-->

Penyebab Umum Android Hang dan Cara Memperbaikinya

- 7/11/2015
Penyebab Umum Android Hang dan Cara Memperbaikinya | Android hang atau android dalam kondisi macet tidak bekerja. Misal anda sedang asyik bermain game tiba-tiba android macet tidak merespon, atau bahkan hanya sedang sms-an saja android menjadi hang atau macet. Huh.... sangat menjengkelkan.Jengkel boleh, tapi HP android anda jangan di banting kecuali memang anda sudah ada niatan untuk mengganti ponsel dengan ponsel yang baru. Hehehe......

Sebenarnya anda bisa mengatasi atau memperbaiki android hang sendiri. Jadii tidak usah terburu-buru lari ke tukang serviis HP. Coba upayakan sendiri dulu. Untuk bisa memperbaiki android yang hang, maka harus kita kenali dulu apa penyebabya.

Sebelum android hang biasanya diawali dengan kinerja yang melambat. Kondisi seperti ini disebabkan banyak hal. Namun secara umum, android yang melambat dan menjadi hang disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut :

Baca Juga : Cara Mengembalikan Settingan Android ke Pengaturan Pabrik

Penyeban android hang dan cara memperbaikinya


Android hang karena terlalu banyak menginstal aplikasi
Semakin banyak aplikasi yang dipasang atau diinstal pada smartphone, maka akan semakin menguras daya yang disediakan oleh ponsel. Misal akan menghabis daya tampung memori, kinerja processor dan RAM.
Cara memperbaikinya :
Kalau memang anda merasa sudah menginsta terlalu banyak aplikasi pada smartphone anda, ada baiknya anda uninstal aplikasi yang tidak penting. Silakan seleksi aplikasi apa saja yang tidak penting kemudian copot atau uninstal.

Android hang karena aplikasi tidak sesuai dengan spesifikasi HP
Mungnkin anda tidak merasa menginstal banyak aplikasi tapi ternyata ponsel anda tetap sering hang. Hal bisa disebabkan karena anda sudah menginsta aplikasi yang tidak sesuai dengan spesifikasi smartphone android anda. Perlu diingat bahwa setiap aplikasi sudah dirancang sedemikan rupa sehingga tidak bisa diinstal di sembarang smartphone.  Yang paling sering terjadi adalah, aplikasi game yang tidak sesuai dengan spesifikasi.
Cara memperbaikinya :
Silakan indetifikasi spesifikasi smartphone anda dan lihat spesifiikasi yang dibutuhkan dari setiap aplikasi yang anda instal teruama game-game 3D. Silakan anda uninstal aplikasi yang terlalu berat.

Baca Juga : Cara Agar Android Menjadi Modem Laptop

Android hang karena memori over load (penuh)
Terkadang kita juga menyimpan berbagai file di memori smartphone, padahal seperti kita tahu bahwa kapasitas memori smartphone tidak seperti hardisk pada komputer atau laptop yang bisa mencapai ratusan giga byte bahkan sampai hitunga tera byte, sehingga bisa menyimpan banyak file dengan ukuran-ukuran besar. Smartphone tidak demikian, kapasita penyimpannya sangat minim apalagi kalau smartphone dengan harga di bawah 1 jutaan Maka anda harus instropeksi diri untuk menyimpan terlalu banyak file di memori smartphone anda. Karena jika memori mengalami over load atau terlalu penuh akan mengakibatkan kinerja smartphone anda melambat bahkan hang atau macet
Cara memperbaikinya :
Silakan seleksi file-file yang tidak terlalu penting dan buang atau hapus file-file tidak penting tersebut Kalau memang dirasa penting semua ada baiknya backup pada memori lainnya dan upayakan agar memori pada smartphone tidak full.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Android Error Sering Macet

Nah itulah penyebab umum android hang dan cara memperbaikinya, semoga artikel ini bermanfaat untuk membantu mengatasi smartphone android anda yang sering hang atau bahkan sering restart.
 

Start typing and press Enter to search