Cara Memindah Data Dari Smartphone Android ke Flashdisk Tanpa PC

Cara Memindah Data Dari Smartphone Android ke Flashdisk Tanpa PC | Memindahkan data dari HP android ke flashdisk secara langsung layaknya memindahkan data dari komputer atau laptop ke flashdisk, mungkin adalah sesuatu yang mustahil dilakukan. Tapi sekarang, hal itu ternyata bukan sesuatu yang mustahil. Smartphone android bisa melakukan transfer data atau copy paste dari android ke flasdisk secara langsung tanpa bantuan komputer atau laptop.

Sama halnya dengan memindah data dari komputer atau laptop ke flashdisk, yaitu colokkan flasdisk ke smartphone kemudian smartphone akan mendeteksi flasdrive yang dicolokkan sehingga muncul drive external memory pada sistem android. Kok bisa, cara menghubungkan atau mencolokkan flashdisk ke smartphone gemana? Kan smartphone mengguna mini USB.

Untuk menghubungkan flashdisk ke smartphone, bisa menggunakan alat yang bernama USB OTG atau USB On the Go. Sebuah alat kecil yang sangat murah meriah, harga berkisar antara 4 ribu hingga 10 ribuan saja. Alat ini ada dua jenis, lihat gambar berikut.
USB OTG Dengan Kabel
USB OTG Tanpa Kabel
Kedua alat di atas memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk menghubungkan flashdisk ke smartphone android. Namun perlu diingat, tidak semua smartphone android suport USB OTG. Sementara ini, USB OTG hanya bisa digunakan pada smartphone android hight calss saja. Hal ini sangat wajar, karena semakin mahal sebuah smartphone, maka semakin kompleks daya dukunganya terhadap sebuah konetfitas.

Meskipun demikian, bagi anda yang memiliki smartphone android yang belum memiliki dukungan terhadap USB OTG bisa menggunakan aplikasi bantuan, yaitu USB OTG Helper yang bisa anda unduh di sini. Tapi, untuk bisa menggunakan aplikasi ini syarat utamanya adalah android anda harus sudah di root terlebih dahulu. Untuk melakukan root pada android anda silakan baca cara mudah root dan unroot semua jenis HP android.

Nah sekarang, anggap saja android anda sudah suport atau sudah bisa terhubung dengan flashdisk menggunakan USB OTG, silakan anda colokkan flasdisk ke smartphone anda menggunakan USB OTG. Lihat gambar.

Setelah tersambung seperti gambar di atas, maka jika smarpthone android anda sudah suport USB OTG akan nampak icon memory seperti nampak pada gambar di bawah ini.
Masuklah ke file manager dan pilih file yang ada dalam Internal Storage, yang ingin anda pindah ke flasdisk.  Beri tanda centang (V) untuk file yang akan dipindah. Jika ada beberapa file yang akan ditransfer, beri centang semua file. Setelah itu pilih opsi Copy.
Setelah pilih opsi copy, sekarang carilah external storage (flasdisk) yang sudah terhubung ke smartphone anda.
Pilih folder dimana anda akan menempatkan data pindahan dari smartphone. Lakukan seperti memakai PC, dengan cara pilih Paste.

Setelah selesai, lepaskan flasdisk dari smartphone anda. Namun, sebelum melepaskan flasdisk, silakan anda tap atau klik dulu pada unmount, guna mencegah crash atau masalah lainnya.

Selesai, anda sudah berhasil memindahkan data dari smarpthone ke flashdisk tanpa bantuan PC. Dengan cara ini memindah data atau melakukan backup data semakin mudah, namun saya sarankan kalau anda memiliki komputer atau laptop lebih baik backup data anda ke komputer atau laptop dengan menggunakan kabel data. Cara ini lebih  aman dan tanpa ribet. Semua jenis HP bisa terbaca di komputer atau laptop tanpa harus ngoprek android anda terlebih dahulu. Selain itu, terlalu sering android anda dihubungkan dengan flasdisk akan semakin rentan terinfeksi oleh virus.