-->

6 Cara Mengatasi Kartu Telkomsel Tidak Bisa Konek Internet

- 1/16/2020
6 Cara Mengatasi Kartu Telkomsel Tidak Bisa Konek Internet | Halo.... apa kabar, udah lama nih saya gak posting di blog tercinta ini. Biasa, kesibukan kerjaan ofline sangat menyita waktu, sehingga tidak memiliki waktu untuk menulis artikel bahkan sekedar copy paste aja sampai gak sempet. Hehe...

Oke, untuk mengobati kerinduan saya pada blog ini, saya share nih sesuatu yang pastinya bermanfaat. Terutama untuk anda para pengguna telkomsel. Tapi, untuk anda pengguna seluler lainnya, tidak ada masalah juga untuk membaca artikel ini, karena ada bagian tetentu yang sifatnya umum sehingga bisa diterpkan juga pada jaringan seluler lainnya.

Masalah kartu telkomsel tidak bisa konek internet atau telkomsel tidak bisa nyambung internet adalah masalah yang mungkin sering dialami oleh pengguna telkomsel. Hal ini bukan menandakan bahwa jaringan telkomsel buruk. Sepanjang pengalaman saya, jaringan telkomsel sangat baik dan sinyal bisa dijangkau sampai ke pelosok desa.

Contoh, ketika saya pulang kampung, sayang menggunakan dua kartu dalam satu HP. Satu XL dan satu lagi Telkomsel, ternyata sinyal XL hilang, sedangkan sinyal telkomsel tetap stabil.

Upss.... saya bukan lagi promosi telkomsel lho, tapi ini hanya pengalaman pribadi. Hehe....

Hmmm.... meskipun jaringan telkomsel sangat baik, tapi terkadang bisa juga mengalami gagal koneksi ke internet. Nah ini mungkin ada masalah yang terjadi. Mari kita simak penjelasan berikut.

Cara mengatasi kartu telkomsel tidak bisa konek internet, anda bisa memmilih salah satu dari cara di bawah ini, atau mungkin lebih dari satu.

1. Pastikan Anda Berada di Lokasi yang bisa menjangkau sinyal Telkomsel

Nah, jangan buru-buru mencaci maki HP anda apalagi membantinya, hehe..... Anda tidak bisa terkoneksi dengan internet bisa saja karena anda berada di tempat yang tidak terjangkau oleh sinyal telkomsel. Jadi perhatikan apakah ada sinyal atau tidak. Kalau tidaka ada sinyal, anda bisa mencoba mematikan dulu HP anda kemudian menghidupkannya lagi. Karena bisa saja HP gagal menangkap sinyal karena masalah HP yang lelah dan ingin direstart.

2. Pastikan Anda Bisa Memiliki Kuota Internet

Cara Mengembalikan Koneksi Internet Telkomsel 1 28a08

Nah lho...., hayo punya kuota internet gak. Kalau gak punya kuota internet, meskipun sinyal kuta anda tetap tidak bisa terkoneksi dengan internet. Silakan cek kuota anda dengan melakukan panggilan pada *888#, kemudian pilih Cek kuota, pilik cek kuota internet, nah informasi kuota internet akan dikirim via SMS. Silakan anda baca, kalau kuota habis silakan segera isi kembali kuota internet telkomsel anda.

3. Pastikan situs bisa diakses  

Cara Mengembalikan Koneksi Internet Telkomsel 2 6c10e

Nah ini juga sering terjadi. Bolak balik berusaha mengakses sebuah alamat situs atau web, tapi tidak bisa nyambung. Mungkin masalah bukan pada HP anda, tapi masalah terjadi pada situs yang anda akses. Saran saya silakan anda coba dulu akses ke situs lain, yang paling baik anda akses dulu google, facebook, twitter, google play, karena situs-situs ini hampir tidak pernah mengalami server down atau masalah lain yang menyebabkan situs tidak bisa diakses. Kalau anda bisa mengakses situs-situs tersebut tapi tidak bisa mengakses situs lainnnya, ada kemungkinan situs tersebut yang bermasalah.

