-->

3 Cara Paling Canggih Mengamankan WhatsApp Dari Pencurian Data

- 4/16/2018
3 Cara Paling Canggih Mengamankan WhatsApp Dari Pencurian Data - WhatsApp adalah aplikasi chating yang bersifat pribadi dan terkadang bersifa rahasia. Tentu saja menjadi sangat rahasia, kalau percakapan atau chating anda sangat bersifat privasi sehingga tidak boleh orang lain tahu kecuali anda dengan lawan chating anda. 

Tentunya anda tidak ingin kan kalau percakapan rahasia anda bocor kepada orang yang tidak anda inginkan, padahal terkadang HP android anda mungkin sering digunakan oleh orang lain. Bisa digunakan atau dipinjam oleh teman, anak-anak, istri, saudara atau siapa saja yang biasa meminjam HP android anda. 
Kalau anda tidak ingin percakapan rahasia anda bocor kepada orang yang tidak diinginkan, kunci WhatsApp anda dengan menggunakan cara penguncian yang paling canggih. Kalau hanya mengunci dengan PIN atau pasword, itu sudah biasa dan mudah untuk dibobol. Nah, saya rekomendasikan agar anda mengunci WhatsApp anda dengan teknologi tercanggih saat ini.

3 cara canggih mengunci WhatsApp agar tidak bocor kepada orang lain adalah 3 metode penguncian menggunakan teknologi pengamanan tercanggih saat ini, yaitu bisa menggunakan fingerprint, face recognition dan voice recognition. 

Fingerprin adalah tekonologi pengamanan tercanggih yang saat ini banyak digunakan dalam HP pintar, hal ini karena kecil kemungkinannya orang lain untuk bisa menduplikasi sidik jari anda sendiri sehingga bisa mengakses HP pintar anda yang sudah dikunci dengan teknologi fingerprint.

Face recognition adalah metode pengamanan dengan menggunakan foto wajah anda sendiri. Hal ini juga merupakan teknologi paling canggih, karena setiap orang memiliki wajah yang unik. Meskipun ada dua orang kembar skelipun, tetap saja wajah memiliki keunikannya tersendiri. Pengamanan dengan teknologi canggih akan menjadikan HP android anda sangat aman dari akses orang yang tidak bertanggung jawab.
Voice recognition adalah metode penguncian dengan menggunakan suara. Hebatnya, metode ini tidak hanya mengidentifikasi kata atau kalimat apa yang diucapkan, termasuk akan mengidentifikasi jenis suara pemilik HP pintar. Sama dengan fingerprint dan face recognition, pengamanan dengan menggunakan voie recognition juga memiliki tingkat keamanan yang sangat tinggi. Selain tidak semua orang bisa mengetahui kata atau kalimat yang anda gunakan untuk mengunci HP android, jenis suara anda juga sangat unik sehingga sangat kecil kemungkinannya untuk bisa ditiru oleh orang lain.

Nah, tentunya anda penasaran dengan 3 metode mengamankan WhatsApp tersebut, anda bertanya-tanya aplikasi apa yang digunakan, gratis atau berbayar. Kalau urusan bayar atau gratis, kita sudah tahu kalau google play merupakan gudang aplikasi android gratis. Sekarang apliaksi apa saja yang digunakan, beriku penjelsannya.

1. Mengunci WhatsApp Dengan AppLock Fingerprint

cara-mengunci-whatsapp-android-paling-canggih-1
Sumber image : www.jalantikus.com

Oke, untuk bisa mengamankan atau mengunci WhatsApp anda dengan fingerprint tentu saja HP android anda harus sudah memiliki fitur fingerprint, kalau belum ya jangan berharap akan bisa menggunakan apliaksi ini. Kalau sudah memiliki fitur fingerprint, silakan langsung aja anda download dan install terlebih dahulu aplikasi android bernama "AppLock - Fingerprint". Anda bis mendownload apliaksi ini di google play.
Setelah selesai silakan anda jalankan atau buka aplikasi dan buat "Master PIN". Fungsinya untuk jaga-jaga apabila anda tidak bisa pakai fingerprint. Jika sudah selesai, lanjutkan dengan klik "Yes" pada pertanyaan yang muncul.

