-->

Cara Mengatasi Masalah Memori Internal Android Penuh

- 6/08/2016
Cara Mengatasi Masalah Memori Internal Android Penuh | Memori internal penuh pada android sangat mengganggu. Selain membuat kinerja smartphone android menjadi lemot juga selalu memberikan notifikasi bahwa memori internet penuh. Notifikasi ini kadang sering muncul ketika membuka aplikasi pada smartphone android, misal akan menelpon, akan SMS, membuka aplikasi facebook, BBM dan aplikasi lainnya. Jelas ini sangat menganggu sekali.

Memori internal android penuh bisa terjadi karena adanya data yang tersimpan pada memori sangat banyak, baik itu data dokumen maupun data aplikasi. Misal terlalu banyak menginstal aplikasi, terlalu banyak menyimpan file video, MP3, dan data-data lainnya. 

Jika memori penuh diakibatkan hal tersebut, maka anda bisa menghapus beberapa data yang sudah tidak atau jarang digunakan dan menguninstal aplikasi yang tidak atau kurang bermanfaat. 

Namun jika anda merasa sayang dengan aplikasi yang ada pada smartphone android anda, maka anda bisa memindahkan aplikasi tersebut ke memori eksternal atau memori tambahan. Caranya sangat mudah, silakan ikuti instruksi dibawah ini.

Memindah aplikasi Android ke Memori Eksternal/ SD Card Agar Memori Internal Tidak Penuh

  1. Buka ‘Pengaturan’ (Setting)
  2. Pilih ‘Aplikasi’ (Application)
  3.  Pilih ‘Kelola Aplikasi’ (Manage Application)
  4. Pilih aplikasi yang ingin kamu pindahkan
  5. Tekan tombol Move To SD Card
Cara ini cukup efektif untuk mengurangi beban pada memori internal android anda. Tapi mungkin anda akan menemui beberapa aplikasi yang tidak bisa dipindah ke memori eksternal atau SD Card.

Bersihkan cache aplikasi agar memori internal tidak penuh

Cache adalah data-data aplikasi yang tersimpan dalam memori. Tujuan aplikasi membuat data cache adalah agar aplikasi berjalan lebih cepat. Namun akibat dari banyaknya data cache ini akan membuat memori anda menjadi penuh. Agar memori tidak penuh sesak dengan data cache aplikasi silakan hapus saja data-data tersebut.  Caranya adalah sebagai berikut:
  1.  Buka ‘Pengaturan’ (Setting)
  2.  Pilih ‘Aplikasi’ (Application)
  3.   Pilih ‘Kelola Aplikasi’ (Manage Application)
  4.  Pilih aplikasi yang ingin kamu hapus cache-nya
  5.  Setelah itu tekan tombol ‘Hapus Cache’.   (Clear Cache)

Hapus folder .thumbnail


Folder .thumbnail ini adalah folder yang berisi duplikat foto yang ada di galeri. Tujuannya agr pengguna mudah dalam melihat foto-foto yang ada dalam folder. Namun thumbnail ini juga memakan tempat dan parahnya lagi, meskipun foto sudah dihapus thumbnail akan tetap ada. Makanya silakan hapus saja folder .thumbnail ini. Caranya adalah sebagai berikut:
  1. Buka File Manager
  2.  Pilih memori internal
  3. Buka folder DCIM
  4.  Nah, nantinya di dalam folder DCIM ini, kamu akan menemukan folder .thumbnail. Kamu bisa langsung menghapus satu folder atau membuka folder dan memilih semua foto untuk dihapus.
Selain cara-cara di atas anda juga bisa mengatasi masalah memori internal android penuh dengan menghapus data-data yang diakibatkan aktifitas aplikasi anda. Misal anda mengirim gambar atau video via line, WA, facebook, BBM maka aplikasi akan menyimpan file-file tersebut pada folder aplikasinya. Silakan anda hapus saja jika semuanya sudah tidak dibutuhkan lagi.

Itulah cara-cara mengatasi masalah memori internal android penuh yang bisa anda lakukan. Namun perlu anda fahami, ketika anda melakukan cara-cara diatas anda akan mengalami beberapa hal pada aplikasi anda. Terutama aplikasi yang membutuhkan username dan paswoerd seperi aplikasi sosial media, maka setelah anda menghapus data cache anda harus login lagi dari awal. Nah, pastikan anda tidak lupa dengan username dan pasword sosial media anda seperti facebook, BBM, twitter, line, WA dan lainnya.
 

Start typing and press Enter to search