Cara Memperbaiki Smartphone Yang Tidak Bisa di Charge atau di Cas

Cara Memperbaiki Smartphone Yang Tidak Bisa di charge atau di cas | HP tidak bisa di charge atau di cas (yang betul dicharge atau dicas karena charge dan cas bukan kata tempat) hehehe... Lalu kenapa saya menulis judul dengan kata di charge atau di cas, itu karena kebanyakan orang atau secara umum orang menulis di google seperti itu ketika mencari solusi smatphone tidak bisa di charge atau di cas.

Oke, inti utama di sini bukan untuk membahas tata bahasa tata cara menulis karena ini bukan kelas Bahasa Indonesia, tapi ini adalah tips bagi anda yang ingin memperbaiki smartphone yang tidak bisa di cas. Jadi tidak usah menghiraukan tata cara menulisnya ya. Hehehe....
Smartphone tidak bisa di cas atau smartphone tidak mau mengisi baterai adalah masalah yang sering dialami oleh pengguna smartphone. Sebenarnya bukan hanya smartphone tapi juga HP biasa juga bisa mengalami masalah ini. Untuk mengatasi masalah tersebut maka harus anda kenali dulu apa penyebabnya.

Baca Juga : 7 Penyebab Smartphone Cepat Rusak Yang Harus Anda Tahu

Penyebab smartphone atau HP tidak bisa di cas (charge) bisa dikabitkan tiga hal, masalah pada charger (adaptor ataupun kabel), masalah pada konektor smarpthone dan masalah pada baterai. Untu itu silakan anda test terlebih dahulu masalahnya dimana.

Silakan anda tes smartphone anda dengan charger lain, kalau dengan charge lain ternyata smartphone bisa di cas (charge) itu artinya charger anda yang bermasalah. Kalau charger anda menggunakan kebel yang USB yang bisa dilepas, silakan anda lepas kabelnya dan ganti dengan kebel lain. Kalau dengan kabel lain bisa mencharge itu artinya kebel USB charger anda yang bermasalah. Sebaliknya jika anda menggunakan kebel lain dan tetap tidak bisa itu artinya adaptornya yang bermasalah.

Jika dengan menggunakan charger dan kabel yang berfungi normal di smartphone lain tapi tidak di smartphone anda, ada kemungkinan konektor (lubang) untuk colokan charger pada smartphone anda bermasalah atau juga bisa baterai anda yang bermasalah.

Solusi memperbaki smartphone yang tidak bisa di cas (charge)

Jika berdasarkan analisa atau diagnosa charger anda yang rusak maka tentu saja anda harus mengganti atau membeli charger baru. Tenang saja, charger tidak mahal kok. Paling dengan harga 25.000 saja sudah bisa mendapatkan charger yang baru.

Jika charger ternayta berfungsi normal di HP lain, silakan anda coba membersihkan konektor (lubang) untuk mencas pada HP. Ada kemungkinan konektor charger kotor sehingga tidak bisa tersambung. Membersihkan bisa menggukan minyak cat (terpentin) tapi jangan di teteskan apalagi di guyur. Hehehe....

Cukup anda celupkan sebuah cuttob bud ke terpentin (bisa juga menggunakan bensin) kemudian oles-oleskan ke konektor HP. Anda juga bisa menggunakan jarum pentul untuk membantu membersihkan konektor tersebut, silakan anda colok-colokan secara perlahan ke konektor (tepat pada logam) yang ada di lubang cas-casan tersebut.

Baca Juga : Tips Memilih Power Bank Berkualitas

Jika semuanya sudah dikerjakan tapi tetap tidak bisa di cas juga, silakan anda periksa baterai smarpthone anda. Letkkan pada bisang datar (misal kaca) kemudian anda putar. Jika baterai memutar itu artinya baterai menggelembung. Baterai yang menggelembung biasanya akan cepat habis baterainya dan bahkan tidak bisa di cas. Jika demikian silakan anda ganti baterai smartphone anda.

Tips agar baterai smartphone anda awat

Agar baterai smartphone anda awet sebaiknya matikan jika smartphone sedang di cas. Jika anda mencas smartphone dalam keadaan hidup, selain akan membuat boros baterai (karena ada aplikasi yang berjalan) juga akan membuat baterai cepat rusak. Selain itu biasakan mengisi baterai sebelum daya benar-benar habis. Masksimal daya tersisa 10%, maka langsung di cas (charge)

Demikian cara memperbaiki smartphone yang tidak bisa di cas (charge) yang bisa anda lakukan sendiri tanpa harus melarikan smarpthone anda ke tukang servis. Dengan demikian anda bisa menghemat biaya dan tentunya akan menambah pengalaman anda sendiri.