-->

Cara Cek Bantuan Kuota Internet Pendidikan Dari Pemerintah

- 10/17/2020

Hayoo.... udah nerima bantuan kuota internet belum nih dari pemerintah. Untuk anda para tenaga pendidik (guru dan dosen) dan para peserta didik mulai dari SD sampai anak kuliahan udah pada nerima bantuan kuota internet belum nih. 

Mulai awal bulan September, pendataan calon penerima bantuan kuota internet sudah dilaukan oleh masing-masing satuan pendidikan. Misal, untuk sekolah dasar dan menengah, pendataan calon penerima bantuan kuota internet ini dilakukan melalui updating data di aplikasi dapodik. Dalam tahap ini para operator sekolah mendata nomor ponsel para peserta didik dan tenaga pendidik yang kemudian akan diinputkan dalam aplikasi dapodik.

Para operator sekolah bekerja keras untuk mendapatkan data nomor ponsel yang benar-benar valid. Baik valid secara kepemilikan maupun keaktifan nomor ponsel tersebut. Masalahnya, banyak diantara para peserta didik dan tenaga kependidikan yang nomor ponselnya sudah tidak aktif. 

Setelah input data nomor ponsel di aplikasi dapodik, ternyata tugas seorang operator sekolah belum selesai. Masih ada tahapan berikutnya yang harus dilakukan, yaitu melakukan verifikasi dan validasi pada aplikasi online yang sudah disediakan oleh ditjen dikdasmen. Dalam tahap ini, operator sekolah harus memeriksa satu persatu data. Operator sekolah juga harus memastikan nomor ponsel tersebut milik siapa. Apakah milik siswa, milik orang tua, milik paman/bibi, miliki kakek/nenek, atau milik kakak atau adik.

Setelah proses validasi selesai, selanjutnya operator harus membuat SPTJM (Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak) yang nantinya ditandatangani bermaterai oleh kepala sekolah. Selanjutnya SPTJM tersebut diupload pada aplikasi vervalponsel.

Nah karena proses yang panjang ini, maka kemudian penyaluran bantuan kuota internetpun diundur sampai dengan minggu akhir bulan September. Tepatnya mulai tanggal 23 September 2020 kuota internet mulai disalurkan kepada para penerima yang sudah masuk dalam SPTJM yang diupload oleh para operator sekolah.

Proses yang panjang dan makan tenaga serta pikiran ini mungkin tidak diketahui oleh para penerima kuota internet. Maka terkadang ada juga orang tua siswa yang komplain ke sekolah karena belum menerima bantuan kuota internet. Tapi tidak sedikit juga yang cuek aja, dapat sukur gak juga gak apa-apa. Hehe...

Eh, tapi kira-kira semua peserta didik dan tenaga pendidik yang diajukan mendapatkan bantuan kuota internet gak ya. Masalahnya, ada di salah satu sekolah yang datanya sudah masuk SPTJM, tapi sampai batas waktu penyaluran kuota internet tahap I sudah selesai, belum mendapatkan kuota internet juga. 

Eit, tapi tahunya gak dapat bantuan kuota internet darimana ya?

Hmmm.... untuk beberapa penerima bantuan kuota internet ada yang mendapatkan notifikasi (pemberitahuan) via SMS bahwa bantuan kuota internet sudah masuk. Tapi sepertinya tidak semua penerima bantuan kuota internet mendapatkan pemberitahuan tersebut. Terus, gemana donk cara tahu kita dapat bantuan kuota internet atau tidak.

Cara Cek Bantuan Kuota Internet Semua Operator Seluler

Nah daripada pusing-pusing atau menebak-nebak sudah dapat bantuan kuota internet atau belum, yuk kita cek aja langsung. Semua operator seluler memiliki fasilitas untuk cek kuota internet yang dimiliki. Jika anda sudah menerima bantuan kuota internet, maka ketika dilakukan pengecekan kuota internet akan ada info bahwa kuota internet yang anda miliki terdiri dari kuota utama 5 GB dan kuota edukasi 35 GB.

Bagaimana cara ceknya? Ini dia cara cek kuota internet semua operator seluler.

1. Telkomsel

Bagi pengguna produk Simpati, Kartu AS, Loop, dan By.U bisa mengecek kuota internet gratis belajar online ini melalui *888# atau lewat aplikasi MyTelkomsel.

2. Indosat

Bagi pengguna Indosat Ooredoo mengecek melalui 123*075# lalu pilih nomor satu atau melalui aplikasi myIM3.

3. Tri

Bagi pengguna Tri dapat mengecek melalui *123*10*3# atau aplikasi Bima+ yang informasinya akan muncul di kolom kuota aplikasi dan edukasi.

4. Xl dan Axis

Bagi pengguna Xl dan Axis bisa mengecek melalui *123# lalu pilih info atau melalui aplikasi myXL dan AxisNet.

5. Smartfren

Dapat melakukan cek melalui USSD Smartfren dengan mengetik nomor di smartphone *995#.

Nah itu fasilitas untuk cek kuota internet, coba sekarang cek deh kuota internet anda. Tapi kalau ternyata anda belum menerima bantuan kuota internet tidak usah marah-marah ya, apalagi marahnya sama operator sekolah, hadeuh..... saya mah kasihan sama operator sekolah. Sudah capek banget membuat pengajuan bantuan kuota internet eh dia sendiri tidak mendapatkan bantuan kuota internet sedikitpun. Padahal yang namanya pengajuan bantuan kuota internet semua dilakukan secara online, tapi justru yang bekerja keras dan harus menggunakan kuota internet malah gak dapat bantuan kuota internet.

Nah, coba kasihan gak tuh. Pokoknya operator sekolah jangan dimarahi ya. Hehe.... 

 

Start typing and press Enter to search