-->

7 Tips Cara Merawat HP Android Agar Awet dan Tidak Lemot

- 11/08/2018
7 Tips Cara Merawat HP Android Agar Awet dan Tidak Lemot - Tentunya anda ingin sekali memiliki HP android yang awet dan tahan lama. Tidak ingin kan, baru beli satu bulan kemudian HP anda rusak. Apalagi kalau HP android anda bukan HP murahan, tentu ingin agar HP tersebut bisa awet.

Namun, terkadang kita kurang memperhatikan hal-hal kecil yang sebenarnya bisa menyebabkan HP android cepat rusak. Ada kalanya, fitur-fitur maupun aplikasi yang ada dalam HP android tidak kita sadari telah memberikan efek HP cepat rusak.

Cara merawat HP android yang benar perlu diketahui agar HP android benar-benar bisa awet. Meskipun perkembangan HP android sangat cepat. Hampir setiap bulan keluar HP android baru, dengan type baru dan teknologi terbaru, tapi bagi sebagian orang memiliki HP android yang awet adalah sebuah kebanggaan.

HP android apapun, kalau cara perawatannya benar maka akan bisa lebih awet. Mulai dari cara pengisian baterai, cara penggunaan, cara membersihkan harus diperhatiakn secara seksama.

Penasaran, apa saja hal-hal sepele yang bisa membuat HP anda cepat rusak? Simak, dan tentunya jangan lakukan ini pada HP android anda jika anda ingin HP android milik anda lebih awet dan tahan alma.

Baca Juga : Cara Memperbaiki HP Lenovo Ngeleg

7 Cara Merawat HP Android Agar Awet dan Tahan Lama

Oke, kita mulai saja bahas satu persatu hal-hal yang akan membaut HP android anda menjadi lebih awet.

1. Jangan gunakan HP saat pengisian baterai

Nah ini sangat penting. Kebanyakan orang tidak sabar untuk selalu bisa menggunakan HP android. Alhasil ketika HP android di cas saja masih saja digunakan. Padahal ini sangat tidak baik untuk kesehatan HP android, dan tentunya juga tidak baik untuk kesehatan penggunanya.

2. Jangan biarkan HP android mati kehabisan daya

HP android memiliki batas minimal daya, misal ketika sisa daya hanay 15%  maka akan ada peringatan agar melakukan pengisain daya. Ini sangat penting untuk diperhatikan. Jika sistem sudah meminta pengisian daya, maka segera lakukan pengisan daya dan istirahatkan HP dari penggunaan. Jangan bairkan HP android sampai mati karena kehabisan daya.

3. Matikan Fitur Auto Brightness

Bagi sebagian orang auto brightness mungkin bisa dikatakan bermanfaat. Dengan fitur ini maka kecerahan pada layar HP android akan secara otomatis menyesuaikan dengan cahaya yang diterima oleh layar HP android. Tapi, bagi sebagian yang lain justru fitur ini sangat mengganggu. Karena, layar bisa redup dan terang secara tiba-tiba. Tentu saja hal ini bisa mengganggu ketika anda sedang fokus membaca, dan bisa merusak mata juga lho....

Selain mengganggu, fitur ini ternyata juga bisa membuat HP android bekerja lebih keras. Efeknya, baterai cepat habis dan HP cepat panas. Tentu saja, jika hal ini terus terjadi maka HP android akan menjadi lebih cepat rusak. Untu ituk, matikan saja fitur auto brightness ini.

4. Hapus atau Disable Bloatware

Bloat ware adalah apliaksi bawaan HP android. Memang, pada saat kita membeli HP android baru biasanya sudah ada banyak aplikasi yang terkadang tidak kita butuhkan. Parahnya, aplikasi bawaan tersebut tertanya tidak bisa dihapus. Hadeuh......

Semakin banyak aplikasi yang tertanam pada HP android, maka akan semakin banyak juga aplikasi yang berjalan di belakang layar bahkan melakukan auto update. Hal ini akan membuat HP android boros daya dan boros RAM juga.

Baca Juga : Cara Mengatasi Malware xhelper

Kalau apliaksi bawaaan atau bloatware bisa dihapus, saya sarankan hapus saja semua apliaksi bloatware yang tidak dibutuhkan. Tapi jika tidak dapat dihapus atau tidak bisa diuninstal, silakan untuk melakukan disable atau menonaktifkan aplikasi-aplikasi tersebut. Caranya masuk ke menu setting, apliaksi, pilih aplikasi yang ingin dinonaktifkan, kemudian pilih atau klik paksa berhenti.

5. Jangan aktifkan semua fitur animasi

Fitur animasi memang bisa membuat HP android terlihat lebih keren, lebih canggih, dan lebih modern. Ftur-fitur animasi ini akan memberi efek-efek pada saat berganti layar, pada saat membuka apliaksi bahkan saat berpindah antar aplikasi ketika HP android melakukan multi tasking.

Tapi tahukan anda, kalau fitur ini sangat membebani HP android anda. Baterai menjadi lebih cepat habis dan HP android juga menjadi lebih cepat panas. Saran saya, silakan matikan saja beberapa fitur animasi yang tidak diperlukan pada menu setting.

6. Matikan efek getar dan suara tombol

Apakah anda suka dengan efek getar dan suara pada touchscreen HP android anda? Apa sensani yang anda dapatkan? Kalau saya sih sangat tidak suka, efek suaranya menjadikan HP brisik ketika ketika menyentuh layar HP android. Apalagi kalau sedang mengetik dengan jumlah banyak, maka HP akan menjadi brisik. Efek getarnya juga sangat mengganggu.

Selain mengganggu, efek getar dan suara ini juga memberikan efek yang tidak baik pada baterai dan HP android anda secara keseluruhan. Bateri cepat habis dan HP android cepat panas. Maka saran saya, agar HP android bisa lebih awet dan tahan lama, matikan saja fitur getar dan suara ini.

7. Jangan simpan HP android di atas alat elektronik hidup

Nah ini juga sangat penting. Biasanya ketika anda menaruh HP android saat di cas, biasanya anda akan menaruh HP android secara sembarangn. Malah terkadang dicas dan ditaru di atas televisi yang sedang manyala. Ini sangat berbahaya, karena suhu HP android akan meningkat secara berlebihan. Panas berelebihan akan mempercepat kerusakan HP android.

Itulah 4 hal sepele yang membuat HP android anda lebih awet dan tahan lama jika anda menerapkannya pada HP android anda. Silakan, anda pertimbangkan baik-baik tips-tips sederhana ini untuk diterapkan.

 

Start typing and press Enter to search