Baca Juga : Cara Melacak Lokasi Orang Lain Dengan WhatsApp
cara-mengunci-whatsapp-android-paling-canggih-2
Sumber image : www.jalantikus.com
Klik tanda "+" yang ada di bawah, lalu cari aplikasi "WhatsApp", klik kembali tanda "+" yang ada di bawah. 
cara-mengunci-whatsapp-android-paling-canggih-3
Sumber image : www.jalantikus.com
Akan muncul notifikasi, klik saja "Ok", lalu anda akan diarahkan ke "Usage Access". Cari aplikasi "AppLock - Fingerprint", lalu klik "On". Selesai, sekarang aplikasi anda sudah terkunci.
cara-mengunci-whatsapp-android-paling-canggih-4
Sumber image : www.jalantikus.com

2. Mengunci WhatsApp Dengan Face Recognition

cara-mengunci-whatsapp-android-paling-canggih-5
Sumber image : www.jalantikus.com
Seperti biasa, silakan anda download dan install aplikasi bernama "AppLock Face/Voice Recognition". Untuk mendownload aplikasi ini silakan untuk menggunjungi google play atau klik di sini. Setelah selesai menginstal silakan anda buka aplikasi tersebut lalu klik "I Agree" pada syarat dan ketentuan. Lanjutkan dengan pilih "Create Your Own Unlock Phrase" untuk membuat kata sandi.

Baca Juga : Cara Menggunakan WhatsApp Dengan Merahasiakan Nomor HP Pribadi
cara-mengunci-whatsapp-android-paling-canggih-7
Sumber image : www.jalantikus.com

Buat "Kata Sandi" untuk pengenalan suara, bebas boleh apa saja, jika sudah selesai klik tanda "Centang". Lanjutkan dengan ambil foto sambil mengucapkan kata sandi anda.

cara-mengunci-whatsapp-android-paling-canggih-8
Sumber image : www.jalantikus.com

Sebagai jaga-jaga bila terjadi hal tidak diinginkan seperti lupa atau kamera HP anda rusak, buat metode alternatif. Bisa berupa "Pattern""Pin", atau "Password". Pada contoh ini Jaka pakai pin.
cara-mengunci-whatsapp-android-paling-canggih-9
Sumber image : www.jalantikus.com

Lanjutkan dengan klik "Go To Android Settings", nantinya anda akan diarahkan ke "Usage Access". Cari aplikasi "AppLock Face/Voice Recognition", lalu klik "On".

cara-mengunci-whatsapp-android-paling-canggih-10
Sumber image : www.jalantikus.com

Lanjutkan kembali dengan klik "Ok, Got It". Pada daftar aplikasi yang muncul, cari "WhatsApp"atau aplikasi yang ingin anda kunci. Klik tanda "Gembok" seperti pada gambar di bawah. Selesai.
cara-mengunci-whatsapp-android-paling-canggih-11
Sumber image : www.jalantikus.com

3. Mengunci WhatsApp Dengan Voice Recognition

cara-mengunci-whatsapp-android-paling-canggih-6
Sumber image : www.jalantikus.com

Cara tercanggih terakhir, adalah dengan voice recognition. Dimana untuk membuka aplikasi WhatsApp, anda harus mengucapkan kalimat khusus. Karena suara orang berbeda-beda, sudah pasti cara yang ini aman banget. anda juga bisa menggabungkan cara ini dengan yang kedua.

Baca Juga : Manfaat Tersembuyi Dari WhatsApp Yang Belum Anda Tahu
cara-mengunci-whatsapp-android-paling-canggih-12
Sumber image : www.jalantikus.com
Cara melakukannya sendiri sangat mudah, semua caranya sama persis dengan cara yang kedua. Hanya berbeda dicara terakhir. Anda perlu centang tanda "Gembok Berkotak", selesai sudah. WhatsApp anda kini sudah terkunci dengan aman, nggak mungkin bisa dihack!

Nah itulah 3 cara paling canggih mengamankan WhatsApp dari pencurian data, silakan anda gunakan salah satu metode pengamanan WhatsApp yang paling memungkinkan untuk HP android anda. Dengan menggunakan salah satu metode di atas, maka data-data percakapan anda dalam WhatsApp akan aman dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.
 

Start typing and press Enter to search