-->

Cara Memperbaiki Kamera HP Gagal Memotret atau Tidak Berfungsi

- 10/22/2019
Cara Memperbaiki Kamera HP Gagal Memotret atau Tidak Berfungsi | Pernah gak, pada saat akan mengambil foto dengan kamera HP kemudian muncul tulisan Kamera Gagal atau camera failed? Meskipun masalah ini tidak sering terjadi pada pengguna HP, tapi ada juga beberapa teman yang mengalami masalah ini. Ada beberapa teman yang konsultasi masalah kamera gagal.

Mereka sangat bingung saat terjadi kamera HP gagal pada hp androidnya, karena pada saat akan menjepret sebuah obyek tiba-tiba muncul tulisan "kamera gagal" dan tentu saja tidak bisa mengambil gambar obyek yang dibidik. Masalah kamera gagal pada HP sebenarnya masalah yang sangat simpel atau sederhana. Tapi karena ketidak tahuan cara memperbaiki kamera HP, pengguna HP yang awam tentu merasa sangat bingung.

Baca Juga : Cara Memindah Aplikasi Ke Memory Eksternal

Cara Memperbaiki Kamera HP Gagal


Cara memperbaiki kamera HP gagal memotret tidak perlu dibawa ke tukang servis, dan tidak perlu juga membongkar-bongkar HP untuk memperbaiki cameranya secara manual. Karena secara hardware, camera HP tidak mengalami masalah, melainkan masalah terjadi pada penyimpanan dan gangguan software lainnya.


Penyebab HP android mengalami kamera gagal karena beberapa faktor, yaitu masalah penyimanan yang sudah penuh, jika anda menggunakan memori eksternal sebagai penyimpanan bisa juga memori tidak terpasang dengan benar, dan masalah lainnya yang mungkin terjadi adalah adanya data cache yang sudah terlampau banyak berasarang di memori. Dengan demikian cara memperbaiki kamera HP gagal harus fokus pada penanganan media penyimpanan.

Baca Juga : Cara Membuat Efek Foto Cembung Pada Semua HP Android

Secara umum, atau yang sering terjadi, masalah kemera HP gagal atau kemera HP tidak berfungsi karena berkaitan dengan masalah penyimpanan. Bisa karena memori sudah terlanjur penuh atau memori eksternal yang tidak terpasang dengan benar.

Cara memperbaiki kemera gagal atau tidak berfungsi yang pertama dianjurkan adalah dengan mengosongkan memori penyimpanan dari sebagian file yang sudah memenuhi memori tersebut. Silakan anda filter file atau data yang ada daldam memori anda. Data mana saja yang masih dibutuhkan dan data mana yang sudah tidak dibutuhkan. Silakan buang atau hapus semua file atau data sehingga ada sisa memori yang cukup untuk menyimpan data baru.

Jika anda menggunakan memori eksternal sebagai penyimpanan foto dari kamera anda, silakan cek apakah memori terpasang dengan benar atau tidak. Caranya, cek dengan masuk menu Setting/ Pengatauran, masuk ke menu Penyimananan, jika ada penyimanan eksternal silakan tap atau klik. Jika berhasil di klik berarti memori eksternal terpasang dengan benar, selanjutnya cek apakah masih ada ruang penyimanan tersisa atau tidak, jika tidak silakan hapus sebagian data.

Kalau memori eksternal tidak terbaca di HP, itu artinya memori eksternal tidak terpasang dengan benar. Silakan anda copot terlebih dahulu kemudian pasang kembali. Namun jika sudah dipasang ulang masih tetap tidak terbaca, maka ada kemungkinan memori eksternal anda rusak. Silaka ganti dengan memori yang baru.

Cara memperbaiki kamera gagal berikutnya, anda bisa dengan menghapus data cache pada memori HP anda. Caranya :
> masuk menu Setting/ pengaturan
> klik menu Penyimananan
> pilih penyimpanan internal
> klik data dalam cache
> akan muncul pertanyaan Hapus data dalam cache, silakan klik OK

Dengan cara seperti ini semua data cache dalam semua aplikasi yang tersimpan dalam penyimpanan internal akan terhapus. Jadi tidak perlu mengahapus satu persatu data cache aplikasi.

Oke, sepertinya cuma itu deh cara memperbaiki kamera HP gagal atau tidak berfungsi, dengan cara seperti ini saja kamera sudah lansung bisa digunakan kembali. Tapi kalau dengan cara seperti ini tidak bisa menyelesaikan masalah, silakan anda reset HP anda untuk mengembalikan ke pengaturan pabrik. Masih gagal juga, hmmm.... itu artinya kamera HP anda mengalami masalah secara hardware.

 

Start typing and press Enter to search