terbaca HP banyak dialami oleh para pengguna ponsel, baik itu ponsel biasa maupun ponsel pintar atau smartphone. Seperti kita ketahui baik ponsel biasa maupun smartphone sama-sama membutuhkan SIM card dan slot yang digunakann juga tidak memiliki perbedaan. Itu artinya, masalah SIM card bisa terjadi baik pada ponsel biasa maupun smartphone.
Penyebab SIM Card Tidak Terbaca HP dan Cara Mengatasinya

Sebelum kita bahas tentang cara mengatasi masalah SIM card tidak terbaca, ada baiknya kita kenali dulu penyebabnya. Ada dua kemungkinan yang terjadi mengapa SIM card tidak terbaca. Pertama kerusakan terjadi pada slot SIM card atau terjadi pada SIM card itu sendiri. Kerusakan pada slot SIM card terjadi karena sering gonta-ganti SIM card atau sering bongkar pasang SIM card sehingga lama kelamaan merusak konektor pada slot SIM card. Tapi belum tentu juga slot SIM card rusak, ada kemungkinan hanya kotor saja sehingga ponsel tidak terhubung dengan chip pada SIM card. Kerusakan bisa juga terjadi pada SIM card, hal ini biasanya disebabkan karena chip yang patah atau retak.

Nah itulah penyebab SIM card tidak terbaca oleh HP, dengan mengetahui peneyabnya maka anda bisa mengambil tindakan yang tepat. Tapi bagaimana cara mengatahui penyebab secara pasti. Jika SIM card tidak terbaca, silakan tes dulu SIM card di HP lain yang bisa membaca SIM card, jika pada HP lain terbaca maka dapat dipastikan yang rusak adalah slot SIM card pada HP. Namun jika tidak terbaca maka yang rusak adalah SIM card-nya.

Cara mengatasi masalah SIM card tidak terbaca bisa disesuaikan dengan penyebab yang ditemukan. Jika hasil analisa yang rusak adalah SIM card maka sebaiknya anda beli SIM card baru, namun jika anda merasa sayang dengan nomor HP anda, silakan anda datang ke gerai kartu selular untuk membeli kartu perdana tapi dengan menggunakan nomor milik anda yang SIM cardnya rusak.

Jika SIM card baik-baik saja (terbaca di HP lain) silakan anda perbaikan kerusakan yang terjadi pada slot SIM card pada HP anda. Slot SIM card tidak bisa membaca SIM card bisa saja terjadi karena slot kotor sehingga SIM card tidak terbaca oleh HP.

Sebagai langkah pertama silakan anda bersihkan slot SIM card dari kotoran yang mungkin menghambat konektor untuk terhubung dengan SIM card. Anda bisa bisa menggunakan cotton bud yang sudah dibasahi dengan bensin atau terpentin atau juga bisa menggunakan minyak kayu putih. Hati, pasa saat membersihkan slot jangan sampai malah memperparah kerusakan, misal terjadi komponen yang patah. Jadi, harus melakukannya dengan penuh kehati-hatian.

Jika dengan cara dibersihkan HP tetap tidak bisa membaca SIM card, ada kemungkinan ada komponen yang rusak. Mungkin harus mengganti slot SIM card pada HP anda. Untuk mengganti slot SIM card tentu saja harus dibekali dengan pengatahuan elektronika dan didukung dengan peralatan yang memadai. Jika, semua itu tidak memungkinkan ada baiknya dibawa ke tukang servis saja daripada membuat kerusakan HP semakin parah. Kecuali anda memang ingin mendapatkan pengalaman dan berani mengambil resiko terbesar yaitu rusaknya HP, silakan anda lakukan penggantian slot SIM card sendiri. Semoga berhasil