-->

Cara Mengatasi HP Android Yang Lemot dan Boros Baterai

- 11/26/2016
Cara Mengatasi HP Android Yang Lemot dan Boros Baterai |  Ada-ada saja memang masalah HP android. Mulai dari masalah suhu yang sangat panas, terjadi lemot hingga lag dan baterai sangat boros. Masalah-masalah ini sudah menjadi keluhan umum para pengguna HP android. 

Lalu bagaimana cara mengatasi HP android yang lemot dan boros baterai tersebut. Tentunya anda tidak ingin kan buang-buang duit terus untuk memperbaiki HP android ke tukang servis.

Yuk, kita coba mengatasi HP android yang lemot dan boros baterai secara mandiri. Artinya kita oprek sendiri, kita servis sendiri, kita perbaiki sendiri. Stop!!! Jangan pergi ke tukang servis dulu. 

Sebelum kita mengatasi HP android yang lemot dan boros baterai, mari kita kenali dulu penyebabnya. Secara umum, HP android yang lemot dan boros baterai disebabkan oleh hal-hal sebagai berikut :
1 . Terlalu banyak install aplikasi
Terlalu banyak menginstal aplikasi bisa memenuhi ruang penyimpanan data, makan RAM secara berlebihan dan tentunya membuat baterai cepat habis. Meskipun anda menggunakan HP android dengan spesifikasi dewa, tapi jika segala aplikasi diinstal dan dijalankan pasti akan mengalami masalah HP android menjadi lemot dan yang pasti baterai cepat habis. Hal ini karena hampir semua aplikasi meninggalkan residu (cache), jika tidak dimanage dengan baik maka jelas semakin lama akan memenuhi storage atau memori. Efek lainnya, karena banyak aplikasi yang diinstal maka banyak aplikasi yang berjalan di belakang sehingga tanpa disadari menyedot daya bateari.

2 . Terlalu banyak aplikasi yang berjalan di background
Dari sekian banyak aplikasi yang terinstal di smartphone, ada beberapa aplikasi yang berjalan secara diam-diam. Artinya, sebenarnya anda tidak menjalankan aplikasi tersebu atau tidak membuka aplikasi tersebut, tapi sebenarnya aplikasi tersebut sudah berjalan. Jelas ini akan membuat daya baterai habis, RAM tersedot sehingga mengakibatkan HP android menjadi lemot.

3. Live wallpaper
Live Wallpaper adalah gambar layar yang bisa bergerak. Dengan menggunakan live wallpaper maka HP android akan terlihat lebih keren, modern dan terkesa canggih. Tapi, jika anda memilih mengaktifkan live wallpaper maka anda harus mengobankan RAM dan baterai yang cepat habis. Hal ini karena live wallpaper akan memicu CPU/GPU agar bekerja lebih intens.

Teknis Mengatasi Masalah HP Android Yang Lemot dan Boros Baterai

1. Masuk ke Setting >> Display >> Brightness. Atur brightness sesuai kebutuhan, terlalu terang gak bagus buat mata dan baterai, usahakan brightness seminimal mungkin.
– Auto rotate screen (OFF), gunakan kalau diperlukan aja.
– Screen Timeout atur ke 15/30 detik.
– Wallpaper (opsional) ganti dengan wallpaper yang berwarna gelap/dominan hitam, untuk meminimalkan konsumsi layar.
2. Setting >> Sound. Matikan fitur yang dirasa tidak perlu seperti touch sound dan dialing keypad tone
3. Matikan GPS jika tidak dipakai
4. Setting >> Backup and reset, atur Backup my data (OFF). Hidupkan jika hanya ingin membackup.
5. Matikan Sync lewat panel notifikasi.
6. Matikan Mobile data jika terdapat jangkauan akses internet Wifi. Mobile data signifikan menguras baterai ketimbang Wifi.
7. Setting >> About device >> Software update, matikan Auto update. Aktif di forum pasti bakal ada pemberitahuan semisal ada update
8. Setting >> Application manager >> All.
Beberapa aplikasi bawaan seperti Hangout , Google Play Games, dll lebih baik dinonaktifkan. Meskipun tidak pernah dijalankan, aplikasi-aplikasi tsb biasanya akan tetap berjalan di background. Hal ini yang sangat berpotensi menuh menuhin RAM dan membuat batre makin boros. Berikut list aplikasi aplikasi yang aman untuk didisable/turn off:
Drive
Gmail
Google Play Books
Google Play Games
Google Pay Music (jika memakai music player lain)
Google Play Newsstand
Google Search
Google +
Hangouts
MusicFx
GALAXY Apps
Memo
My Files (jika sudah menginstall file explorer lain)
Samsung account
Samsung Biling
Samsung in-App purchase
Samsung Push Service
Street View
TalkBack
Weather
Nah itulah cara mengatasi HP android yang lemot dan boros baterai yang bisa anda jadikan sebagai referensi ketika menemui masalah pada HP android anda. Pastikan ketika anda akan melakukan tindakan perbaikan terhadap HP android anda maka anda harus mengenali terlebih dahulu penyebabnya.
 

Start typing and press Enter to search