-->

Xhelper : Aplikasi Apa ini? Bagaimana Efeknya dan Bagaimana Cara Mengatasinya

- 11/12/2018
Aplikasi Xhelper Bagaimana Efeknya dan Bagaimana Cara Mengatasinya - Pembahasan kali ini mungkin tidak semua pengguna android mengetahuinya. Hanya beberapa orang yang pernah mengalami masalah dengan HP android, kemudian melakukan sendikit penyelidikan dan menemukan Xhelper dalam daftar aplikasinya.

Tentu saja, bagi anda yang acuh terhadap segala gejala yang ada pada HP android anda, tidak akan menemukan atau mengetahui atau mungkin tidak curiga dengan aplikasi xhelper ini.

Apa sih sebenarnya aplikasi xhelper ini? Kalau dijelaskan secara terminonlogi ataupun etimologi (hadeuh..... sok keren bahasanya.... hahaha) mungkin saya sendiri akan kesulitan untuk menjelaskan apa itu aplikasi xhelper. Tapi, saya akan menjelaskan berdasarkan pengalaman pribadi saya yang mendapatkan masalah pada HP android dan mencurigai aplikasi xhelper sebagai tersangka utamanya.

Kejadian berawal dengan munculnya iklan pop up yang menutupi seluruh layar HP android, kadang iklan gambar lebih seringnya iklan video game. Saya kira, ini terjadi karena saya menginstal beberapa game pada HP android saya. Makanya seluruh game saya uninstal dari HP saya.

Apa yang terjadi setelah game saya uninstal?
Ternyata tetap saja, ketika HP terkoneksi dengan internet maka HP langsung memunculkan iklan pop up yang tidak bisa diapa-apakan. Bahkan dengan menekan tombol home pun, iklan tetap tidak bergeming. Iklan masih tetap nongkrong dan HP tidak bisa kembali ke home.

Akhirnya saya mencoba menyisir kembali daftar aplikasi yang mencurigakan, dan kecurigaan saya jatuh pada aplikasi xhelper yang menggunakan icon dengan logo android. Saya hapus atau uninstal aplikasi tersebut, selain itu ada juga daftar aplikasi lain yang saya anggap tidak wajar, diantaranya System dan LED Light. Kedua aplikasi inipun akhirnya saya hapus.

Dengan menguninstal aplikasi-aplikasi tersebut, iklan pop up ternyata tidak muncul untuk beberapa saat, tapi kemudian muncul lagi dan setelah saya cek di daftar aplikasi ternyata apliaksi xhelper, system dan LED Light juga muncul lagi.

Maka saya semakin yakin bahwa aplikasi siluman ini merupakan tersangka utama dari segala keganjilan yang terjadi pada HP android saya.

KESIMPULAN : 
Aplikasi xhelper adalah aplikasi yang teridentifikasi sebagai virus/malware/spyware atau apapun itu, yang jelas aplikasi ini merupakan aplikasi ilegal yang datang tidak diundang, tapi disuruh pergi tidak mau pergi.

Efek buruk aplikasi xhelper pada HP android

Yang namanya virus/malware/spyware jelas merugikan pada pemilik device yang terinfeksi. Dengan muncul iklan pop up jelas sangat menganggu kenyamanan pengguna HP android, selain itu juga menyedot banyak kuota karena sangat sering memutar iklan video dan tidak bisa ditutup secara manual. Iklan pop up akan hilang apabila waktu yang ditentukan oleh virus sudah berakhir.

Tidak hanya itu, HP android juga akan secara otomatis mendownload beberapa aplikasi lainnya yang kesemuanya tidak dibutuhkan, tapi justru membuat HP android menjadi lebih cepat panas dan lemot. Jika terus dibiarkan, malah akan muncul di layar HP androi sebuah logo menyerupai logo google, yang apabila diklik tidak akan membawa kepada laman pencarian google, tapi masuk ke alamt situs yang sangat asing dan tidak tahu fungsinya untuk apa.

Kemungkinan Terburuk Dari Xhelper

Ada kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi jika kita membiarkan HP android kita dikuasai oleh xhelper. Yaitu, ada kemungkinan aplikasi ini melakukan perampokan terhadap data-data pribadi dan penting milik anda. 

Mengapa mencurigai sejauh itu? Karena, HP android juga secara otomatis akan menginstal aplikasi yang sangat tidak direkomendasikan oleh plya store, yaitu Mail Tracking. Aplikasi ini dicurigai akan masuk dan menjelajah email milik kita, ada kemungkinan semua informasi penting pada email tersebut akan diambil tanpa permisi.

Ada kemungkinan juga, xhelper ini akan mengambil alih email miliki kita dan menggunakannya untuk kepentingan yang tidak kita inginkan. Hmmm..... serem ya....

Cara Mengatasi Aplikasi Xhelper

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, bahwa jika diuninstal maka aplikasi akan kembali lagi dan kembali lagi. Percaya deh, jika HP android anda terkena xhelper, maka melaukan uninstal pada aplikasi ini hanya sia-sia saja.

Bagaimana jika melakukan reset atau recovery atau mengembalikan pengaturan HP android ke pengaturan pabrik?

Oke, dengan cara ini memang sedikit efektif untuk mengatasi masalah ini. Kok, sedikit? Sebab, berdasarkan pengalaman saya, setelah di reset memang semua aplikasi ilegal ini hilang dan HP android bisa berjalan normal. Tapi, dalam beberapa hari aplikasi xhelper akan muncul lagi dan semua gangguan-gangguan akan terjadi lagi.

Cara terbaik mengatasi xhelper

Setelah melakukan berbagai macam upaya untuk keluar dari masalah ini, saya sampai pada sebuah kesimpulan bahwa aplikasi ini memang tidak bisa uninstal secara permanen, setelah dihapus pasti kembai lagi. Mungkin, untuk bisa menghapus secara permanen kita harus menembus keamanan sistem android terlebih dahulu dengan melakukan rooting. Tapi, hal ini jelas membutuhkan skil, salah-salah malah menjadi lebih parah.

Maka, langkah terbaik dan bisa dilakukan oleh semua pengguna android tanpa harus membutuhkan skil tingkat dewa adalah dengan membatasi ruang gerak aplikasi ini. Caranya adalah silakan masuk ke menu pangaturan dan klik pada aplikasi xhelper.


Pada bagian izin, silakan non aktifkan semua izin. Jangan biarkan aplikasi ini untuk mengakses semua yang ada di HP android anda. Pada bagian notifikasi, pilih blokir. Kalau sudah, jangan lupa PAKSA BERHENTI aplikasi ini.

Nah, demikian penjelasan tentang aplikasi xhelper, efek dan cara mengatainya agar tidak menjadikan HP android rusak parah. Bagi anda yang saat ini HP androidnya berperilaku seperti cerita saya, maka anda perlu untuk mencurigai bahwa HP android anda sudah disusup xhelper.

2 komentar

avatar

Gw coba bang hp gw advan ada semau apk yang di atas

avatar

Pada hape android milik saya tidak dapat melakukan paksa berhenti pada aplikasi ini

 

Start typing and press Enter to search