4. Pastikan setelan APN kamu sudah benar

Cara Mengembalikan Koneksi Internet Telkomsel 3 43946

Kalau kuota Telkomsel masih ada tapi tidak bisa internetan, maka bisa jadi setelan APN Telkomsel anda bermasalah.

APN adalah singkatan dari Access Point Name yang merupakan konfigurasi gateway agar sebuah perangkat bisa tersambung ke internet melalui jaringan seluler tertentu.

Ini sedikit teknis, jadi anda perlu mengunjungi pengaturan di Settings buat membenahi profil APN yang bisa jadi berubah karena sebab apapun.

Jika perangkat anda mendukung 4G, maka bisa mengikuti cara setting APN Telkomsel 4G di bawah ini:
Format Setting APN Telkomsel 4G
Name Telkomsel 4G
APN internet
Proxy Not Set
Port Not Set
Username Not Set
Password Not Set
Server Not Set
MMSC Not Set
MMS Proxy Not Set
MMS Port Not Set
MCC 510
MNC 10
Authentication Type Not Set
APN type default
APN protocol Ipv4
APN roaming protocol Ipv4
Enable/disable APN APN Enabled
Bearer Unspecified
MVNO type None
MVNO value Not Set
Sedangkan kalau perangkat kamu hanya mendukung 3G, maka bisa coba mencocokkan setelan APN Telkomsel 3G di bawah ini.

Format Setting APN Telkomsel 3G
Name Telkomsel
APN telkomsel
Proxy Not Set
Port Not Set
Username wap
Password wap123
Server Not Set
MMSC Not Set
MMS Proxy Not Set
MMS Port Not Set
MCC 510
MNC 10
Authentication Type PAP
APN type default, supl
APN protocol Ipv4
APN roaming protocol Ipv4
Enable/disable APN APN Enabled
Bearer Unspecified
MVNO type None
MVNO value Not Set
Setelah memastikan profil APN Telkomsel kamu sudah sesuai dengan pengaturan di atas, klik profil APN-nya dan restart HP kamu.

5. Lakukan Network Refresh dari Settings

Kalau setelan APN anda sudah sesuai dan kartu Telkomsel masih belum bisa tersambung ke internet, maka anda bisa coba lakukan network refresh.

Network refresh di sini dimaksudkan untuk membersihkan setelan di background yang bisa saja tidak terkonfigurasi dengan benar.

Dengan mengakses Settings, anda bisa melakukan network refresh dengan cara sebagai berikut:
Network refresh di Android:

Kartu Telkomsel Connect Internet Android 1 85aee
Kartu Telkomsel Connect Internet Android 2 1d28d

Settings > Network & internet > Mobile network > Preferred network type > Ganti dari LTE ke 3G, lalu kembali ke LTE lagi; untuk perangkat 3G bisa mengganti ke 2G dan kembali ke 3G; atau

Nonaktifkan setelan Automatically select network , lalu aktifkan kembali.
Network refresh di iOS:
Kartu Telkomsel Connect Internet Iphone 1 7b80e
Settings > General > Reset > Reset Network Setting.

6. Restart Koneksi Internet

Selain dari Settings, anda bisa mengembalikan koneksi internet kartu Telkomsel kamu melalui kode USSD dari dialer atau aplikasi telepon.

Cara restart jaringan internet kartu Telkomsel melalui kode USSD sangat mudah, ikuti langkah berikut:

Buka aplikasi dialer > masukkan kode *363 *212# untuk menonaktifkan internet Telkomsel, kemudian masukkan kode *363 *213# untuk mengaktifkan internet Telkomsel kembali.

Seharusnya, cara-cara di atas sudah bisa mengembalikan koneksi internet kartu Telkomsel anda.

Nah itulah 6 cara mengatasi kartu telkomsel tidak bisa konek internet, hal tersebut bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah koneksi internet pada kartu telkomsel. Semoga bermanfaat, kalau bermanfaat jangan lupa untuk di share ke teman-teman anda.

 

Start typing and press Enter to search