-->

Cara Mudah Membuat Link Order Via WA, Cocok Untuk Internet Marketing

- 2/24/2019
Cara Mudah Membuat Link Order Via WA, Cocok Untuk Internet Marketing | Sudah tidak bisa dihindari lagi, kalau WA memang sudah menjadi bagian penting dari dunia e-comerce. Yang tadinya, WA hanya menjadi alat kedua untuk melakukan follow up, kini WA malah berkembang menjadi form order bahkan menjadi market place. Hmmm.....

Fungsi WA untuk mendukung internet marketing sangat signifikan. Dengan melakukan sedikit trik, maka proses transaksi online bisa menjadi lebih mudah dan cepat. Bayangkan, hanya dengan satu atau dua kali klik, pelanggan sudah langsung diarahkan pada form order via WA langsung. Dengan demikian, maka respon akan lebih cepat diberikan ketimbang form order yang terkirim ke email atau inbok facebook.

Di beberapa toko online, sering kita lihat tombol order via WA yang ketika klik ternyata mengarahkan kita kita pada chat WA dengan WhatsApp Web. Hebatnya lagi disitu sudah tersedia form isian, jadi kalau kita mau order sesuatu tinggal mengisi data sesuai format isisan dan kirim.

Hmmm.... bagi calon pembeli ini jelas mempermudah ketika akan order sesuatu, dan bagi penjual juga sangat mempercepat proses respon terhadap calon pembeli.

Bagi anda para pelapak yang belum tahu cara membuat link order via WA, silakan lanjutkan bacanya. Tapi bagi para master yang sudah tahu bahkan bisa membuat lebih canggih, silakan minggir dulu ya, tapi jangan nyinyir. Hehe.....

Cara Membuat Link Order via WA

Untuk membuat link order via WA ternyata sangat mudah lho. Kita hanya perlu memanfaatkan fitu api whastapp. Kode yang dibutuhkan juga sangat sederhana, tidak memerlukan keahlian coding tingkat dewa. Hahaha....

Contoh Link Order Via WA
https://api.whatsapp.com/send?phone=628179432618&text=Order%20Herbal%20Labdawara%0ANama:%0AAlamat%20Lengkap:%0AJumlah:%0AExpedisi:

Kalau link tersebu di copy paste dan dibuka pada browser maka kana muncul tampilan seperti ini
Untuk melanjutkan chating, maka tinggal klik SEND, otomatis anda akan diarahkan ke aplikasi whatsapp milik anda jika anda membukanya menggunakan smartphone, jika anda menggunakan laptop maka anda harus membuka WhatsApp Web terlebih dahulu (https://web.whatsapp.com)

Kode dasar, untuk membuat link order via wa adalah https://api.whatsapp.com/send?phone=628179432618&text=

Silakan ganti nomor WA (yang diblok merah) dengan nomor WA anda. Kemudian untuk membuat form order, setelah text= silakan  isi dengan form yang anda kehendaki.

Arti kode :
%20 = SPASI
%0A = ENTER

Jadi, silakan anda susun form order dengan menggunakan kombinasi kode tersebut. Jika anda ingin memisahkan antara kata, silakan sisipkan kode %20 dianara kata tersebut, dan jika ingin kata berikutnya turun ke bawah, silakan sisipkan kode %0A sebelum kata yang ingin diturunkan.

Nah mudah bukan. Silakan anda mencoba membuat form order milik anda sendiri.

Bagaimana cara menggunakannya pada web atau toko online?
Untuk menyingkat link agar tidak panjang banget, silakan anda gunakan bit.ly untuk menyingkat link tersebut. Contoh link bit.ly yang mengarah pada form order via WA https://bit.ly/2BgbWY7

Untuk memasangnya pada web, anda bisa menggunakan image/ gambar yang cukup untuk menggambarkan sebuah tomobol order via WA. Atau juga bisa menggunakan achor text, misal dengan title KLIK DISINI, ORDER DI SINI atau yang lainnya.

 

Start typing and press Enter to search